Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut! Waktu saya masih kecil, setiap Galungan, orang tua saya membelikan saya baju baru. Kedatangan Galungan buat saya jadi istimewa. Saya elu-elukan sejak masih dini. Tak jarang saya berdoa agar hari-hari cepat berlalu dan Galungan yang ditunggu-tunggu segera hadir di depan mata. Bahkan saya berkhayal tentang mungkinkah setiap hari menjadi Galungan. Waktu itu orang tua saya menjawab. "Tidak mungkin anakku," katanya, "tidak mungkin Galungan itu datangnya setiap hari. la sudah ditetapkan hanya enam bulan sekali. Jadi, dua kali dalam setahun. Kalau lebih dari itu tidak akan bagus." Saya tidak tahu apa yang dimaksudnya dengan tidak bagus. Kini saya sudah tua. Punya anak dan tanggungan tidak kepalang tanggung. Kalau hari Gabungan sudah mendekat, kepala saya pusing. Bagaimana caranya bisa melaksanakan berbagai upacara yang sudah menjadi tugas saya. Di samping itu, bagaimana upaya untuk mendapatkan uang agar para anggota keluarga bisa saya belikan baju baru, masing-masing satu stel. Dikutip dari: Putu Wijaya, "Galungan" dalam Zig Zag , Jakarta Pustaka Firdaus, 2003 Nilai sosial budaya dalam kutipan cerpen tersebut adalah....

Bacalah kutipan cerpen berikut!

Waktu saya masih kecil, setiap Galungan, orang tua saya membelikan saya baju baru. Kedatangan Galungan buat saya jadi istimewa. Saya elu-elukan sejak masih dini. Tak jarang saya berdoa agar hari-hari cepat berlalu dan Galungan yang ditunggu-tunggu segera hadir di depan mata. Bahkan saya berkhayal tentang mungkinkah setiap hari menjadi Galungan.

Waktu itu orang tua saya menjawab.

"Tidak mungkin anakku," katanya, "tidak mungkin Galungan itu datangnya setiap hari. la sudah ditetapkan hanya enam bulan sekali. Jadi, dua kali dalam setahun. Kalau lebih dari itu tidak akan bagus."

Saya tidak tahu apa yang dimaksudnya dengan tidak bagus.

Kini saya sudah tua. Punya anak dan tanggungan tidak kepalang tanggung. Kalau hari Gabungan sudah mendekat, kepala saya pusing. Bagaimana caranya bisa melaksanakan berbagai upacara yang sudah menjadi tugas saya. Di samping itu, bagaimana upaya untuk mendapatkan uang agar para anggota keluarga bisa saya belikan baju baru, masing-masing satu stel.

Dikutip dari: Putu Wijaya, "Galungan" dalam Zig Zag, Jakarta Pustaka Firdaus, 2003

Nilai sosial budaya dalam kutipan cerpen tersebut adalah....

  1. melakukan upacara adat setiap Galungan

  2. mengajari anak selalu berdoa setiap Galungan

  3. membelikan baju baru untuk anak setiap Galungan

  4. mengajak anak berdoa bersama saat Galungan

  5. melaksanakan perintah dan larangan saat Galungan

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Nilai sosial budaya yaitu nilai-nilai yang berkenaan dengan kebiasaan tradisi/adat yang ada pada masyarakat. Tradisi yang ditunjukkan dalam cerita yaitu hari Galungan yang diadakan setahun dua kali dan terdapat kebiasaan di hari Galungan yaitu membelikan baju baru untuk anak terlihat pada kebiasan yang dirasakan tokoh pada masa kecil dan pada usia tuanya.

Nilai sosial budaya yaitu nilai-nilai yang berkenaan dengan kebiasaan tradisi/adat yang ada pada masyarakat. Tradisi yang ditunjukkan dalam cerita yaitu hari Galungan yang diadakan setahun dua kali dan terdapat kebiasaan di hari Galungan yaitu membelikan baju baru untuk anak terlihat pada kebiasan yang dirasakan tokoh pada masa kecil dan pada usia tuanya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

42

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah penggalan cerpen di bawah ini! Waktu Holil anak Haji Zainuri sunat, aku masih amat kecil. Di kotaku belum ada listrik. Apalagi radio dan bioskop. Hiburan satu-satunya bagi anak-anak kecil ...

552

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia