Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut ! "Ini uang upah menyapu yang kamu berikan padaku tempo hari," jelas Yusa dengan tersenyum di bibirnya. Dipandangnya Sam dengan pandangan berpijar. "Aku tahu sekarang m

Bacalah kutipan cerpen berikut !

"Ini uang upah menyapu yang kamu berikan padaku tempo hari," jelas Yusa dengan tersenyum di bibirnya. Dipandangnya Sam dengan pandangan berpijar. "Aku tahu sekarang mengapa kamu pelit jajan. Aku pun merasa amat sayang bila harus jajan dengan uang ini. Karena ..."

"Itu uang ajaib!" potong Sam.

"Ya. Uang ini mengandung nilai perjuangan!"cetus Yusa pasti. Sam mengangkat alisnya tinggi. Lantas tersenyum sendiri. "Uang ini akan kujadikan modal," lanjut Yusa mengagetkan.

"Modal?"

"Tentu kutambahi dengan uang tabungan dari dalam celengan. Akan kubelikan ayam. Aku ingin beternak. Agar sering-sering memiliki uang ajaib." Sam tertawa, yusa juga. Matahari semakin terik. Namun, rasa haus terlupakan begitu saja. Mereka berjalan ke luar kelas.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ...

  1. pagi hari, di halaman

  2. pagi hari, di kelas

  3. siang hari, di kelas

  4. sore hari, di sekolah

Jawaban:

Indikasi siang hari dapat dilihat melalui kalimat “Matahari semakin terik”. Dapat disimpulkan, hari sudah siang. Sementara itu, kalimat “Mereka berjalan ke luar kelas” mengindikasikan bahwa mereka sedang berada di dalam kelas. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved