RoboguruRoboguru
SD

Bacalah kutipan cerpen berikut!        Dan Khadijah pulang ke rumahnya. Zubaidah tinggal seorang diri pula, seraya memikirkan sekalian perkataan tamu tadi itu.        "Sedangkan dia, istri guru, lagi berpendirian sederhana: sukarela bekerja sendiri! Padahal gaji suaminya jauh lebih besar daripada gaji seorang manteri kabupaten. Benar, kalau hendak selamat, mesti berbuat demikian. Aku - berbabu! Sekecil ini rumah tanggaku, hanya beranak dua orang, pun sudah besar-besar pula, ah, manja benar aku ini! Banyak yang dapat kuhematkan, kalau aku hendak dan mau berhemat.   Cara penggambaran tokoh Zubaidah yang manja punya pembantu dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut!

       Dan Khadijah pulang ke rumahnya. Zubaidah tinggal seorang diri pula, seraya memikirkan sekalian perkataan tamu tadi itu.
       "Sedangkan dia, istri guru, lagi berpendirian sederhana: sukarela bekerja sendiri! Padahal gaji suaminya jauh lebih besar daripada gaji seorang manteri kabupaten. Benar, kalau hendak selamat, mesti berbuat demikian. Aku - berbabu! Sekecil ini rumah tanggaku, hanya beranak dua orang, pun sudah besar-besar pula, ah, manja benar aku ini! Banyak yang dapat kuhematkan, kalau aku hendak dan mau berhemat.

 

Cara penggambaran tokoh Zubaidah yang manja punya pembantu dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

  1. bentuk fisik tokoh

  2. diceritakan oleh pengarang

  3. cerita orang lain

     

  4. dialog antartokoh

H. Hartanto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Penokohan adalah cara penulis mengembangkan dan menggambarkan karakter tokoh dalam cerita. Teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi tokoh ada dua macam, yaitu teknik analitik dan dramatik.

  1. Teknik analitik, yaitu karakter tokoh diceritakan secara langsung oleh pengarang. Tokoh digambarkan secara utuh dari segi fisik/jasmani, sikap, watak, dan karakternya. Semua diuraikan secara lengkap oleh pengarang.
  2. Teknik dramatik, yaitu karakter tokoh diungkapkan melalui penggambaran fisik, lingkungan, dialek/bahasa, pola pikir, dan sikap terhadap tokoh lain.
  3. Dialog antartokoh, yakni melalui percakapan yang dilakukan tokoh yang berperan dalam cerita tersebut.

Tokoh Zubaidah digambarkan sebagai tokoh yang manja karena memiliki pembantu. Cara penggambaran tokoh Zubaidah ialah diceritakan oleh pengarang. Hal ini dibuktikan pada kalimat Aku berbabu! Sekecil ini rumah tanggaku, hanya beranak dua orang, pun sudah besar-besar pula, ah manja benar aku ini! Banyak dapat kuhematkan, kalau aku hendak dan mau berhemat. Pada kutipan tersebut, pengarang menggambarkan tokoh aku dengan menjelaskan hal-hal yang menunjukkan bahwa Zubaidah merupakan seorang yang manja karena memiliki pembantu. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

25

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Cara penggambaran karakter tokoh Hera pada kutipan cerpen tersebut adalah ....

450

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia