Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut! Ari selalu inemperhatikan setiap Waryo datang. Kadang keduanya hampir bersamaari sampai di depan gerbang sekolah. Waryo turun dari angkutan umum dibantu oleh kakaknya. Untungnya klirsi roda itu bisa dilipat sehingga mudah dimasukkan ke mobil angkutan umum. Setelah melihat sejumlah kerepotan dari depan gerbang hingga koridor di depan kelas, Ari mendapat gagasan untuk menulis surat saran dan pengaduan ke pihak sekolah. Dalam surat yang ditulisnya, Ari mengusulkan supaya dibuatkan lintasan yang memudahkan siswa yang memakai kursi roda. Sesuai dengan harapan Ari, usulannya ternyata ditanggapi pihak sekolap secara cepat. Kepala sekolah langsung memerintah melaksanakan usulan tersebut. Dikutip dari: Hermawan Aksan, "Pelayanan Khusus" dalam Seri Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (1): TaqwaJujur-To/eran, Bandung, Nuansa Cendikia, 2014 Kutipari cerpen tersebut menceritakan ...

Bacalah kutipan cerpen berikut!


    Ari selalu inemperhatikan setiap Waryo datang. Kadang keduanya hampir bersamaari sampai di depan gerbang sekolah. Waryo turun dari angkutan umum dibantu oleh kakaknya. Untungnya klirsi roda itu bisa dilipat sehingga mudah dimasukkan ke mobil angkutan umum.

    Setelah melihat sejumlah kerepotan dari depan gerbang hingga koridor di depan kelas, Ari mendapat gagasan untuk menulis surat saran dan pengaduan ke pihak sekolah. Dalam surat yang ditulisnya, Ari mengusulkan supaya dibuatkan lintasan yang memudahkan siswa yang memakai kursi roda. Sesuai dengan harapan Ari, usulannya ternyata ditanggapi pihak sekolap secara cepat. Kepala sekolah langsung memerintah melaksanakan usulan tersebut.

Dikutip dari: Hermawan Aksan, "Pelayanan Khusus" dalam Seri Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (1): TaqwaJujur-To/eran, Bandung, Nuansa Cendikia, 2014

Kutipari cerpen tersebut menceritakan ... 

  1. Tindakan tokoh Ari yang selalu datang ke sekolah diantar kakaknya naik angkutan umum.undefined 

  2. Pemikiran tokoh Waryo mengenai lintasan khusus bagi siswa yang menggunakan kursi roda.undefined 

  3. Gagasan tokoh Ari mengusulkan supaya dibuatkan lintasan bagi siswa yang memakai kursi roda.undefined 

  4. Tindakan tokoh Waryo yang selalu merepotkan kakaknya mengantar pergi ke sekolah.undefined 

  5. Keinginan tokoh Ari menolong tokoh Waryo yang kesulitan menggunakan kursi roda.undefined 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pada paragraf pertama, menceritakan tokoh Ari yang selalu memperhatikan tokoh Waryo yang menggunakan kursi rodadan kakaknya yang kerepotan dalam membantu Waryo untuk sampai kekelasnya menggunakan kursi roda. Dari pengamatan Ari, lalu dijelaskan pada paragraf kedua bahwa Ari mengusulkan bahwa sekolah harus memiliki lintasan untuk kursi roda untuk memudahkan siswa seperti Waryo. Jadi kutipan cerpen di atas menceritakan tokoh Ari yang mengusulkan bahwa sekolah harus memiliki lintasan untuk kursi roda. Jawaban : C.Gagasan tokoh Ari mengusulkan supaya dibuatkan lintasan bagi siswa yang memakai kursi roda.

Pada paragraf pertama, menceritakan tokoh Ari yang selalu memperhatikan tokoh Waryo yang menggunakan kursi roda dan kakaknya yang kerepotan dalam membantu Waryo untuk sampai ke kelasnya menggunakan kursi roda. Dari pengamatan Ari, lalu dijelaskan pada paragraf kedua bahwa Ari mengusulkan bahwa sekolah harus memiliki lintasan untuk kursi roda untuk memudahkan siswa seperti Waryo.

Jadi kutipan cerpen di atas menceritakan tokoh Ari yang mengusulkan bahwa sekolah harus memiliki lintasan untuk kursi roda.

Jawaban : C. Gagasan tokoh Ari mengusulkan supaya dibuatkan lintasan bagi siswa yang memakai kursi roda.undefined undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tema yang sering diangkat dalam sebuah cerpen adalah ….

29

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia