Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerita rakyat berikut! Pada zaman dahulu di daerah pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah lak-laki yang gagah perkasa. Laki-laki itu bernama Bujang Beji. Ia buan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan juga memiliki kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki oleh manusia biasa yang juga gagah berani. Bujang Beji keturunan Batara Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang, suku Dayak pedalaman ini akan memohon pertolongan Batara Puyanggana ini dengan cara memberikan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak. Walaupun Bujang Beji gagah perkasa dan keturuna Batara, Ia memiliki tingkah laku yang tidak terpuji. Sifat yang menonjol pada dirinya adalah sifat kecemburuan sosial yang melampaui batas. Ia paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun kesenangan itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang baik ini, ia diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan menjelma menjadi laki-laki gagah. Setelah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah, bahkan semakin menjadi-jadi. dikutip dari: Syahzaman, "Bujang Beji dan Tumenggung Murubai" dalam Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat, Jakarta, Grasindo, 1994 Keterkaitan isi cerita rakyat dengan kehidupan saat ini dalam kutipan tersebut adalah ...

Bacalah kutipan cerita rakyat berikut!

Pada zaman dahulu di daerah pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah lak-laki yang gagah perkasa. Laki-laki itu bernama Bujang Beji. Ia buan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan juga memiliki kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki oleh manusia biasa yang juga gagah berani.

Bujang Beji keturunan Batara Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang, suku Dayak pedalaman ini akan memohon pertolongan Batara Puyanggana ini dengan cara memberikan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak.

Walaupun Bujang Beji gagah perkasa dan keturuna Batara, Ia memiliki tingkah laku yang tidak terpuji. Sifat yang menonjol pada dirinya adalah sifat kecemburuan sosial yang melampaui batas. Ia paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun kesenangan itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang baik ini, ia diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan menjelma menjadi laki-laki gagah. Setelah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah, bahkan semakin menjadi-jadi.

dikutip dari: Syahzaman, "Bujang Beji dan Tumenggung Murubai" dalam Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat, Jakarta, Grasindo, 1994

Keterkaitan isi cerita rakyat dengan kehidupan saat ini dalam kutipan tersebut adalah ...

  1. Seseorang yang menggantungkan ladangnya kepada orang bertubuh gagah perkasa

  2. Seseorang yang puas dengan hasil kerja kerasnya dan hasil keringatnya sendiri

  3. Seseorang yang memiliki sifat iri dan tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia

  4. Seseorang yang diusir dari keluarganua karena memiliki kesaktian menyesatkan

  5. Seseorang yang memberikan sesajen kepada orang yang memiliki tubuh gagah perkasa

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Keterkaitan cerita rakyat yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari yaitu orang yang memiliki sifat iri karena tidak suka melihat orang lain senang. Dalam cerita tersebut, hanya hal tersebut yang dapat dikataka memiliki keterkaitan dengan isi cerita.

Keterkaitan cerita rakyat yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari yaitu orang yang memiliki sifat iri karena tidak suka melihat orang lain senang. Dalam cerita tersebut, hanya hal tersebut yang dapat dikataka memiliki keterkaitan dengan isi cerita.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

117

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan paragraf berikut! Nayian rakyat ( folksong ) merupakan salah satu sastra tradisional yang sering dikenal dan dinyanyikan hingga kini. Nyanyian rakyat dapat melekat dalam hati anggota mas...

67

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia