RoboguruRoboguru
SD

Bacalah kutipan buku sastra di bawah ini dengan saksama! Aku adalah putra sulung di keluargaku. Sebagai seorang anak, aku ingin selalu bersama kedua orangtuaku. Mereka yang menjaga dan mendidikku sehingga aku menjadi anak yang berbudi baik. .... Namun, keadaan berubah ketika aku duduk di kelas VIII. Prahara rumah tangga yang membuat kedua orangtua kami harus bercerai. Aku tidak dapat lagi merasakan hangatnya keluarga. Rumah yang dulu bagiku adalah sebuah surga dan kini berubah jadi tempat gelap yang membosankan. Tak ada lagi kedamaian yang aku rasakan. Tak ada lagi ayah yang dulu selalu mengajariku banyak hal tentang hidup dan mengajariku menjadi pribadi yang tangguh. Berdasarkan kutipan tersebut, kalimat yang menunjukkan kesedihan tokoh Aku ialah….

Pertanyaan

Bacalah kutipan buku sastra di bawah ini dengan saksama!

Aku adalah putra sulung di keluargaku. Sebagai seorang anak, aku ingin selalu bersama kedua orangtuaku. Mereka yang menjaga dan mendidikku sehingga aku menjadi anak yang berbudi baik. ....

Namun, keadaan berubah ketika aku duduk di kelas VIII. Prahara rumah tangga yang membuat kedua orangtua kami harus bercerai. Aku tidak dapat lagi merasakan hangatnya keluarga. Rumah yang dulu bagiku adalah sebuah surga dan kini berubah jadi tempat gelap yang membosankan. Tak ada lagi kedamaian yang aku rasakan. Tak ada lagi ayah yang dulu selalu mengajariku banyak hal tentang hidup dan mengajariku menjadi pribadi yang tangguh.

Berdasarkan kutipan tersebut, kalimat yang menunjukkan kesedihan tokoh Aku ialah….

  1. Aku adalah putra sulung di keluargaku.

  2. Rumah yang dulu bagiku adalah sebuah surga dan kini berubah jadi tempat gelap yang membosankan.

  3. Sebagai seorang anak, aku ingin selalu bersama kedua orangtuaku.

  4. Mereka yang menjaga dan mendidikku sehingga aku menjadi anak yang berbudi baik

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Kesedihan tokoh Aku dalam kutipan tersebut terdapat di dalam kalimat “Rumah yang dulu bagiku adalah sebuah surga dan kini berubah jadi tempat gelap yang membosankan.” Kalimat tersebut menyatakan kondisi kehidupan di rumah yang sebelumnya penuh dengan cinta menjadi sangat bosan. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B.

239

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Keadaan di dalam gua begitu gelap, hanya ada celah kecil, sehingga hanya seberkas sinar yang dapat masuk ke dalam gua. Dari celah tersebut, Suri Ikun dapat melihat dua ekor anak burung yang kelaparan....

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia