Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut!     Tempe dibuat dengan cara fermentasi oleh kapang tempe. Dalam proses fermentasi tersebut terbentuk enzim pencernaan sehingga zat gizi yang terkandung dalam tempe menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan yang terdapat dalam kedelai. Pada tahap fermentasi, molekul organik besar tergradasi menjadi molekul organik lebih kecil sehingga kedelai yang semula relatif keras menjadi lunak dan mudah dicerna. Secara kimiawi, aspek yang bisa diamati berkaitan dengan mutu tempe adalah meningkatnya kadar padatan terlarut, nitrogen terlarut, asam amino bebas, asam lemak bebas, nilai cerna, nilai efisiensi protein, serta skor proteinnya.      Hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan bahwa ketika proses fermentasi terjadi peningkatan nilai asam lemak, vitamin, dan mineral. Dalam asam lemak terdapat peningkatan ketidakjenuhan sehingga asam lemak tidak jenuh ganda atau polyunsaturate fatty acid (PUFA) meningkat jumlahnya, yaitu pada asam oleat dan linoleat. Linoleat merupakan asam lemak esensial yang harus didatangkan dari makanan karena tubuh tidak bisa membuatnya. Kedelai yang belum difermentasi tidak mengandung kandungan linoleat tersebut.  Disadur dari Susianto dan Rita Ramayulis, Fakta Ajaib Khasiat Tempe, Jakarta, Penebar Plus. 2013  Jelaskan nilai yang terdapat dalam kutipan buku nonfiksi berikut! Jelaskan alasannya!

Pertanyaan

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut!


    Tempe dibuat dengan cara fermentasi oleh kapang tempe. Dalam proses fermentasi tersebut terbentuk enzim pencernaan sehingga zat gizi yang terkandung dalam tempe menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan yang terdapat dalam kedelai. Pada tahap fermentasi, molekul organik besar tergradasi menjadi molekul organik lebih kecil sehingga kedelai yang semula relatif keras menjadi lunak dan mudah dicerna. Secara kimiawi, aspek yang bisa diamati berkaitan dengan mutu tempe adalah meningkatnya kadar padatan terlarut, nitrogen terlarut, asam amino bebas, asam lemak bebas, nilai cerna, nilai efisiensi protein, serta skor proteinnya. 

    Hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan bahwa ketika proses fermentasi terjadi peningkatan nilai asam lemak, vitamin, dan mineral. Dalam asam lemak terdapat peningkatan ketidakjenuhan sehingga asam lemak tidak jenuh ganda atau polyunsaturate fatty acid (PUFA) meningkat jumlahnya, yaitu pada asam oleat dan linoleat. Linoleat merupakan asam lemak esensial yang harus didatangkan dari makanan karena tubuh tidak bisa membuatnya. Kedelai yang belum difermentasi tidak mengandung kandungan linoleat tersebut. 


Disadur dari Susianto dan Rita Ramayulis, Fakta Ajaib Khasiat Tempe, Jakarta, Penebar Plus. 2013 


Jelaskan nilai yang terdapat dalam kutipan buku nonfiksi berikut! Jelaskan alasannya!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Nilai merupakan sesuatu yang penting, berguna, atau bermanfaat bagi manusia. 

Nilai yang terkandung adalah nilai keterampilan, alasannya karena teks tersebut isinya menceritakan proses fermentasi pada tempe yang benar agar tempe yang dihasilkan berkualitas.

251

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Angin puting beliung adalah tornado yang terjadi di atas air. Cerobong tornado terutama tersusun dari butiran-butiran udara yang telah terkondensasi. Udara tersebut menarik air ketika menyentuh laut s...

665

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia