Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan berita berikut! Korban perdagangan orang ( human trafficking ) semakin memprihatinkan. Di Indonesia, korban human trafficking mencapai 1 juta orang pertahun. Kepala Sekretariat Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Pencegahan Orang (PP TPPO) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PP dan PA) Sri Danti Anwar ‎mengatakan, PBB menyebut 800.000 laki dan perempuan diperdagangkan menyeberangi perbatasan internasional. International Organization for Migration (IOM) mencatat 500.000 perempuan diperdagangkan di Eropa Barat dan Asean mencapai 250.000 orang setiap tahunnya. Namun, khusus di Indonesia korban perdagangan orang mencapai 74.616 hingga 1 juta pertahun. Sehingga setiap satu detik pasti ada korban human trafficking. (Dikutip dari nasional.sindonews.com pada 15 September 2020) Upaya preventif untuk mencegah tindak kejahatan transnasional tersebut adalah ….

Bacalah kutipan berita berikut!

Korban perdagangan orang (human trafficking) semakin memprihatinkan. Di Indonesia, korban human trafficking mencapai 1 juta orang pertahun. Kepala Sekretariat Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Pencegahan Orang (PP TPPO) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PP dan PA) Sri Danti Anwar ‎mengatakan, PBB menyebut 800.000 laki dan perempuan diperdagangkan menyeberangi perbatasan internasional. International Organization for Migration (IOM) mencatat 500.000 perempuan diperdagangkan di Eropa Barat dan Asean mencapai 250.000 orang setiap tahunnya. Namun, khusus di Indonesia korban perdagangan orang mencapai 74.616 hingga 1 juta pertahun. Sehingga setiap satu detik pasti ada korban human trafficking.

(Dikutip dari nasional.sindonews.com pada 15 September 2020)

Upaya preventif untuk mencegah tindak kejahatan transnasional tersebut adalah ….undefined 

  1. meningkatkan pengiriman TKW ke luar negeriundefined 

  2. mengembangkan sistem keamanan di perkotaanundefined 

  3. menjatuhkan sanksi berat kepada pelaku human traffickingundefined 

  4. menyebarkan informasi human trafficking melalui berbagai mediaundefined 

  5. memberdayakan korban human trafficking melalui Lembaga Swadaya Masyarakatundefined 

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Ada banyak faktor penyebab terjadinya masalah sosial seperti human trafficking (perdagangan orang) ini, salah satunya adalah faktor ekonomi yaitukemiskinan. Memang tidak dipungkiri bahwa faktor kemiskinan menjadi penyebab utama dan paling penting yang menyebabkan manusia bisa diperdagangkan. Himpitan ekonomi memungkinkan seseorang menjual anggota keluarga (istri/anak) atau kerabatnya. Tak jarang juga para perempuan sendiri yang menawarkan diri. Namun biasanya, para perempuan pada awalnya hanya tahu bahwa mereka ditawari bekerja diluar negeri dengan gaji yang sangat besar sehingga banyak di antara mereka yang menerima tawaran tersebut bahkan tidak mendapat gaji sama sekali dan dipaksa untuk terus bekerja. Upaya mencegah tindak kejahatan tersebut antara lain membekali diri dengan pendidikan, meningkatkan kewaspadaan terhadap tindakan human trafficking , serta menyebarkan informasi mengenai human trafficking melalui berbagai media. Pilihan A tidak tepat karena memberikan celah bagi pelaku human trafficking . Pilihan B tidak tepat karena pengembangan sistem keamanan di kota dapat menyebabkan meningkatnya tindak kejahatan seperti penyelundupan barang ilegal serta perdagangan manusia. Sementara itu, pilihan C dan E tidak tepat karena merupakan upaya represif mengatasi masalah perdagangan manusia dan korbannya. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Ada banyak faktor penyebab terjadinya masalah sosial seperti human trafficking (perdagangan orang) ini, salah satunya adalah faktor ekonomi yaitu kemiskinan. Memang tidak dipungkiri bahwa faktor kemiskinan menjadi penyebab utama dan paling penting yang menyebabkan manusia bisa diperdagangkan. Himpitan ekonomi memungkinkan seseorang menjual anggota keluarga (istri/anak) atau kerabatnya. Tak jarang juga para perempuan sendiri yang menawarkan diri. Namun biasanya, para perempuan pada awalnya hanya tahu bahwa mereka ditawari bekerja diluar negeri dengan gaji yang sangat besar sehingga banyak di antara mereka yang menerima tawaran tersebut bahkan tidak mendapat gaji sama sekali dan dipaksa untuk terus bekerja. Upaya mencegah tindak kejahatan tersebut antara lain membekali diri dengan pendidikan, meningkatkan kewaspadaan terhadap tindakan human trafficking, serta menyebarkan informasi mengenai human trafficking melalui berbagai media. Pilihan A tidak tepat karena memberikan celah bagi pelaku human trafficking. Pilihan B tidak tepat karena pengembangan sistem keamanan di kota dapat menyebabkan meningkatnya tindak kejahatan seperti penyelundupan barang ilegal serta perdagangan manusia. Sementara itu, pilihan C dan E tidak tepat karena merupakan upaya represif mengatasi masalah perdagangan manusia dan korbannya. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Latihan Bab

Realitas Sosial sebagai Objek Kajian

Kehidupan Sosial sebagai Objektivitas

Gejala Sosial

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

304

Hzhhzh122 Hhh1

Jawaban tidak sesuai

Scendy Magribi

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Menurut data Badan Pusat Statistik atau BPS, jumlah pengangguran terbuka di Indonesia pada tahun 2017 sebanyak 5,43% atau tujuh juta empat puluh ribu pengangguran. Gejala sosial berupa pengangguran in...

61

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia