Pertanyaan

Bacalah kutipan artikel berikut ini ! Zaenuri mengaku pencurian ini dilakukan karena hasil menjadi kuli bangunan tidak cukup memenuhi kebutuhan keluarga. "Saya mencuri untuk memenuhi kebutuhan keluarga, karena hasil kerja saya tidak cukup untuk kebutuhan keluarga," ujar Zaenuri saat menjalani pemeriksaan di Mapolsek Udanawu diamini istrinya. "Saya mau melakukan ini karena untuk membeli susu anak saya yang paling kecil, umurnya 3 tahun. Karena suami saya penghasilannya sebagai kuli tidak bisa diandalkan," imbuh Marwiyah polos. (diadabtasi dari https://news.detik.com pada 17 April 2020) Kasus tersebut merupakan bentuk penyimpangan yang dilakukan dipengaruhi faktor ....

Bacalah kutipan artikel berikut ini !

Zaenuri mengaku pencurian ini dilakukan karena hasil menjadi kuli bangunan tidak cukup memenuhi kebutuhan keluarga. "Saya mencuri untuk memenuhi kebutuhan keluarga, karena hasil kerja saya tidak cukup untuk kebutuhan keluarga," ujar Zaenuri saat menjalani pemeriksaan di Mapolsek Udanawu diamini istrinya. "Saya mau melakukan ini karena untuk membeli susu anak saya yang paling kecil, umurnya 3 tahun. Karena suami saya penghasilannya sebagai kuli tidak bisa diandalkan," imbuh Marwiyah polos.

(diadabtasi dari https://news.detik.com pada 17 April 2020)

Kasus tersebut merupakan bentuk penyimpangan yang dilakukan dipengaruhi faktor ....space space

  1. kebutuhan ekonomi yang sulit dipenuhispace space

  2. kebutuhan manusia untuk memenuhi semua keinginanspace space

  3. salah satu faktor rendahnya nilai agama pada diri seseorangspace space

  4. masa lalu pelaku yang mendapatkan sosialisasi tidak sempurnaspace space

  5. tindakan yang dipengaruhi seseorang karena orang tersebut memiliki julukanspace space

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.space space

Pembahasan

penyimpangan sosial merupakan segala tindakan atau perilaku (individu, kelompok, atau lembaga) yang bertentangan dengan nilai dan norma sosial. Adapun faktor pendorong dari penyimpangan sosial yaitusosialisasi tidak sempurna, subkebudayaan menyimpang, dan permasalahan ekonomi. Dari kutipan artikel tersebut menunjukkana danya permasalahan ekonomi yang mendorong perilaku menyimpang yaitu mencuri. Dorongan kebutuhan ekonomi adalah keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, dalam pemenuhan kebutuhan ini tidak semua orang bisa melakukannya. Ada beberapa masalah yang membuat seseorang gagal memenuhi kebutuhan ekonominya. Salah satunya karena dirinya adalah rendahnya pendapatan dan tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan pokok. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seseorang akan melakukan apapun, bahkan dengan cara yang menyimpang sekalipun. Jadi jawaban yang benar adalah A.

penyimpangan sosial merupakan segala tindakan atau perilaku (individu, kelompok, atau lembaga) yang bertentangan dengan nilai dan norma sosial. Adapun faktor pendorong dari penyimpangan sosial yaitu sosialisasi tidak sempurna, subkebudayaan menyimpang, dan permasalahan ekonomi. Dari kutipan artikel tersebut menunjukkana danya permasalahan ekonomi yang mendorong perilaku menyimpang yaitu mencuri. Dorongan kebutuhan ekonomi adalah keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, dalam pemenuhan kebutuhan ini tidak semua orang bisa melakukannya. Ada beberapa masalah yang membuat seseorang gagal memenuhi kebutuhan ekonominya. Salah satunya karena dirinya adalah rendahnya pendapatan dan tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan pokok. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seseorang akan melakukan apapun, bahkan dengan cara yang menyimpang sekalipun.

Jadi jawaban yang benar adalah A.space space

27

Iklan

Pertanyaan serupa

Setiap hari, Angga melihat tetangga dan kakaknya berkumpul mengadakan balap liar, sambilminum minuman beralkohol, selain itu tak jarang Angga melihat ayahnya melakukan Judi online . Akhirnya, Angga pu...

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia