Roboguru

Pertanyaan

Bacalah Kutipan artikel berikut ini !
Di tengah aksi demo mendukung pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PK-S) di depan gedung DPR, muncul massa yang kontra. Kedua massa kini saling berhadap. Pantauan di depan gedung MPR/DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (17/9/2019), massa yang menolak pengesahan RUU P-KS muncul sekitar pukul 14.00 WIB. Massa berasal dari arah gedung TVRI. Tak ayal, kehadiran massa penolak RUU P-KS membuat kubu pro-RUU P-KS tersulut. Kedua belah pihak sempat saling adu teriakan, "sahkan RUU P-KS, sahkan RUU P-KS," kata massa pro-RUU P-KS sembari meniupkan peluit. Massa aksi mendesak pengesahan RUU P-KS ini diketahui sudah berkumpul di depan gedung DPR sejak pukul 11.30 WIB. "Tolak RUU P-KS," balas massa yang baru muncul ini. Polisi yang tengah mengamankan aksi langsung memisahkan kedua kubu tersebut. Aparat berdiri di tengah-tengah untuk membelah barisan massa.


                Dikutip dari https://news.detik.com/ pada 13 Mei 2020


Berdasarkan kutipan berita tersebut yang berkaitan degan perubahan sosial dapat disimpulkan bahwa ….

  1. perubahan akan mendatangkan pihak ketiga sebagai penengah
     

  2. perubahan diupayakan oleh pemerintah kepada rakyat
     

  3. perubahan yang didasari keinginan rakyat
     

  4. tidak semua perubahan sosial memberikan dampak baik
     

  5. pembenaran yang dilakukan pemerintah ditentang seluruh rakyat

A. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Contoh kasus pada soal merupakan perubahan yang akan berdampak langsung kepada masyarakat. Dari kebijakan yang dibuat tersebut menghasilkan pro kontra dalam masyarakat. Sebagian dari masyarakat merasa dirugikan akan kebijakan tersebut, jika kebijakan tetap dilakukan. Pihak yang merasa dirugikan tersebutlah yang kemudian menjadi massa yang akan menentang dan berada di barisan kontra. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak semua perubahan selalu membawa kebaikan pada semua kalangan, akan selalu ada pertentangan pada sebagian masyarakat yang merasa akan dirugikan jika kebijakan atau perubahan itu tetap dilaksanakan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
 

25

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ketidakseimbangan yang terjadi karena unsur-unsur dalam masyarakat yang berubah secara cepat dan unsur lain berubah secara lambat atau kesenjangan budaya disebut dengan ....

109

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia