Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kedua teks berikut! Teks I Kalian bersembilan. Dua orang menjadi guru; tiga hanya ibu rumah tangga; tapi menyambi berdagang; seorang perawat; dua orang bertani; seorang karyawan personalia; dan seorang lagi membuka bisnis periklanan. Kalian menyebar di Jakarta, Bogor, Cirebon, dan Bekasi. Itu artinya si bungsu mempunyai sembilan peluang untuk mendapatkan kerja, kan? Aku ini sudah tua. Kalau aku bisa, kucarikan pekerjaan dia! Tapi aku hanya ketua RT. Aku tidak bisa memberikan apa-apa selain kebanggaan menjadi anak pejabat jujur! Teks II “Aku sama sekali tidak mengerti, apa yang kamu lakukan, kamu sudah lama tidak pulang” kata ibu. “Sudahlah, Bu, jangan khawatir, aku di Jakarta sudah enak, aku sudah mendapatkan pekerjaan.” Kata Tono dengan tenang. “Aku berusaha mengumpulkan barang-barang bekas dan hasilnya kujual. Lumayan hasilnya. Berkat ini, aku bisa mengirimi Ibu walaupun tidak banyak. “Apa kamu tidak malu, kamu kan sarjana,” kata ibu. “Untuk apa harus malu, yang penting kan halal, Bu,” sela Tono. Perbedaan nilai moral kedua teks tersebut adalah...

Bacalah kedua teks berikut!

Teks I

Kalian bersembilan. Dua orang menjadi guru; tiga hanya ibu rumah tangga; tapi menyambi berdagang; seorang perawat; dua orang bertani; seorang karyawan personalia; dan seorang lagi membuka bisnis periklanan. Kalian menyebar di Jakarta, Bogor, Cirebon, dan Bekasi. Itu artinya si bungsu mempunyai sembilan peluang untuk mendapatkan kerja, kan? Aku ini sudah tua. Kalau aku bisa, kucarikan pekerjaan dia! Tapi aku hanya ketua RT. Aku tidak bisa memberikan apa-apa selain kebanggaan menjadi anak pejabat jujur!

Teks II

“Aku sama sekali tidak mengerti, apa yang kamu lakukan, kamu sudah lama tidak pulang” kata ibu.

“Sudahlah, Bu, jangan khawatir, aku di Jakarta sudah enak, aku sudah mendapatkan pekerjaan.” Kata Tono dengan tenang. “Aku berusaha mengumpulkan barang-barang bekas dan hasilnya kujual. Lumayan hasilnya. Berkat ini, aku bisa mengirimi Ibu walaupun tidak banyak.

“Apa kamu tidak malu, kamu kan sarjana,” kata ibu. “Untuk apa harus malu, yang penting kan halal, Bu,” sela Tono.

Perbedaan nilai moral kedua teks tersebut adalah...

  1. Teks I: Kita harus tunduk pada perintah orang tua. Teks II: Perjuangan membutuhkan pengorbanan tenaga.

  2. Teks I: Seorang ayah harus bijaksana dalam mengambil keputusan. Teks II: Jika ingin sukses berkarir, lakukanlah apa saja asal halal.

  3. Teks I: Kemurahan hati bisa menyelesaikan masalah. Teks II: Berjuanglah dengan cara apa saja untuk meraih kesuksesan!

  4. Teks I: Jangan bangga menjadi anak pejabat yang jujur. Teks II: Siapa yang giat bekerja pasti akan meraih kesuksesan

Iklan

I. Yassa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nilai moral pada teks I adalah Seorang Ayah harus bijaksana dalam mengambil keputusan , sedangkan nilai moral pada teks II adalah Jika ingin sukses berkarier, lakukanlah apa saja asal halal.

nilai moral pada teks I adalah Seorang Ayah harus bijaksana dalam mengambil keputusan, sedangkan nilai moral pada teks II adalah Jika ingin sukses berkarier, lakukanlah apa saja asal halal.

Iklan

Pembahasan

Dalam teks I, dapat dilihat usaha seorang ayah dalam mengambil keputusan. Sementara itu, teks II membicarakan perjuangan seorang anak dalam mencari nafkah sebagai seorang pemulung, meskipun dia merupakan seorang sarjana. Dengan demikian, nilai moral pada teks I adalah Seorang Ayah harus bijaksana dalam mengambil keputusan , sedangkan nilai moral pada teks II adalah Jika ingin sukses berkarier, lakukanlah apa saja asal halal.

Dalam teks I, dapat dilihat usaha seorang ayah dalam mengambil keputusan. Sementara itu, teks II membicarakan perjuangan seorang anak dalam mencari nafkah sebagai seorang pemulung, meskipun dia merupakan seorang sarjana.

Dengan demikian, nilai moral pada teks I adalah Seorang Ayah harus bijaksana dalam mengambil keputusan, sedangkan nilai moral pada teks II adalah Jika ingin sukses berkarier, lakukanlah apa saja asal halal.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Nilai moral yang hendak disampaikan melalui adegan pada bagian cerita tersebut adalah. . .

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia