Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kedua teks berikut! Teks I Di tempat inilah biasanya Dudi duduk-duduk bersantai sambil makan gado-gado kesukaannya. Akan tetapi, sekarang tidak pernah terlihat tawa dan candanya. Kantin sekolah terasa sepi tanpa dia. Begitulah yang dirasakan Ani, sahabat Dudi. Ani mondar-mandir di kantin itu, tiada tahu apa yang akan dibeli. Semua makanan yang disediakan Mbok Yem, pemilik kantin, seakan tak menggugah seleranya. Kepindahan Dudi ke Jakarta mengikuti orang tuanya sangat memukul perasaan Ani. Teks II “Aku harus mempercepat laju sepedaku karena aku tak ingin terlambat sekolah,” gerutu Soni. Aku takut tidak bisa mengikuti pelajaran Olahraga karena keterlambatanku berangkat ke sekolah. Guru Olahraga yang biasa menjaga pintu gerbang sekolah pasti akan menegurku jika aku terlambat. Tak disangka, aku berpapasan dengan Arman dari arah yang berlainan. Dia menyapaku, “Son, mau kemana?” Jawab Soni dengan tegas, “Ya ke sekolah, ayo, cepat, nanti terlambat!” “Ha, ha, ha,” tertawalah Arman. “Ini hari Minggu, mengapa kamu ke sekolah?” Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah....

Bacalah kedua teks berikut!

Teks I

Di tempat inilah biasanya Dudi duduk-duduk bersantai sambil makan gado-gado kesukaannya. Akan tetapi, sekarang tidak pernah terlihat tawa dan candanya. Kantin sekolah terasa sepi tanpa dia. Begitulah yang dirasakan Ani, sahabat Dudi. Ani mondar-mandir di kantin itu, tiada tahu apa yang akan dibeli. Semua makanan yang disediakan Mbok Yem, pemilik kantin, seakan tak menggugah seleranya. Kepindahan Dudi ke Jakarta mengikuti orang tuanya sangat memukul perasaan Ani.

Teks II

“Aku harus mempercepat laju sepedaku karena aku tak ingin terlambat sekolah,” gerutu Soni. Aku takut tidak bisa mengikuti pelajaran Olahraga karena keterlambatanku berangkat ke sekolah. Guru Olahraga yang biasa menjaga pintu gerbang sekolah pasti akan menegurku jika aku terlambat. Tak disangka, aku berpapasan dengan Arman dari arah yang berlainan. Dia menyapaku, “Son, mau kemana?” Jawab Soni dengan tegas, “Ya ke sekolah, ayo, cepat, nanti terlambat!” “Ha, ha, ha,” tertawalah Arman. “Ini hari Minggu, mengapa kamu ke sekolah?”

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah....

  1. Teks I: Dimulai dengan lokasi, Teks II: Dimulai dengan aksi

  2. Teks I: Dimulai dengan aksi, Teks II: Dimulai dengan lokasi

  3. Teks I: Dimulai dengan ketegangan, Teks II: Dimulai dengan lokasi

  4. Teks I: Dimulai dengan aksi, Teks II: Dimulai dengan garis besar cerita

Iklan

I. Yassa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Di tempat inilah menunjukkan bahwa teks I diawali dengan keteranganlokasi. Sementara itu, pada teks II Aku harus mempercepat laju sepedaku membuktikan bahwa teks II diawali dengan keterangan aksi. Jawaban yang paling tepat adalah A.

Di tempat inilah menunjukkan bahwa teks I diawali dengan keterangan lokasi. Sementara itu, pada teks II Aku harus mempercepat laju sepedaku membuktikan bahwa teks II diawali dengan keterangan aksi. Jawaban yang paling tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan penggalan cerita berikut. Aku tertegun kenapa Hariz mengingatkanku? Kalau mau jujur, sesungguhnya sudut hatiku yang terdalam merasa amat sedih. Bermain berpasangan dalam bulu tan...

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia