Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kedua kutipan novel berikut Kutipan Novel I Di tempatku bekerja aku mulai membicarakan keinginanku pindah. Ini disesalkan oleh kepala bagianku karena hingga saat itu aku dianggap sebagai satu-satunya penyiar yang berpengetahuan luas mengenai segala sesuatu yang bersangkutan dengan seni. Tetapi, aku tetap berkata bahwa mungkin pada suatu hari aku akan berangkat ke Jakarta atau kota lain. Dikutip dari: Nh. Dini, Pada Sebuah Kapal, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2009 Kutipan Novel II Dan ajaib, mulai besok kehidupan kami berubah. Esok pagi selepas subuh, lbu mengatakan beberapa hal kepadaku dan Dede. Salah satunya yang paling kuingat dan seketika membuatku berlonjak gembira, aku akan kembali sekolah. Dede juga akan disekolahkan. lbu tersengal haru saat mengatakan itu. Bahkan menangis. Mendekap kami erat. Tetapi siapa yang akan membayarnya? Aku tersadarkan dari kegembiraan sesaat. Jangankan sekolah, tiga tahun terakhir ini, makan saja kami susah. Dikutip dari: Tere Liye, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2010 Perbedaan karakteristik kutipan kedua novel tersebut adalah....

Bacalah kedua kutipan novel berikut

Kutipan Novel I

Di tempatku bekerja aku mulai membicarakan keinginanku pindah. Ini disesalkan oleh kepala bagianku karena hingga saat itu aku dianggap sebagai satu-satunya penyiar yang berpengetahuan luas mengenai segala sesuatu yang bersangkutan dengan seni. Tetapi, aku tetap berkata bahwa mungkin pada suatu hari aku akan berangkat ke Jakarta atau kota lain.

Dikutip dari: Nh. Dini, Pada Sebuah Kapal, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2009

Kutipan Novel II

Dan ajaib, mulai besok kehidupan kami berubah. Esok pagi selepas subuh, lbu mengatakan beberapa hal kepadaku dan Dede. Salah satunya yang paling kuingat dan seketika membuatku berlonjak gembira, aku akan kembali sekolah. Dede juga akan disekolahkan. lbu tersengal haru saat mengatakan itu. Bahkan menangis. Mendekap kami erat. Tetapi siapa yang akan membayarnya? Aku tersadarkan dari kegembiraan sesaat. Jangankan sekolah, tiga tahun terakhir ini, makan saja kami susah.

Dikutip dari: Tere Liye, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2010

Perbedaan karakteristik kutipan kedua novel tersebut adalah....

  1. Kutipan Novel I : pekerjaan ; Kutipan Novel II : pendidikan

  2. Kutipan Novel I : seni ; Kutipan Novel II : sains

  3. Kutipan Novel I : keterampilan ; Kutipan Novel II : pengetahuan

  4. Kutipan Novel I : keinginan sekolah ; Kutipan Novel II : keinginan bekerja

  5. Kutipan Novel I : pelajar ; Kutipan Novel II : penyiar

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perbedaan karakteristik yang terlihat dari kedua novel yaitu kutipan novel I menceritakan tentang nasib pekerjaan seseorang yang akan berpindah tempat, sedangkan kutipan novel II menceritakan tentang nasib pendidikan yang dialami seseorang.

Perbedaan karakteristik yang terlihat dari kedua novel yaitu kutipan novel I menceritakan tentang nasib pekerjaan seseorang yang akan berpindah tempat, sedangkan kutipan novel II menceritakan tentang nasib pendidikan yang dialami seseorang.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

29

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Novel romantis, misteri, horor, komedi, dan inspiratif merupakan jenis novel berdasarkan ....

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia