Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah ilustrasi berikut! Andri merasa senang karena timnya berhasil memenangkan pertandingan takraw antarsekolah. Andri gembira. Ia mengungkapkan perasaannya dalam buku harian. Catatan buku harian Andri sesuai ilustrasi tersebut adalah ....

Bacalah ilustrasi berikut!

Andri merasa senang karena timnya berhasil memenangkan pertandingan takraw antarsekolah. Andri gembira. Ia mengungkapkan perasaannya dalam buku harian.


Catatan buku harian Andri sesuai ilustrasi tersebut adalah ....space 

  1. Hasilnya telah terlihat, tim takraw sekolahku menang. Semua ini karena kerja sama semua pihak.space 

  2. Hari ini, tim takrawku menang. Aku gembira sekali. Usahaku dan teman-teman tidak sia-sia. Terima kasih Tuhan!space 

  3. Ternyata kemenangan yang ditunggu-tunggu datang juga. Tim takraw sekolahnya berhasil menjadi juara.space 

  4. Sesungguhnya, peristiwa yang sangat berarti dalam hidupnya terjadi. Tim takraw sekolahnya berhasil menjadi juara.space 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah B.

jawaban yang paling tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata deskripsi memiliki arti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Teks deskripsi merupakan pemaparan secara jelas mengenai suatu hal. Suatu hal disini dapat berupa makhluk hidup pemandangan, benda, perasaan dan hal-hal lain yang dapat dideskripsikan. Tujuan dari teks deskripsi adalah menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya. Buku harian adalah buku yang berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik yang dialami oleh seseorang . Melalui buku harian seseorang dapat mengungkapkan pengalaman, pikiran dan perasaan yang dialami dengan menggunakan bahasa yang baik, benar dan efektif. Sesuai ilustrasi di atas, hal yang dialami oleh Andri adalah hal yang menyenangkan. Perasaan Andri adalah gembira. Buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah Hari ini, tim takrawku menang. Aku gembira sekali. Usahaku dan teman-teman tidak sia-sia. Terima kasih Tuhan! Kalimat ini menggambarkan rasa gembira yang dirasakan Andri. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata deskripsi memiliki arti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Teks deskripsi merupakan pemaparan secara jelas mengenai suatu hal. Suatu hal disini dapat berupa makhluk hidup pemandangan, benda, perasaan dan hal-hal lain yang dapat dideskripsikan. 

Tujuan dari teks deskripsi adalah menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

Buku harian adalah buku yang berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik yang dialami oleh seseorang. Melalui buku harian seseorang dapat mengungkapkan pengalaman, pikiran dan perasaan yang dialami dengan menggunakan bahasa yang baik, benar dan efektif.

Sesuai ilustrasi di atas, hal yang dialami oleh Andri adalah hal yang menyenangkan. Perasaan Andri adalah gembira. Buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah Hari ini, tim takrawku menang. Aku gembira sekali. Usahaku dan teman-teman tidak sia-sia. Terima kasih Tuhan! Kalimat ini menggambarkan rasa gembira yang dirasakan Andri.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah contoh paragraf deskripsi objektif!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia