Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah dua kutipan berikut! Teks Berita I Teks Berita II Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, membatasi ruang gerak pengembala itik guna meredam penularan virus avian influenza yang marak di Jawa Tengan. Salah satu wujudnya adalah melarang penggembala itik dari luar Cilacap masuk ke wilayah itu. Dua bulan terakhir, di Cilacap tercatat 2000 itik mati mendadak. Sejauh ini, instansi terkait, mengintensifkan penyemprotan disinfektan ke ladang-ladang milik peternak. Sementara Dinas Peternakan dan Perikanan Purballingga menggelar sosialisasi kepada masyarakat terutama peternak ayam dan itik untuk meningkatkan ketahanan hayati di lingkungan kandang ternak Perbedaan penyajian kedua tekst tersebut adalah ...

Bacalah dua kutipan berikut!

                          Teks Berita I                                                       Teks Berita II
Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, membatasi ruang gerak pengembala itik guna meredam penularan virus avian influenza yang marak di Jawa Tengan. Salah satu wujudnya adalah melarang penggembala itik dari luar Cilacap masuk ke wilayah itu. Dua bulan terakhir, di Cilacap tercatat 2000 itik mati mendadak. Sejauh ini, instansi terkait, mengintensifkan  penyemprotan disinfektan ke ladang-ladang milik peternak. Sementara Dinas Peternakan dan Perikanan Purballingga menggelar sosialisasi kepada masyarakat terutama peternak ayam dan itik untuk meningkatkan ketahanan hayati di lingkungan kandang ternak

Perbedaan penyajian kedua tekst tersebut adalah ...

Iklan

A. Tyas

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Teks berita I diawali dengan nama lembaga, yakni Dinas Pertanian dan Peternakan . Nama lembaga dapat dimunculkan dengan kata tanya siapa karena masih berupa pihak. Teks berita dua diawali dengan dua bulan terakhir yang merupakan frasa yang menunjukkan waktu. Waktu ditanyakan dengan pertanyaan kapan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Teks berita I diawali dengan nama lembaga, yakni Dinas Pertanian dan Peternakan. Nama lembaga dapat dimunculkan dengan kata tanya siapa karena masih berupa pihak.

Teks berita dua diawali dengan dua bulan terakhir yang merupakan frasa yang menunjukkan waktu. Waktu ditanyakan dengan pertanyaan kapan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur yang tidak tampak dalam kutlpan berita di atas adalah ....

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia