Pertanyaan

Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 3—5! Kapal Phinisi adalah sebuah kapal layar kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan. Bahkan juga menjadi kapal kebanggaan bangsa Indonesia. Ketangguhan dan ketenaran kapal ini telah terdengar di seluruh penjuru dunia. Sudah sejak sekitar abad 14, kapal Phinisi berlayar dan menjelajah samudra di seluruh dunia. Konon, Phinisi ini diambil dari nama seseorang yang bernama Phinisi. Suatu ketika dia berlayar melewati pesisir pantai Bira. Dia melihat rentetan kapal di laut, kemudian dia menegur salah seorang nakhoda kapal tersebut bahwa layar yang digunakannya masih perlu diperbaiki. Sejak saat itu orang Bira berfikir dan mendesain layar sedemikian rupa dan akhirnya berbentuk layar Phinisi yang seperti sekarang ini. Atas teguran orang tersebut, orang-orang Bira memberi layar itu dengan nama Phinisi. Kapal Phinisi adalah kapal istimewa. Kapal ini dibuat oleh tangan-tangan ahli tanpa menggunakan peralatan canggih dan modern. Seluruh bagian kapalnya terbuat dari kayu dan dirangkai tanpa menggunakan paku. Meskipun demikian, kapal ini telah membuktikan ketangguhannya dalam mengarungi samudra dan menjelajah negara-negara dunia. Nama kapal layar kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan adalah....

Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 3—5!

Kapal Phinisi adalah sebuah kapal layar kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan. Bahkan juga menjadi kapal kebanggaan bangsa Indonesia. Ketangguhan dan ketenaran kapal ini telah terdengar di seluruh penjuru dunia.  Sudah sejak sekitar abad 14, kapal Phinisi berlayar dan menjelajah samudra di seluruh dunia.

Konon, Phinisi ini diambil dari nama seseorang yang bernama Phinisi. Suatu ketika dia berlayar melewati pesisir pantai Bira. Dia melihat rentetan kapal di laut, kemudian dia menegur salah seorang nakhoda kapal tersebut bahwa layar yang digunakannya masih perlu diperbaiki. Sejak saat itu orang Bira berfikir dan mendesain layar sedemikian rupa dan akhirnya berbentuk layar Phinisi yang seperti sekarang ini. Atas teguran orang tersebut,  orang-orang Bira memberi layar itu dengan nama Phinisi.

Kapal Phinisi adalah kapal istimewa. Kapal ini dibuat oleh tangan-tangan ahli tanpa menggunakan peralatan canggih dan modern. Seluruh bagian kapalnya terbuat dari kayu dan dirangkai tanpa menggunakan paku. Meskipun demikian, kapal ini telah membuktikan ketangguhannya dalam mengarungi samudra dan menjelajah negara-negara dunia.

 

Nama kapal layar kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan adalah....

  1. Kapal Phinisi

  2. Kapal Dewaruci

  3. Kapal Portugis

  4. Kapal Panini

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Pembahasan

Berdasarkan kalimat 1 di paragraf pertama, nama kapal layar kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ialah Phinisi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Berdasarkan kalimat 1 di paragraf pertama, nama kapal layar kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ialah Phinisi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

24

5.0 (1 rating)

Amalia Widi Andarini

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Adik mengalami demam. Ibu membawa adik ke dokter, sedangkan aku diminta ibu untuk pergi ke apotik membeli obat dari dokter tersebut. Perbaikan kata yang tepat untuk menggantikan kata apotik adalah ...

19

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia