Roboguru

Bacaan yang isinya sesuai dengan ringkasan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacaan yang isinya sesuai dengan ringkasan tersebut adalah ....undefined

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merilis hasil kajiannya mengenai penyebab terjadinya banjir bandang di Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21/9/2016) dini hari. Faktor penyebab terjadinya banjir bandang di Garut salah satunya adalah faktor alam. Banjir bandang bisa terjadi karena daerah Garut layaknya sebuah mangkok. Kabupaten Garut dikelilingi oleh tujuh gunung api sehingga air bermuara pada satu titik.

    Ekosistem di hulu Sungai Cimanuk yang rusak akibat ulah manusia turut memicu terjadinya banjir bandang di Garut. Rusaknya ekosistem di Sungai Cimanuk ini  menyebabkan pendangkalan sungai.undefined

  2. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merilis hasil kajiannya mengenai penyebab terjadinya banjir bandang di Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21/9/2016) dini hari. Faktor penyebab terjadinya banjir bandang di Garut salah satunya adalah faktor alam. Banjir bandang bisa terjadi karena daerah Garut layaknya sebuah mangkok. Kabupaten Garut dikelilingi oleh tujuh gunung api sehingga air bermuara pada satu titik.

    Selain faktor alam, penyebab terjadinya bencana banjir bandang di Garut beberapa hari lalu karena perubahan tata guna lahan yang tidak sesuai dengan kondisi alamnya. Ekosistem di hulu Sungai Cimanuk yang rusak akibat ulah manusia turut memicu terjadinya banjir bandang di Garut. Rusaknya ekosistem di Sungai Cimanuk ini menyebabkan pendangkalan sungai.undefined

  3. Banjir bandang bisa terjadi karena daerah Garut layaknya sebuah mangkok. Kabupaten Garut dikelilingi oleh tujuh gunung api, sehingga air bermuara pada satu titik. Faktor penyebab terjadinya banjir bandang di Garut salah satunya  adalah faktor alam. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merilis hasil kajiannya mengenai penyebab terjadinya banjir bandang di Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21/9/2016) dini hari.

    Ekosistem di hulu Sungai Cimanuk yang rusak akibat ulah manusia turut memicu terjadinya banjir bandang di Garut. Rusaknya ekosistem di Sungai Cimanuk ini  menyebabkan pendangkalan sungai.undefined

  4. Selain faktor alam, penyebab terjadinya bencana banjir bandang di Garut beberapa hari lalu karena perubahan tata guna lahan yang tidak sesuai dengan kondisi alamnya. Ekosistem di hulu Sungai Cimanuk yang rusak akibat ulah manusia turut memicu terjadinya banjir bandang di Garut. Rusaknya ekosistem di Sungai Cimanuk ini menyebabkan pendangkalan sungai.

    Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merilis hasil kajiannya mengenai penyebab terjadinya banjir bandang di Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21/9/2016) dini hari. Faktor penyebab terjadinya banjir bandang di Garut salah satunya adalah faktor alam. Banjir bandang bisa terjadi karena daerah Garut layaknya sebuah mangkok. Kabupaten Garut dikelilingi oleh tujuh gunung api sehingga air bermuara pada satu titik.undefined

  5. Ekosistem di hulu Sungai Cimanuk yang rusak akibat ulah manusia turut memicu terjadinya banjir bandang di Garut. Rusaknya ekosistem di Sungai Cimanuk ini menyebabkan pendangkalan sungai. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merilis hasil kajiannya mengenai penyebab terjadinya banjir bandang di Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21/9/2016) dini hari. Selain faktor alam, penyebab terjadinya bencana banjir bandang di Garut beberapa hari lalu karena perubahan tata guna lahan yang tidak sesuai dengan kondisi alamnya.

    Faktor penyebab terjadinya banjir bandang di Garut salah satunya adatah faktor alam. Banjir bandang bisa terjadi karena daerah Garut layaknya sebuah mangkok. Kabupaten Garut dikelilingi oleh tujuh gunung api sehingga air bermuara pada satu titik.undefined

Pembahasan Soal:

Ringkasan merupakan rangkaian pokok-pokok pikiran yang dirangkai menjadi satu dengan tetap memperhatikan urutan isi bagian demi bagian, dan sudut pandang pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan.

Berikut ini adalah hasil analisis gagasan utama yang terdapat pada kalimat ringkasan di atas, yaitu:

  1. Gagasan utama pada paragraf pertama menjelaskan tentang "Berdasarkan rilisan hasil kajian UGM, banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh faktor alam".
  2. Gagasan utama pada paragraf kedua menjelaskan tentang "Banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh perubahan tata guna lahan."

Berikut ini adalah analisis gagasan utama yang ada pada pilihan jawaban, yaitu

  1. Pilihan A, gagasan utama paragraf pertama berbunyi "Berdasarkan rilisan hasil kajian UGM, banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh faktor alam", sedangkan gagasan utama paragraf keduanya berbunyi "Banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh ulah manusia."
  2. Pilihan B, gagasan utama paragraf pertama berbunyi "Berdasarkan rilisan hasil kajian UGM, banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh faktor alam", sedangkan gagasan utama paragraf keduanya berbunyi "Banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh perubahan tata guna lahan."
  3. Pilihan C, gagasan utama paragraf pertama berbunyi "Berdasarkan rilisan hasil kajian UGM, banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh faktor alam", sedangkan gagasan utama paragraf keduanya berbunyi "Banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh ulah manusia."
  4. Pilihan D, gagasan utama paragraf pertama berbunyi , "Banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh perubahan tata guna lahan." sedangkan gagasan utama paragraf keduanya berbunyi "Berdasarkan rilisan hasil kajian UGM, banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh faktor alam"
  5. Pilihan E, gagasan utama paragraf pertama berbunyi "Berdasarkan rilisan hasil kajian UGM, banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh ulah manusia", sedangkan gagasan utama paragraf keduanya berbunyi "Banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan faktor alam."

Berdasarkan hasil analisis gagasan utama pada pilihan jawaban di atas, maka bacaan yang isinya sesuai dengan ringkasan tersebut adalah pilihan B karena bacaan tersebut memiliki gagasan-gagasan utama yang termuat dalam kalimat ringkasan di atas. Berikut ini bunyi bacaan yang sesuai dengan ringkasan di atas, yaitu:

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merilis hasil kajiannya mengenai penyebab terjadinya banjir bandang di Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21/9/2016) dini hari. Faktor penyebab terjadinya banjir bandang di Garut salah satunya adalah faktor alam. Banjir bandang bisa terjadi karena daerah Garut layaknya sebuah mangkok. Kabupaten Garut dikelilingi oleh tujuh gunung api sehingga air bermuara pada satu titik.

Selain faktor alam, penyebab terjadinya bencana banjir bandang di Garut beberapa hari lalu karena perubahan tata guna lahan yang tidak sesuai dengan kondisi alamnya. Ekosistem di hulu Sungai Cimanuk yang rusak akibat ulah manusia turut memicu terjadinya banjir bandang di Garut. Rusaknya ekosistem di Sungai Cimanuk ini menyebabkan pendangkalan sungai.


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved