Roboguru

Atom terdiri atas partikel-partikel subatom. Jelaskan masing-masing partikel subatom tersebut!

Pertanyaan

Atom terdiri atas partikel-partikel subatom. Jelaskan masing-masing partikel subatom tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Atom terdiri atas partikel-partikel subatomik, yaitu elektron, proton, dan neutron.

  • Elektron: ditemukan oleh J. J. Thomson. Elektron merupakan partikel bermuatan negatif dan memiliki massa yang sangat kecil dibandingkan dengan partikel subatomik lainnya, yaitu sebesar 9 comma 11 cross times 10 to the power of negative sign 24 end exponent. Elektron berada di sekitar inti atom dan mengelilingi inti atom tersebut.
  • Proton: ditemukan oleh Goldstein. Proton merupakan partikel bermuatan positif dan memiliki massa sebesar 1 comma 67 cross times 10 to the power of negative sign 24 end exponent. Proton berada di inti atom.
  • Neutron: ditemukan oleh Chadwick. Neutron merupakan partikel yang tidak bermuatan dan memiliki massa yang hampir sama dengan massa proton, yaitu sebesar 1 comma 67 cross times 10 to the power of negative sign 24 end exponent. Neutron juga berada di inti atom. 


Jadi, atom tersusun dari partikel subatomik proton, elektron, dan neutron. Proton bermuatan positif, elektron bermuatan negatif, dan neutron tidak bermuatan. Proton dan neutron berada di inti atom, sedangkan elektron bergerak mengelilingi inti atom.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved