Roboguru

Atom-atom unsur A, B, C, dan E berturut-turut memiliki nomor atom 12, 15, 19, 32, dan 35. Dengan menyusun konfigurasi elektron, unsur-unsur apa saja yang terletak pada periode yang sama.

Pertanyaan

Atom-atom unsur A, B, C, dan E berturut-turut memiliki nomor atom 12, 15, 19, 32, dan 35. Dengan menyusun konfigurasi elektron, unsur-unsur apa saja yang terletak pada periode yang sama. space 

Pembahasan Soal:

Dalam sistem periodik modern, golongan unsur-unsur ditentukkan berdasarkan persamaan elektron valensi, sedangkan periode ditentukkan berdasarkan persamaan jumlah kulit. Untuk menentukan letak periode unsur-unsur tersebut perlu dituliskan konfigurasi elektronnya. space 

Konfigurasi elektron merupakan susunan-susunan elektron dalam atom. Konfigurasi elektron disusun menurut aturan Bohr dan bilangan kuantum. Konfigurasi elektron menurut Bohr adalah sebagai berikut:

  • Jumlah elektron maksimum dalam setiap kulit adalah , dengan adalah nomor kulit. Oleh karena itu jumlah elektron maksimum pada kulit K, L, M, N berturut-turut adalah 2, 8, 18, dan 32.
  • Jumlah elektron maksimum dalam kulit yang terjauh adalah 8, sedangkan jumlah elektron maksimum dalam kulit terjauh yang kedua (1 kulit sebelum kulit terjauh) adalah 18.

Konfigurasi unsur-unsur di atas dapat dilihat pada tabel berikut.

Unsur Konfigurasi Elektron Jumlah Kulit
A 2 8 2 3
B 2 8 5 3
C 2 8 8 1 4
D 2 8 18 4 4
E 2 8 18 7 4


Berdasarkan tabel di atas, unsur A dan B memiliki kulit yang sama sehingga terletak pada periode yang sama yaitu periode 3. Selain itu unsur C, D, dan E juga terletak pada periode yang sama yaitu periode 4.

Jadi, unsur yang terletak pada periode yang sama adalah unsur A dengan unsur B, dan unsur C, D, dengan unsur E.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved