Iklan

Iklan

Pertanyaan

Atas usulan siapakah pemilihan presiden dan wakil presiden Indonesia yang pertama setelah kemerdekaan Indonesia?

Atas usulan siapakah pemilihan presiden dan wakil presiden Indonesia yang pertama setelah kemerdekaan Indonesia?

Iklan

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Oto Iskandar Dinata menjadi pengusul pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pertama melalui aklamasi pada Sidang PPKI pertama.

Oto Iskandar Dinata menjadi pengusul pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pertama melalui aklamasi pada Sidang PPKI pertama.

Iklan

Pembahasan

Pada 18 Agustus 1945 diadakan sidang pertama PPKI yang membahas pengesahan dasar negara dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.Sidang yang digelar di gedung Tyuuoo Sangi-In atau yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ki Hadjar Dewantara. Oto Iskandar mengusulkan bahwa pemilihan presiden dilakukan secara aklamasi dan mengusulkan Soekarno dan Hatta sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Usulan ini diterima oleh anggota sidang. Soekarno resmi terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia untuk pertama kali. Ide ini kemudian direspons oleh Soekarno dengan satu kalimat tegas.”Tuan-tuan, banyak terima kasih atas kepercayaan Tuan-tuan dan dengan ini saya dipilih oleh Tuan-tuan sekalian dengan suara bulat menjadi Presiden Republik Indonesia,” demikian respons Soekarno. Dengan demikian Oto Iskandar Dinata menjadi pengusul pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pertama melalui aklamasi pada Sidang PPKI pertama.

Pada 18 Agustus 1945 diadakan sidang pertama PPKI yang membahas pengesahan dasar negara dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sidang yang digelar di gedung Tyuuoo Sangi-In atau yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ki Hadjar Dewantara.

Oto Iskandar mengusulkan bahwa pemilihan presiden dilakukan secara aklamasi dan mengusulkan Soekarno dan Hatta sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. 

Usulan ini diterima oleh anggota sidang. Soekarno resmi terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia untuk pertama kali. Ide ini kemudian direspons oleh Soekarno dengan satu kalimat tegas. ”Tuan-tuan, banyak terima kasih atas kepercayaan Tuan-tuan dan dengan ini saya dipilih oleh Tuan-tuan sekalian dengan suara bulat menjadi Presiden Republik Indonesia,” demikian respons Soekarno.

Dengan demikian Oto Iskandar Dinata menjadi pengusul pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pertama melalui aklamasi pada Sidang PPKI pertama.

Latihan Bab

Peristiwa Sekitar Proklamasi

Pembentukan Pemerintahan RI Pertama

Proklamator dan Tokoh Lainnya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

380

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Makna peristiwa pembentukan pemerintahan pertama republik Indonesia pada awal kemerdekaan bagi kehidupan bangsa Indonesia masa kini...

12rb+

4.4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia