Iklan

Iklan

Pertanyaan

Asimilasi merupakan salah satu bentuk interaksi sosial. Jelaskan pengertiannya dan berikan contoh dalam lingkungan sekolahmu!

Asimilasi merupakan salah satu bentuk interaksi sosial. Jelaskan pengertiannya dan berikan contoh dalam lingkungan sekolahmu!space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poin soal menanyakan pengertianasimilasi dan contoh yang ada di lingkungan sekolah. Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Ketika membahas interaksi sosial dalam masyarakat, maka ada beberapa bentuk yang dapat dipelajari lebih lanjut, yaitu; bentuk interaksi assosiatif dan dissosiatif. Bentuk assosiatif cenderung mengarah pada hasil positif dalam interaksi sosial. Sebaliknya, bentuk dissosiatif mengarah pada hasil yang dapat membuat disintegrasi sosial. Interaksi sosial yang positif akan mempermudah terjadinya asimilasi. Istilah asimilasi berasal dari kata Latin, assimilare yang berarti “ menjadi sama ”.Kata tersebut dalam bahasa Inggris adalah assimilation. S edangkan dalam bahasa Indonesia menjadi asimilasi. Asimilasi merupakan proses sosial, yakniadanya upaya-upaya untuk mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat diantara perorangan atau kelompok-kelompok manusia. Upaya yang dilakukan dengan menggabungkan dua atau lebih kebudayaan yang berbeda dalam masyarakat, sehingga menghasilkan kebudayaan baru dan menghasilkan kebudayaan lama (aslinya). Ilustrasinya dapat digambarkan seperti ini: A + B = C.Asimilasi sebagai proses sosial yang timbul bila ada: Kelompok-kelompok manusia yang berbeda kebudayaannya; Individu-individu sebagai anggota kelompok itu saling bergaul secara langsung dan intensif dalam waktu yang relatif lama; Kebudayaan-kebudayaan dari kelompok manusia tersebut masing-masing berubah dan saling menyesuaikan diri. Contoh asimilasi dalam lingkungansekolah adalah kelompok ekskul, dimana ekskul sekolah diisi oleh siswa-siswi yang berbeda latar belakang suku, budaya, dan agama . Ketika berkumpul menjadi sebuah kelompok ekskul, latar belakang masing-masing siswa yang berbeda akan ditinggalkan dan yang ada siswa tersebut merupakan anggota dari sebuah ekskul.

Poin soal menanyakan pengertian asimilasi dan contoh yang ada di lingkungan sekolah.

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Ketika membahas interaksi sosial dalam masyarakat, maka ada beberapa bentuk yang dapat dipelajari lebih lanjut, yaitu; bentuk interaksi assosiatif dan dissosiatif. Bentuk assosiatif cenderung mengarah pada hasil positif dalam interaksi sosial. Sebaliknya, bentuk dissosiatif mengarah pada hasil yang dapat membuat disintegrasi sosial. Interaksi sosial yang positif akan mempermudah terjadinya asimilasi.

Istilah asimilasi berasal dari kata Latin, assimilare yang berarti “menjadi sama”. Kata tersebut dalam bahasa Inggris adalah assimilation. Sedangkan dalam bahasa Indonesia menjadi asimilasi. Asimilasi merupakan proses sosial, yakni adanya upaya-upaya untuk mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat diantara perorangan atau kelompok-kelompok manusia. Upaya yang dilakukan dengan menggabungkan dua atau lebih kebudayaan yang berbeda dalam masyarakat, sehingga menghasilkan kebudayaan baru dan menghasilkan kebudayaan lama (aslinya). Ilustrasinya dapat digambarkan seperti ini: A + B = C. Asimilasi sebagai proses sosial yang timbul bila ada:

  1. Kelompok-kelompok manusia yang berbeda kebudayaannya;
  2. Individu-individu sebagai anggota kelompok itu saling bergaul secara langsung dan intensif dalam waktu yang relatif lama;
  3. Kebudayaan-kebudayaan dari kelompok manusia tersebut masing-masing berubah dan saling menyesuaikan diri.

Contoh asimilasi dalam lingkungan sekolah adalah kelompok ekskul, dimana ekskul sekolah diisi oleh siswa-siswi yang berbeda latar belakang suku, budaya, dan agama. Ketika berkumpul menjadi sebuah kelompok ekskul, latar belakang masing-masing siswa yang berbeda akan ditinggalkan dan yang ada siswa tersebut merupakan anggota dari sebuah ekskul.

Latihan Bab

Kerjasama sebagai Bentuk Interaksi Asosiatif

Asimilasi dan Akulturasi sebagai Interaksi Asosiatif

Persaingan sebagai Interaksi Disosiatif

Kontravensi sebagai Interaksi Disosiatif

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Orang dari suku Batak pindah ke Yogyakartauntuk bekerja diperusahaan swasta. Pada awalnya sulit melakukan adaptasi karena lingkungan kerja didominasi suku jawa yang gaya bicaranya lebih lembut. Ketida...

348

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia