Pertanyaan

Asam nitrat, HNO 3 ​ , adalah suatu asam kuat yang mudah larut dalam air. a. Partikel-partikel apa yang terkandung dalam larutan HNO 3 ​ yang terbentuk? b. Apakah larutan yang terbentuk merupakan larutan elektrolit? c.Apa yang terjadi jika larutan ini dihubungkan dengansebuah lampu melalui suatu rangkaian listrik yang terhubung dengan sumber listrik? d. Terkait dengan soal c, apakahpada kedua elektrode akan timbul gas? Jika ya, gas apa yang dihasilkan di katode?

Asam nitrat, , adalah suatu asam kuat yang mudah larut dalam air.

a. Partikel-partikel apa yang terkandung dalam larutan  yang terbentuk?
b. Apakah larutan yang terbentuk merupakan larutan elektrolit?
c. Apa yang terjadi jika larutan ini dihubungkan dengan sebuah lampu melalui suatu rangkaian listrik yang terhubung dengan sumber listrik?
d. Terkait dengan soal c, apakah pada kedua elektrode akan timbul gas? Jika ya, gas apa yang dihasilkan di katode?space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

larutan asam nitrat merupakan larutan elektrolit yang mengandung ion H + dan ion NO 3 − ​ sehingga dapat menyalakan lampu dan menghasilkan gas pada katode berupa H 2 ​ ( g )

larutan asam nitrat merupakan larutan elektrolit yang mengandung ion  dan ion   sehingga dapat menyalakan lampu dan menghasilkan gas pada katode berupa 

Pembahasan

a. Partikel asam nitrat jika larut dalam air akan terbentuk ion-ionnya, ion H + dan ion NO 3 − ​ . b. Asam nitrat merupakan larutan elektrolit karena zatnya dapat terdisosiasi atau terionisasidalam air. c. Jika larutan ini dihubungkan ke sebuah lampu, maka larutan tersebut dapat menyalakan lampu karena adanya ion-ion yang bergerak bebas. d.Ketika larutan HNO 3 ​ terhubung dengan sumber listrik, ion-ion H + bergerak ke katode untuk rnenangkap elektron-elektron dari surnber listrik dan mengalamireaksi reduksi menjadi gas H 2 ​ . Pada anoda, akan dihasilkan gas oksigen. Jadi, larutan asam nitrat merupakan larutan elektrolit yang mengandung ion H + dan ion NO 3 − ​ sehingga dapat menyalakan lampu dan menghasilkan gas pada katode berupa H 2 ​ ( g )

a. Partikel asam nitrat jika larut dalam air akan terbentuk ion-ionnya, ion  dan ion .

b. Asam nitrat merupakan larutan elektrolit karena zatnya dapat terdisosiasi atau terionisasi dalam air.

c. Jika larutan ini dihubungkan ke sebuah lampu, maka larutan tersebut dapat menyalakan lampu karena adanya ion-ion yang bergerak bebas.

d. Ketika larutan  terhubung dengan sumber listrik, ion-ion  bergerak ke katode untuk rnenangkap elektron-elektron dari surnber listrik dan mengalami reaksi reduksi menjadi gas . Pada anoda, akan dihasilkan gas oksigen.

Jadi, larutan asam nitrat merupakan larutan elektrolit yang mengandung ion  dan ion   sehingga dapat menyalakan lampu dan menghasilkan gas pada katode berupa 

2rb+

Azqia Natasya

Ini yang aku cari!

Kadek Putri

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikan contoh 5 senyawa asam dan 5 senyawa basa yang tergolong elektrolit kuat!

134

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia