Iklan

Iklan

Pertanyaan

Artikel berikut untuk mengerjakan soal nomor 1-5. Pendidikan di Indonesia 1) Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Kulatitas pendidikan Indonesia dibuktikan dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index) . Data UNESCO meliputi komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan dan penghasilan per kepala yang menunjukkan bahwa Indeks Pengembangan Manusia Indonesia semakin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999). 2) Menurut survei Political and Economic Risk Consultan (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam. Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000), Indonesia memiliki daya saing rendah, yaitu hanya mendudukan urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia. 3) Memasuki abad ke-21 dunia pendidikan di Indonesia menjadi heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional, tetapi lebih banyak disebabkan kesadaran bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. Kondisi tersebut disebabkan aspek mendasar seperti globalisasi. 4) Memasuki abad ke-21 arus globalisasi sangat kuat dan terbuka. Kemajuan teknologi memberikan kesdaran baru bahwa Indonesia tidak berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia baru. Kita merasakan adanya ketertinggalan mutu pendidikan baik pendidikan formal maupun informal. Hasil tersebut diperoleh setelah kita membandingkan dengan negara lain. 5) Pendidikan memang menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia. Sumber daya manusia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain. Disadur dari: https://sitichotijah269.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-internet-desing/artikel-pendidikan-di-Indonesia/, diunduh 8 Februari 2018 Pernyataan yang sesuai dengan bagian simpulan artikel tersebut adalah...

Artikel berikut untuk mengerjakan soal nomor 1-5.

Pendidikan di Indonesia

1) Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Kulatitas pendidikan Indonesia dibuktikan dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index). Data UNESCO meliputi komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan dan penghasilan per kepala yang menunjukkan bahwa Indeks Pengembangan Manusia Indonesia semakin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999).

2) Menurut survei Political and Economic Risk Consultan (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam. Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000), Indonesia memiliki daya saing rendah, yaitu hanya mendudukan urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia.

3) Memasuki abad ke-21 dunia pendidikan di Indonesia menjadi heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional, tetapi lebih banyak disebabkan kesadaran bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. Kondisi tersebut disebabkan aspek mendasar seperti globalisasi.

4) Memasuki abad ke-21 arus globalisasi sangat kuat dan terbuka. Kemajuan teknologi memberikan kesdaran baru bahwa Indonesia tidak berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia baru. Kita merasakan adanya ketertinggalan mutu pendidikan baik pendidikan formal maupun informal. Hasil tersebut diperoleh setelah kita membandingkan dengan negara lain.

5) Pendidikan memang menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia. Sumber daya manusia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.

Disadur dari: https://sitichotijah269.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-internet-desing/artikel-pendidikan-di-Indonesia/, diunduh 8 Februari 2018

Pernyataan yang sesuai dengan bagian simpulan artikel tersebut adalah...

  1. Rendahnya mutu pendiidkan di Indonesia disebabkan standardisasi pengajaran.

  2. Pemerataan pendidikan secara menyeluruh terhambat anggaran Pemerintah.

  3. Sarana pembelajaran menjadi faktor semakin terpuruknya pendidikan di Indonesia.

  4. Pendidikan menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia.

  5. Sumber daya manusia Indonesia kalah bersaing dengan SDM dari negara-negara lain.

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan yang sesuai dengan bagian simpulan terdapat pada jawaban D karena pernyataan tersebut terdapat pada paragraf kelima Pendidikan memang menjadi penopang dalam meningkatkan stimber daya manusia Indonesia μntuk pembangunan bangsa.

Pernyataan yang sesuai dengan bagian simpulan terdapat pada jawaban D karena pernyataan tersebut terdapat pada paragraf kelima Pendidikan memang menjadi penopang dalam meningkatkan stimber daya manusia Indonesia μntuk pembangunan bangsa.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah kedua teks berikut! Teks 1 Gaya belajar anak merupakan cara anak dalam menerima, memproses, memahami, dan menyimpan informasi yang diterima dalam belajar di sekolah. Setiap anak memili...

744

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia