Iklan

Iklan

Pertanyaan

Arrange the following sentences into a good paragraph. I was very happy when I realized I could ride motorcycle. Nonetheless, I got nervous when I passed the narrow strret. I lost my control and fell to the ditch. One day, my father bought an old motorcycle. My father taught me how to ride the motorcycle. My father was very patient and gave me directions. In the beginning, everything ran well.

Arrange the following sentences into a good paragraph.

  1. I was very happy when I realized I could ride motorcycle.
  2. Nonetheless, I got nervous when I passed the narrow strret.
  3. I lost my control and fell to the ditch.
  4. One day, my father bought an old motorcycle.
  5. My father taught me how to ride the motorcycle.
  6. My father was very patient and gave me directions.
  7. In the beginning, everything ran well.
  1. 7-3-1-5-2-6-4

  2. 5-4-3-7-6-1-2

  3. 1-2-3-5-4-7-6

  4. 4-5-6-7-1-2-3

Iklan

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Untuk menentukan kalimat pertama suatu paragraf, pahamilah jenis teks tersebut lalu carilah kalimat yang memperkenalkan nama orang/benda/binatang yang akan dibahas. Berdasarkan kalimat-kalimat di atas jenisnya adalah recount yang awalnya dimulai dengan keterangan waktu. Pada jawaban D urutan pertama untuk membuka paragra tersebut adalah dengan kalimat no. 4 yang mana kalimat tersebut mempunyai keterangan waktu “ One day ” (suatu hari). Selain itu pada kalimat tersebut, pertama kalinya tokoh dan benda dalam bacaan disebutkan atau diperkenalkan yaitu “ my father ” (ayah saya) dan “ an old motorcycle ” (sebuah sepeda motor bekas) sehingga bisa dikaitkan dengan kalimat-kalimat yang akan dibahas berikutnya. Karena pada pilihan jawaban lain tidak ada yang diawali dengan kalimat no.4, maka jawaban D adalah jawaban yang tepat. Urutan lengkap paragraf tersebut adalah 4-5-6-7-1-2-3.

Untuk menentukan kalimat pertama suatu paragraf, pahamilah jenis teks tersebut lalu carilah kalimat yang memperkenalkan nama orang/benda/binatang yang akan dibahas. Berdasarkan kalimat-kalimat di atas jenisnya adalah recount yang awalnya dimulai dengan keterangan waktu. Pada jawaban D urutan pertama untuk membuka paragra tersebut adalah dengan kalimat no. 4 yang mana kalimat tersebut mempunyai keterangan waktu “One day” (suatu hari). Selain itu pada kalimat tersebut, pertama kalinya tokoh dan benda dalam bacaan disebutkan atau diperkenalkan yaitu “my father” (ayah saya) dan “an old motorcycle” (sebuah sepeda motor bekas) sehingga bisa dikaitkan dengan kalimat-kalimat yang akan dibahas berikutnya. Karena pada pilihan jawaban lain tidak ada yang diawali dengan kalimat no.4, maka jawaban D adalah jawaban yang tepat. Urutan lengkap paragraf tersebut adalah 4-5-6-7-1-2-3.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

26

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Read the text and answer the questions. Line 1 is the....of the recount text.

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia