Roboguru

Arah garis gaya listrik dari dua muatan positif yang sejajar ditunjukkan oleh gambar ....

Pertanyaan

Arah garis gaya listrik dari dua muatan positif yang sejajar ditunjukkan oleh gambar ....undefined 

  1.  

  2.  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Garis gaya listrik adalah besaran vektor yang mempresentasikan arah medan listrik dalam suatu daerah. Garis gaya listrik digambarkan keluar dari muatan positif menuju muatan negatif.  Jika terdapat dua muatan positif didekatkan maka garis gaya listrik akan membelok sebagai gambaran bahwa kedua muatan tersebut saling tolak menolak, tampak seperti pada jawaban C.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer4

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jika dua muatan listrik sejenis didekatkan akan tolak-menolak dan bila tidak sejenis didekatkan akan tarik-menarik. Pernyataan tersebut sesuai dengan...

Pembahasan Soal:

Hukum Coulomb menyatakan bahwa interaksi muatan listrik yang sejenis akan tolak-menolak, sedangkan muatan yang berlainan jenis akan tarik-menarik. Maka, pernyataan sesuai dengan Hukum Coulomb.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

lnteraksi antarmuatan listrik yang akan tolak-menolak terjadi pada ...

Pembahasan Soal:

Saat plastik digosok dengan wol, maka sebagian elektron dari wol berpindah ke plastik. Akibatnya plastik menjadi bermuatan negatif dan wol bermuatan positif. Saat ebonit digosok dengan wol, maka sebagian elektron dari wol berpindah ke ebonit. Akibatnya ebonit bermuatan negatif dan wol bermuatan positif. Saat plastik didekatkan dengan ebonit dengan sama sama bermuatan negatif, maka terjadi gaya tolak menolak, karena muatan mereka sejenis.

Oleh karena itu, maka jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Seorang siswa melakukan percobaan menggosok kaca dengan kain sutra. Akibatnya, kedua benda bermuatan listrik. Dalam peristiwa tersebut, yang terjadi adalah ....

Pembahasan Soal:

Saat kaca digosok dengan kain sutra, menyebabkan kaca bermuatan positif karena sebagian elektron dari kaca berpindah ke kain sutra, sehingga kaca kelebihan proton atau kekurangan elektron. Sedangkan kain sutra bermuatan negatif karena menerima sebagian elektron dari kaca, sehingga kain sutra kelebihan elektron atau kekurangan proton.

Dalam soal di atas, sepertinya terdapat kesalahan pilihan jawaban, karena proton tidak akan hilang. Ingat bahwa yang berpindah hanya elektron bukan proton sehingga kaca/kain sutra tidak kehilangan proton.

0

Roboguru

Elektroskop merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi muatan listrik sebuah benda. Ketika elektroskop bermuatan negatif didekati oleh benda bermuatan negatif, daun-daunnya lebih mekar. Jelaskan s...

Pembahasan Soal:

Penyelesaian:

Ketika elektroskop bermuatan negatif didekati oleh benda bermuatan negatif, daun-daunnya menjadi lebih mekar. Hal ini dikarenakan benda akan menolak elektron-elektron, sehingga elektron di dalam elektroskop akan bergerak menuju ke daun-daunnya dan membuat daun semakin menjauh dan lebih mekar. Hal ini sesuai dengan interaksi muatan sejenis yang dikemukakan oleh hukum Coulomb. 

Dengan demikian, daun-daun elektroskop menjadi lebih mekar dikarenakan interaksi muatan sejenis antara benda bermuatan negatif dengan elektroskop yang juga bermuatan negatif. 

0

Roboguru

Pemisahan muatan pada suatu benda karena didekati oleh benda lain yang bermuatan listrik disebut dengan ....

Pembahasan Soal:

lnduksi listrik merupakan peristiwa pemisahan muatan listrik  pada suatu benda karena benda tersebut didekati benda lain  yang bermuatan listrik. Muatan-muatan induksi pada ujung dekat  benda pemberi muatan akan berlawanan jenis dengan muatan benda yang mendekatinya.


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved