Roboguru

Apakah yang membedakan antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif ...

Pertanyaan

Apakah yang membedakan antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif ...space 

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan perbedaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif adalah metode sosiologi yang menekankan pengumpulan data yang berupa kata-kata, sedangkan metode kuantatif adalah metode penelitian yang menekankan pengumpulan data dalam bentuk angka-angka.

Dengan melihat penjelasan tersebut, dapat disimpulkan perbedaan dua metodologi tersebut terletak dalam pengumpulan data.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Tri

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan metode penelitian dalam sosiologi ...

Pembahasan Soal:

Metode penelitian adalah tentang bagaimana cara peneliti melaksanakan berbagai penelitian, atau sebagai pedoman penelitian. Ada beberapa metode penelitian yang bisa dilakukan dalam mengkaji keilmuan sosiologi di antaranya;

  1. Kualitatif, penelitian yang fokus ke dalam pemaknaan fenomena sosial secara mendalam, Secara umum data berupa bahasa, dan kata-kata.
  2. Kuantitatif, penelitian yang fokus ke dalam menggambarkan fenomena sosial secara umum dan luas, data berupa angka-angka dan statistika.

Dengan melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan metode penelitian yang bisa digunakan dalam sosiologi adalah Kuantiatif, dan Kualitatif.space 

0

Roboguru

Penelitian menghasilkan pemahaman yang mendalam mengenai suatu fenomena sosial, menjelaskan mengapa fenomena terjadi, dan bagaimana penerimaan masyarakat terhadap fenomena. Penelitian yang dimaksud ad...

Pembahasan Soal:

Penelitian eksplanasi adalah penelitian yang dilakukan untuk menemukan penjelasan tentang mengapa suatu kejadian atau gejala terjadi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah gambaran mengenai hubungan sebab akibat. Penelitian ini seringkali di identikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan "mengapa" dalam upaya mengembangkan informasi yang ada. Tujuan dari penelitian eksplanasi adalah:

  • menghubungkan pola-pola yang berbeda namun memiliki keterkaitan, dan
  • menghasilkan pola hubungan sebab akibat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Penelitian yang dilakukan peneliti dengan cara memanipulasi atau mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian misalnya, menguji dua metode kegiatan belajar mengaja...

Pembahasan Soal:

Penelitian yang dilakukan dengan cara memanipulasi atau mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian disebut juga dengan penelitian eksperimen. (D)

Sementara itu, survei adalah jenis penelitian yang metode pengambilan datanya menggunakan angket yang disebar kepada responden. Deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui secara rinci gambaran dari suatu gejala atau objek penelitian. Sedangkan korelasional berarti jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dari dua atau lebih variabel penelitian. Yang terakhir, inquiry adalah penelitian yang dilakukan dengan cara pengamatan.

0

Roboguru

Data angka seperti jumlah, persentase, dalam penelitian merupakan hal yang penting dalam sebuah penelitian khususnya dalam kondisi tertentu seperti jumlah pendapatan yang memengaruhi tingkat kemiskina...

Pembahasan Soal:

Suatu jenis penelitian yang menggunakan data berupa angka atau statistik dalam menjawab hubungan antarkondisi yang diteliti merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data dapat berfungsi sebagai acuan dalam mengambil suatu keputusan dalam pemecahan masalah. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Suatu metode penelitian yang menggunakan penggambaran data berupa narasi atau kalimat untuk mengungkapkan makna dari fenomena yang diteliti adalah pengertian dari... .

Pembahasan Soal:

Penelitian kualitatif adalah suatu metode penelitian yang menggunakan penggambaran data berupa narasi atau kalimat untuk mengungkap makna dari fenomena yang diteliti. Karena penelitian ini mempunyai tujuan menggali suatu makna dari orang, kelompok atau peristiwa yang diteliti. Penelitian kualitatif identik dengan observasi dan wawancara dalam melakukan proses pengumpulan data. Opsi A salah karena deskriptif merupakn sifat dari data kualitatif, opsi B dan C merupakan cara berfikir dalam penelitian sosial, sedangkan opsi D salah karena kuantitatif menggunakan data statistik dan angka-angka bukan narasi atau kalimat. Jadi jawabannya E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved