Roboguru
SD

Apakah yang dimaksud pembuatan koloid dengan cara fisika dan kimia? Berikan masing-masing tiga contoh pembuatan koloid dengan cara tersebut!

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud pembuatan koloid dengan cara fisika dan kimia? Berikan masing-masing tiga contoh pembuatan koloid dengan cara tersebut!

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Cara fisika digunakan untuk membuat koloid dengan cara mengubah larutan sejati menjadi partikel koloid. Adapun contoh pembuatan koloid dengan cara fisika diantaranya:

  1. Pengembunan Uap. Cara pengembunan uap diterapkan pada pembuatan sol raksa (Hg). Sol raksa dibuat dengan menguapkan raksa. Uap raksa selanjutnya dialirkan melalui air dingin sehingga mengembun dan diperoleh partikel raksa berukuran koloid. 
  2. Pendinginan. Suatu koloid dapat dibuat melalui proses pendinginan, tujuannya untuk menggumpalkan suatu larutan sehingga menjadi koloid karena kelarutan suatu zat sebanding dengan suhu. 
  3. Penggantian Pelarut. Penggantian pelarut digunakan untuk mempermudah pembuatan koloid yang tidak dapat larut dalam suatu pelarut tertentu, misalnya pada pembuatan sol belerang. 

Pembuatan koloid dari larutan sejati dengan cara reaksi kimia dapat dilakukan dengan empat macam yaitu melalui reaksi pengendapan, reaksi hidrolisis, reaksi pemindahan, dan reaksi redoks.

  1. Reaksi Pengendapan, contohnya: Sol AgCl dibuat dengan cara mencampurkan larutan begin mathsize 14px style Ag N O subscript 3 end style encer dengan larutan HCl encer atau NaCl encer.
  2. Reaksi hidrolisis, contohnya: Sol begin mathsize 14px style Fe open parentheses O H close parentheses subscript 3 end style dibuat dengan cara menambahkan begin mathsize 14px style Fe Cl subscript 3 end style ke dalam air mendidih.
  3. reaksi pemindahan/substitusi, contohnya: Sol Belerang dibuat dengan menambahkan larutan HCl ke dalam larutan undefined, hingga menghasilkan partikel-partikel belerang yang berukuran partikel koloid.

 

553

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan beberapa percobaan pembuatan koloid berikut! Larutan kalium asetat + alkohol Belerang + gula + air Susu + air Minyak + air Agar-agar yang dimasak Percobaan yang menunjukkan proses ...

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia