Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan telomer?

Pertanyaan

Minuman Soda Percepat Penuaan DNA

    Peneliti menemukan orang yang minum 350 mililiter minuman bersoda per hari mengalami percepatan penuaan DNA. Sel DNA mereka menjadi 4,6 tahun lebih tua. Para peneliti mengatakan konsumsi minuman soda bergula seperti cola dan limun punya kemungkinan mempercepat penuaan DNA. Mereka telah meneliti dampak minuman ini pada 5 ribu orang. Ini adalah penelitian pertama yang mencari tahu hubungan minuman soda bergula dengan penuaan.
    “Konsumsi terus-menerus minuman soda bergula dapat memengaruhi perkembangan penyakit. Bukan hanya merusak metabolisme tubuh akan kontrol gula, tetapi juga mempercepat penuaan jaringan tubuh,” kata Prof Elissa Epel dari University of California, San Francisco, seperti dilansir dari The Guardian, Senin (20/10/2014). Dalam penelitian yang telah dipublikasikan pada American Journal of Public Health ini, sebanyak 5.309 orang dewasa sehat yang berusia antara 20 sampai 65 tahun ditanyai soal konsumsi mereka akan minuman soda. Kemudian, DNA mereka diteliti dari sel darah putih.
    Peneliti menemukan bahwa telomer – atau ‘topi’ proteksi DNA yang berada di ujung kromosom – lebih pendek pada orang yang melaporkan dirinya terbiasa mengonsumsi minuman soda. Telomer adalah bagian pada ujung kromosom yang memendek setiap kali sel membelah. Selama ini telomer diteliti hubungannya dengan jangka hidup manusia serta pertumbuhan kanker, penyakit jantung, serta diabetes. Studi lainnya meneliti hubungan antara panjang telomer dengan kebiasaan merokok serta kondisi tertekan.
   “Penelitian soal soda ini menimbulkan pertanyaan bagaimana pengaruh konsumsi soda pada anak-anak? Bisa jadi soda merupakan ‘penjahat’ yang tak terlihat,” kata Epel. Ia menekankan bahwa penelitian ini hanya menunjukkan bahwa minuman bergula punya hubungan dengan penuaan sel, tetapi belum terbukti penuh.
    Sementara itu, David Jacobs, seorang profesor kesehatan publik dan epidemiologi di University of Minnesota berkata, “Ini adalah penelitian yang menarik. Namun, penyakit adalah masalah jangka panjang. Dibutuhkan penelitian jangka panjang untuk benar-benar tahu apa yang terjadi.” Jacobs tidak terlibat dalam penelitian ini. Di sisi lain, Epel mengatakan timnya berencana menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan penelitian yang lebih lanjut.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141020074352-255-6859/minuman-soda-percepat-penuaan-dna/diakses 3 Maret 2016)

Apakah yang dimaksud dengan telomer?space 

Pembahasan Soal:

Telomer adalah bagian ujung kromosom yang berfungsi untuk menjaga agar antar kromosom tidak saling bergandengan. Selain itu telomer juga berfungsi untuk menjaga keutuhan genom (materi genetik) selama perkembangan sel. Telomer ini akan memendek setiap kali sel membelah dan pada panjang tertentu, sel akan berhenti membelah, atau yang disebut sel yang menua yang selanjutnya akan mati. Telomer mempunyai fungsi utama yaitu untuk melindungi DNA dari kerusakan dan juga berperan penting pada replikasi DNA sehingga telomer berperan dalam mempertahankan kestabilan kromosom pada setiap pembelahan sel.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Yumna

Terakhir diupdate 08 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar di bawah ini ! Bagian yang ditunjukan oleh huruf A, B, C, dan D secara berurutan adalah….

0

Roboguru

Jelaskan istilah kromatid !

0

Roboguru

Gambarkan dan jelaskan struktrur sebuah kromosom!

0

Roboguru

Jawablah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S)! No Pernyataan B/S 1 Kromatin merupakan materi genetika yang tampak seperti benang-benang berwarna gelap.  ⋯

1

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Kromosom merupakan benang-benang kromatin yang memendek dan menebal serta mudah menyerap warna. SEBAB ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved