Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan polimerisasi? Tuliskan macam-macam polimer.

Apakah yang dimaksud dengan polimerisasi? Tuliskan macam-macam polimer.space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Polimerisasi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomernya. Polimer dapat diklasifikasikan berdasarkan asal, jenis monomer, ketahanan panas, dan reaksi pembentukannya. Polimerisasi adalah proses bereaksinya molekul monomer bersama dalam reaksi kimia yang membentuk tiga dimensi jaringan atau rantai polimer (pembentukan polimer dari monomernya). Polimer dapat diklasifikasikan berdasarkan asal, jenis monomer, ketahanan panas, dan reaksi pembentukannya. Klasifikasi polimer berdasarkan asalnya Polimer alam, adalah polimer yang terdapat di alam dan berasal dari makhluk hidup. Contohnya pati, selulosa, protein, asam nukleat, dan karet alam. Polimer sintetik, adalah polimer yang tidak terdapat di alam dan harus dibuat oleh manusia. Contohnya polietena, polipropena, PVC, PVA, teflon, dan dakron. Klasifikasi polimer berdasarkan jenis monomernya Homopolimer, ialah suatu polimer yang terdiri dari monomer-monomer sejenis yakni dengan strukturnya – A – A – A – A – A–.Contohnyapolistirena, polietilena,PVC, amilum, polipropilena, selulosa, teflon, dan poliisoprena. Kopolimer, ini merupakan suatu polimer yang terdiri dari 2 atau juga bahkan lebih monomer yang tidak sejenis yakni dengan strukturnya sebagai beriktut – A – B – A – B – A – B–. Klasifikasi polimer berdasarkan sifat ketahanan panasnya Polimer termoplastik, merupakan polimer yang tidak tahan panas sehingga kemudian akan melelehapabila dipanaskan sertadapat dibentuk kembali sesuai dengan apa yang keinginan. Polimer termoset, merupakan polimer tahan panas yang tidak akan melelehapabila dipanaskan. Berbeda dengan polimer termoplastik, polimer ini tidak dapatdibentuk kembali sesuai keinginan. Klasifikasi polimer berdasarkan reaksi pembentukannya Polimerisasi adisi. Umumnya, polimer adisi terjadi padamonomer yang memiliki ikatan rangkap, sepertisenyawa alkena serta turunannya. Reaksi polimerisasi adisi akan menghasilkanproduk dengan ikatan tunggal. Polimerisasi kondensasi, adalah penggabungan monomer itu dengan reaksi kimia yang terjadi antara 2 gugus fungsi berbeda dari tiap-tiap monomer.

Polimerisasi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomernya. Polimer dapat diklasifikasikan berdasarkan asal, jenis monomer, ketahanan panas, dan reaksi pembentukannya.

Polimerisasi adalah proses bereaksinya molekul monomer bersama dalam reaksi kimia yang membentuk tiga dimensi jaringan atau rantai polimer (pembentukan polimer dari monomernya). Polimer dapat diklasifikasikan berdasarkan asal, jenis monomer, ketahanan panas, dan reaksi pembentukannya.

Klasifikasi polimer berdasarkan asalnya

  1. Polimer alam, adalah polimer yang terdapat di alam dan berasal dari makhluk hidup. Contohnya pati, selulosa, protein, asam nukleat, dan karet alam.
  2. Polimer sintetik, adalah polimer yang tidak terdapat di alam dan harus dibuat oleh manusia. Contohnya polietena, polipropena, PVC, PVA, teflon, dan dakron.

Klasifikasi polimer berdasarkan jenis monomernya

  1. Homopolimer, ialah suatu polimer yang terdiri dari monomer-monomer sejenis yakni dengan strukturnya – A – A – A – A – A –. Contohnya polistirena, polietilena,PVC, amilum, polipropilena, selulosa, teflon, dan poliisoprena.

  2. Kopolimer, ini merupakan suatu polimer yang terdiri dari 2 atau juga bahkan lebih monomer yang tidak sejenis yakni dengan strukturnya sebagai beriktut  – A – B – A – B – A – B –.

Klasifikasi polimer berdasarkan sifat ketahanan panasnya

  1. Polimer termoplastik, merupakan polimer yang tidak tahan panas sehingga kemudian akan meleleh apabila dipanaskan serta dapat dibentuk kembali sesuai dengan apa yang keinginan.
  2. Polimer termoset, merupakan polimer tahan panas yang tidak akan meleleh apabila dipanaskan. Berbeda dengan polimer termoplastik, polimer ini tidak dapat dibentuk kembali sesuai keinginan.

Klasifikasi polimer berdasarkan reaksi pembentukannya

  1. Polimerisasi adisi. Umumnya, polimer adisi terjadi pada monomer yang memiliki ikatan rangkap, seperti senyawa alkena serta turunannya. Reaksi polimerisasi adisi akan menghasilkan produk dengan ikatan tunggal. 
  2. Polimerisasi kondensasi, adalah penggabungan monomer itu dengan reaksi kimia yang terjadi antara 2 gugus fungsi berbeda dari tiap-tiap monomer.space

Latihan Bab

Makromolekul dan Polimer

Karbohidrat

Protein

Lipid

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

133

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Uraikan klasifikasi polimer berdasarkan jenis monomer, sifat termal dan reaksi pembentukannya!

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia