Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan pergeseran nilai di masyarakat?

Apakah yang dimaksud dengan pergeseran nilai di masyarakat?space space 

Iklan

M. Hadi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Materi yang dibahas dalam soal ini berkaitan dengan nilai dan norma sosial. Menjelaskan maksud pergeseran pada soal dapat dijabarkan bahwa: Nilai sosial berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi perilaku manusia. Semua aturan lain yang bersifat lebih konkret berpedoman pada nilai sosial. Sistem nilai yang dianut oleh suatu masyarakat merupakan inti suatu kebudayaan masyarakat itu. Dengan demikian, untuk memahami nilai dan norma yang berlaku di masyarakat tidak bisa dilepaskan dari pemahaman kebudayaan masyarakat tersebut. Perkembangan kebudayaan suatu masyarakat merupakan serangkaian proses. Nilai sosial merupakan bagian penting dalam kebudayaan. Perilaku warga masyarakat dianggap sah atau dibenarkan secara moral, apabila tidak bertentangan dengan nilai sosial yang berlaku. Karena nilai sosial menjadi bagian dari kebudayaan, maka perubahan kebudayaan berpengaruh terhadap perubahan nilai dan norma sosial. Selanjutnya, pergeseran nilai sosial berpengaruh terhadap norma-norma sosial.Secara umum, pergeseran nilai berhubungan dengan modernisasi yang dialami masyarakat. Maka dapat disimpulkan bahwa pergeseran nilai yang dialami oleh suatu masyarakat dapat terjadi ketika terjadi perubahan terhadap nilai dan norma yang dianut oleh masyarakat, sehingga secara berkelanjutan kebudayaan yang dihasilkan oleh masyarakat tersebut juga akan ikut berubah. Perubahan ini berkaitan dengan kebiasaan hidup masyarakat yang berubah karena dampak dari modernisasi dan globalisasi.

Materi yang dibahas dalam soal ini berkaitan dengan nilai dan norma sosial. Menjelaskan maksud pergeseran pada soal dapat dijabarkan bahwa:

Nilai sosial berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi perilaku manusia. Semua aturan lain yang bersifat lebih konkret berpedoman pada nilai sosial. Sistem nilai yang dianut oleh suatu masyarakat merupakan inti suatu kebudayaan masyarakat itu. Dengan demikian, untuk memahami nilai dan norma yang berlaku di masyarakat tidak bisa dilepaskan dari pemahaman kebudayaan masyarakat tersebut.

Perkembangan kebudayaan suatu masyarakat merupakan serangkaian proses. Nilai sosial merupakan bagian penting dalam kebudayaan. Perilaku warga masyarakat dianggap sah atau dibenarkan secara moral, apabila tidak bertentangan dengan nilai sosial yang berlaku. Karena nilai sosial menjadi bagian dari kebudayaan, maka perubahan kebudayaan berpengaruh terhadap perubahan nilai dan norma sosial. Selanjutnya, pergeseran nilai sosial berpengaruh terhadap norma-norma sosial. Secara umum, pergeseran nilai berhubungan dengan modernisasi yang dialami masyarakat.

Maka dapat disimpulkan bahwa pergeseran nilai yang dialami oleh suatu masyarakat dapat terjadi ketika terjadi perubahan terhadap nilai dan norma yang dianut oleh masyarakat, sehingga secara berkelanjutan kebudayaan yang dihasilkan oleh masyarakat tersebut juga akan ikut berubah. Perubahan ini berkaitan dengan kebiasaan hidup masyarakat yang berubah karena dampak dari modernisasi dan globalisasi.space space 

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

18

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam masyarakat modern, nilai dan norma sosial saling ….

13

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia