Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan neurotransmitter?

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan neurotransmitter?space space

Pembahasan Soal:

Sinapsis merupakan celah penghubung antara neuron yang satu dengan neuron yang lainnya. Sinapsis terbentuk antara ujung akson (terminal akson) dengan dendrit dari sel saraf lain. Sinapsis berfungsi untuk meneruskan rangsang dari suatu sel saraf ke dendrit dari sel saraf lainnya.

Pada sinapsis, aliran impuls dihantarkan oleh zat kimia yang disebut dengan neurotransmitter.

Dengan demikian, neurotransmitter adalah zat kimia yang berperan menghantarkan impuls di celah sinapsis yang menghubungkan akson dengan dendrit/efektor.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan badan transmitter yang penting dalam penghantaran impuls!

Pembahasan Soal:

Neurotransmitter adalah senyawa kimiawi dalam tubuh yang bertugas untuk menyampaikan pesan antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target. Sel-sel target ini dapat berada di otot, berbagai kelenjar, dan bagian lain dalam tubuh.Neurotransmiter memainkan peran yang sangat penting untuk otak dalam mengatur kinerja berbagai sistem tubuh. Sistem tubuh tersebut termasuk:

  • Detak jantung
  • Pernapasan
  • Siklus pengaturan tidur
  • Pencernaan
  • Suasana hati
  • Konsentrasi
  • Nafsu makan
  • Gerakan otot

Berikut tipe-tipe neurotransmitter berdasarkan cara kerjanya:

1. Neurotransmitter eksitasi (excitatory)

Neurotransmitter eksitasi bekerja dengan mendorong neuron target untuk melakukan sebuah aksi. Beberapa contoh neurotransmitter eksitasi yang terkenal adalah epinephrine dan norepinephrine.

2. Neurotransmitter inhibisi (inhibitory)

Neurotransmiter ini dapat menghambat aktivitas neuron, sehingga berkebalikan dengan cara kerja neurotransmitter eksitasi. Salah contoh neurotransmitter inhibisi adalah serotonin.Beberapa neurotransmitter dapat bekerja sebagai eksitasi maupun inhibisi. Contoh dari neurotransmitter ini yaitu dopamin dan asetilkolin.

3. Neurotransmitter modulator

Neurotransmitter modulator, atau sering disebut sebagai neuromodulator, merupakan neurotransmitter yang dapat memengaruhi neuron dalam jumlah besar pada satu waktu. Selain itu, neurotransmitter modulator juga dapat berkomunikasi dengan neurotransmitter lainnya.

Beberapa neurotransmitter yang terkenal

Sebagian neurotransmitter sudah akrab di telinga kita. Di antara yang terkenal tersebut, termasuk:

1. Asetilkolin

Asetilkolin adalah neurotransmitter yang berperan dalam kontraksi otot, merangsang aktivitas beberapa hormon, serta mengendalikan detak jantung. Selain itu, neurotransmitter ini berkontribusi dalam fungsi otak dan daya ingat. Asetilkolin merupakan salah satu contoh neurotransmitter eksitasi.Kadar asetilkolin yang rendah telah dikaitkan dengan beragam gangguan medis, seperti Alzheimer. Hanya saja, level asetilkolin yang terlalu tinggi juga menimbulkan masalah berupa kontraksi otot berlebihan.

2. Dopamin

Dikenal sebagai neurotransmitter rasa senang, dopamin memainkan peran penting untuk daya ingat, perilaku, mempelajari sesuatu, hingga koordinasi gerak tubuh. Selain itu, neurotransmitter ini juga berfungsi dalam pergerakan otot.Apabila tubuh kekurangan dopamin, risiko penyakit parkinson pun dapat terjadi. Anda dapat menjaga kadar dopamin dengan berolahraga secara teratur.

3. Endorfin

Endorfin bekerja dengan menghambat sinyal rasa sakit dan menciptakan suasana diri yang berenergi dan perasaan euforia. Selain itu, neurotransmitter ini juga dikenal sebagai pereda nyeri alami tubuh.Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar endorfin adalah dengan mencari aktivitas yang memancing tawa, serta melakukan latihan aerobik, seperti bersepeda dan jalan santai. Hal ini penting dilakukan karena kadar endorfin yang rendah berkaitan dengan beberapa jenis sakit kepala serta fibromyalgia (nyeri pada tulang dan otot).

4. Epinephrine

Neurotransmitter ini mungkin lebih dikenal sebagai adrenalin. Epinephrine memainkan fungsi sebagai neurotransmitter sekaligus hormon. Epinephrine dilepaskan tubuh saat Anda stres dan ketakutan, sehingga memengaruhi detak jantung serta laju pernapasan. Tak hanya itu, epinephrine memengaruhi otak untuk segera membuat keputusan.

5. Serotonin

Serotonin berperan dalam mengatur suasana hati seseorang. Selain itu, serotonin juga mengatur pembekuan darah, nafsu makan, aktivitas tidur, serta ritme sirkadian.Serotonin erat kaitannya dengan antidepresan untuk penanganan depresi. Salah satu golongan antidepresan, selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs), dapat meredakan gejala depresi dengan meningkatkan kadar serotonin di otak.Bisakah kadar neurotransmitter serotonin ditingkatkan secara alami? Menurut penelitian ilmiah, jawabannya bisa. Beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan kadar neurotransmitter ini, yaitu:

  • Terpapar cahaya, terutama cahaya matahari. Anda bisa mendapatkan paparan sinar mentari dengan berjemur selama 20-30 menit saat pagi hari.
  • Beraktivitas fisik.

6. Oksitosin

Oksitosin dihasilkan dalam hipotalamus pada otak dan menjalankan fungsi neurotransmitter maupun hormon sekaligus. Oksitosin memainkan sejumlah peranan penting, seperti dalam mengenali lingkungan sosial, menjalin ikatan batin, serta reproduksi seksual.Oksitosin juga telah dipromosikan dalam penanganan berbagai kondisi psikologis, seperti depresi pasca melahirkan fobia sosial, dan autisme.

0

Roboguru

Buatlah skema rincian langkah-langkah perambatan impuls pada sistem saraf secara fisik, kimia, dan biologi serta mengaitkannya dengan gerak otot sebagai organ efektor kerja saraf!

Pembahasan Soal:

Secara fisik: Penghantaran rangsang pada serabut saraf disebabkan oleh adanya perbedaan potensial listrik di dalam membran akson. Impuls (1) – polarisasi (2) – depolarisasi (3) – repolarisasi (4) – polarisasi (5).space 
Secara kimia: Penghantaran rangsang dengan adanya perbedaan potensial. Listrik disebabkan karena permeabilitas ion Na + meningkat, sehingga muatan sitoplasma berubah menjadi positif. Penghantaran rangsang di daerah sinapsis juga disebabkan oleh neurotransmiter yaitu asetilkolin.
Secara biologi: Rangsangan (1) - Reseptor (2) – saraf sensorik (3) – sistem saraf pusat (4) – saraf motorik (5) – efektor (6).space 

Kontraksi otot dipicu oleh sinyal otak. energi dari makanan yang dikonsumsi merupakan penyebab timbulnya kontraksi otot. Kontraksi otot adalah salah satu mekanisme kerja otot. Sistem saraf memberikan potensial aksi sebagai sinyal ke dalam sel-sel otot. Asetilkolin merespon sinyal dengan menimbulkan reaksi kimia. Reaksi ini menghasilkan kalsium dalam otot dan mengaktifkan kerja dari senyawa aktin dan miosin. Kinerja ini yang kemudian menimbulkan pemendekan atau penegangan pada otot. Mekanisme kontraksi otot adalah sebagai berikut:space 

  1. Pelepasan asetilkolin neurotransmitter dipicu oleh impuls saraf yang mencapai ujung saraf motorik.space 
  2. Asetilkolin melewati celah saraf otot dan mengikat reseptor asetilkolin dari serat otot.space 
  3. Rangsangan reseptor memicu impuls di sekitar sarkolema yang berada di tubulus T dan yang menuju kantong retikulum sarkoplasma.space 
  4. Dari kantong tersebut, kalsium dihasilkan dan segera menuju ke sarkoplasma. Di dalam miofilamen tipis yang ada di sarkoplasma, kalsium mengikat molekul troponin.space 
  5. Pergeseran miofilamen tipis menimbulkan molekul tropomiosin yang mempengaruhi situs aktif aktin.space 
  6. Jembatan miofilamen memberikan energi kepada jembatan miosin. Energi ini digunakan untuk menarik miofilamen tipis. Adenosin triposfat mengulangi siklus ini terus-menerus.space 
  7. Filamen seluruh otot memendek ketika filamen melewati miofilamen yang tebal.space 

0

Roboguru

Perasaan “galau” yang sering dialami seseorang ketika mengalami stres disebabkan menurunnya neurotransmiter ....

Pembahasan Soal:

Neurotransmiter merupakan senyawa neurokimia yang bertugas menyampaikan pesan antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target. Neurotransmiter berperan sebagai signal messenger atau pengantar pesan berupa impuls. Ada berbagai macam neurotransmitter antara lain asetilkolin, noradrenalin, dopamin dan seretonin. Asetilkolin adalah zat yang memacu hubungan antar neuron yang berfungsi untuk proses penyimpanan berbagai hal yang kita ingat dan kita hafal (pembentukan memori). Noradrenalin berfungsi meredam nafsu makan seseorang dan untuk memindahkan materi-materi yang telah disimpan didalam tempat penyimpanan informasi jangka pendek ke lapisan otak untuk penyimpanan informasi jangka panjang. Dopamin adalah zat yang berfungsi untuk membuat seseorang fokus pada hal-hal tertentu atau agar seseorang memiliki konsentrasi yang tinggi. Serotonin berperan dalam mengatur suasana hati seseorang. Serotonin dapat berpengaruh terhadap terjadinya depresi jika konsentrasinya tidak seimbang di celah sinaptik.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space  

0

Roboguru

Senyawa kimia yang berfungsi untuk menanggapi impuls elektrik dan dapat mentransmisikan ke neuron berikutnya disebut neurotransmiter, Jenis neurotransmitter yang terdapat di seluruh tubuh adalah ....

Pembahasan Soal:

Asetilkolin merupakan neurotransmitter yang terdapat di seluruh sel sayaraf tubuh. Asetilkolin tersusun dari zat kimia ester  dan kolin. Bagian tubuh yang menggunakan atau memanfaatkan oleh asetilkolin disebut sebagai kolinergik. Noradrenalin dan adrenalin banyak ditemukan di kelenjar adrenal. Serotonin banyak ditemukan di otak, darah, usus, dan jaringan ikat tubuh. Dopamin banyak ditemukan di otak

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B. asetikolin

0

Roboguru

Nama zat yang disekresikan oleh sistem saraf adalah ....

Pembahasan Soal:

Sel saraf (neuron) tidak berhubungan langsung satu sama lain, terdapat celah di antaranya yang disebut celah sinaps. Agar dapat berkomunikasi satu sama lain, neuron terhubung melalui bahan kimia khusus yang disebut neurotransmiter.

Neurotransmiter adalah pembawa pesan kimiawi yang mengkoordinasikan transmisi sinyal dari satu sel saraf (neuron prasinaps) ke sel saraf berikutnya (neuron pascasinaps). Ada berbagai macam neurotransmiter, antara lain asetilkolin, noradrenalin dan serotonin. Neurotransmiter disimpan di dalam vesikel sinaps pada sel saraf, sebelum disekresikan bertepatan dengan potensial aksi.

Dengan demikian, nama zat yang disekresikan oleh sistem saraf adalah neurotransmiter.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved