Roboguru

Apakah tuntutan utama dari aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa setelah munculnya G30S/PKI.....

Pertanyaan

Apakah tuntutan utama dari aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa setelah munculnya G30S/PKI.....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Unjuk rasa pada 10-13 Januari 1966 di Jakarta terjadi karena polemik pelik tak lama setelah tragedi Gerakan 30 September (G30S) 1965. Pemerintah Orde Lama yang dipimpin Presiden Sukarno dianggap gagal. Protes pun mengalir lewat gerakan mahasiswa yang tercatat dalam sejarah sebagai Tiga Tuntutan Rakyat atau Tritura. Tiga Tuntutan Rakyat tersebut mewakili masalah dan sebagai pernyataan sikap tegas atas kinerja pemerintah kala itu. Keadaan politik dan keamanan negara menjadi kacau, serta keadaan perekonomian makin memburuk dimana inflasi mencaapai 600%. Ketika gelombang demonstrasi mulai menuntut pembubaran PKI dan kenaikan harga BBM yang semakin tinggi. 

Dengan demikian, tuntutan utama dari aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa setelah munculnya G30S/PKI yakni (1) Bubarkan Partai Komunis Indonesia atau PKI; (2) Rombak Kabinet Dwikora; dan (3) Turunkan Harga Sembako. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mahasiswa yang gugur dalam aksi demonstrasi terhadap kepemimpinan Soekarno bernama….

Pembahasan Soal:

Menjelang lahirnya pemerintah Orde Baru, terjadi demonstrasi besar yang dilakukan berbagai elemen masyarakat untuk menuntut penyelesaian berbagai masalah yang terjadi pada masa kepemimpinan Soekarno (Demokrasi Terpimpin). Aksi tersebut dikenal dengan sebutan Tritura. Gelombang unjuk rasa yang terus menjalar mengakibatkan bentrokan antara pasukan Cakrabirawa dan massa aksi pada 24 Februari 1966. Bentrokan tersebut mengakibatkan insiden berdarah yang menimbulkan jatuh korban salah satu mahasiswa Universitas Indonesia, yaitu Arief Rahman Hakim.

Dengan demikian mahasiswa yang gugur dalam aksi demonstrasi terhadap kepemimpinan Soekarno adalah Arief Rahman Hakim.

0

Roboguru

Sebutkan kesatuan-kesatuan yang muncul untuk menentang Gerakan 30 September PKI!

Pembahasan Soal:

Gerakan 30 September merupakan tragedi berdarah yang terjadi pada 30 September 1965 (G30S) yang menewaskan beberapa pemimpin tertinggi Angkatan Darat (AD) sejumlah 7 orang perwira yang kemudian dianugrahi sebagai pahlawan revolusi. Namun, pemerintah saat itu dirasa kurang tegas menindak dari PKI, maka pada 10-13 Januari 1966 terjadii gelombang demonstrasi di Jakarta terutama berasal dari kesatuan-kesatuan aksi dari mahasiswa dan pemuda.

Gerakan mahasiswa angkatan '66 merupakan angkatan yang melakukan aksi dimana menuntut pemerintah orde lama yang dipimpin oleh Presiden Soekarno dapat mengatasi polemik setelah G30S. Adapun tuntutan tersebut tertuang dalam Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) yaitu bubarkan PKI, bersihkan kabinet Dwikora dari unsur-unsur PKI, dan turunkan harga. Gerakan tersebut dipelopori kesatuan aksi seperti KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia), KAPPI (Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia), KAPI (Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia), dan KAWI (Kesatuan Aksi Wanita Indonesia).   

Dengan demikian kesatuan-kesatuan yang muncul untuk menentang G30S, di antaranya KAMI, KAPPI, KAPI, dan KAWI. 

0

Roboguru

Pada awal abad ke-20, perjuangan para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia berfokus pada perjuangan intelektual dibandingkan perjuangan secara fisik kedaerahan. Perjuangan intelektual dia...

Pembahasan Soal:

Perubahan arah perjuangan para pemuda Indonesia di awal abad ke-20 dengan berjuang secara intelektual memberikan pengaruh yang sangat besar. Hal ini karena para pemuda mulai sadar mengenai berbagai ideologi dan semangat persatuan serta nasionalisme dalam melawan penjajahan. Semangat persatuan tersebut akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 serta Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.undefined  

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.undefined  

0

Roboguru

Peristiwa Malari (Malapetaka Lima Belas Januari) yang digerakkan oleh mahasiswa dipicu oleh ….

Pembahasan Soal:

Peristiwa Malapetaka Lima Belas Januari (Malari) yang terjadi pada tahun 1974 dan dimotori oleh mahasiswa dipicu oleh penolakan mahasiswa terhadap kebijakan ekonomi Soeharto yang dianggap pro terhadap modal asing. Pada saat itu aksi demonstrasi berujung kerusuhan. Berbagai proyek pertokoan dan kendaraan menjadi sasaran massa untuk dibakar dan dijarah.undefined  

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Salah satu peran Mohammad Yamin pada masa Pergerakan Nasional adalah ....

Pembahasan Soal:

Mohammad Yamin memiliki peran penting selama masa Pergerakan Nasional. Yamin merupakan satu pemuda yang hadir mengikuti Kongres Pemuda pada 27 sampai 28 Oktober 1928. Beliau ikut berembuk bersama utusan dari Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Ambon, Pemuda Kaum Betawi, dan lainnya. Yamin yang ketika itu bertugas sebagai sekretaris kongres, ikut serta menyusun rumusan ikrar pemuda yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Ikrar yang dirumuskan dalam Kongres Pemuda tersebut menjadi sumpah dan komitmen para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved