Roboguru

Apakah tujuan dari organisasi Putera?

Pertanyaan

Apakah tujuan dari organisasi Putera?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Jepang datang ke Indonesia semata-mata ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat Komando dalam perang Asia Pasifik. Jepang berusaha menarik simpati masyarakat dengan berbagai cara. Jepang mendirikan gerakan 3 A pada 29 Maret 1942. Gerakan 3 A berisikan Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, dan Jepang Pemimpin Asia. Jepang berharap dengan gerakan ini bangsa Indonesia mulai dapat bersimpati dalam perang pasifk. Namun gerakan ini tidak menarik simpati. Jepang pun mendirikan Pusat Tenaga Rakyat yang dipimpin oleh Ir.Soekarno, Moh Hatta, KH Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara pada 16 April 1943. Dengan Putera ini jepang dapat melatih warga Indonesia dalam militer guna menghadapi perang Asia Pasifik. Mereka menganggap jika melakukan konspirasi menggunakan tokoh nasional Indonesia maka rakyat Indonesia akan bersimpati terhadap Jepang.

Dengan demikian tujuan didirikan organisasi PUTERA oleh jepang semata-mata untuk mendapatkan pasukan sukarela yang banyak dari warga Indonesia dalam menghadapi Perang Asia Pasifik. Putera merupakan sebuah wadah interaksi menarik simpati antara masyarakat indonesia dengan Pemerintah Jepang, dimana interaksi ini akan dijembatani oleh tokoh-tokoh nasional Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kegiatan dilakukan organisasi PUTERA...

Pembahasan Soal:

Organisasi ini terdiri atas kalangan nasionalis yang dirangkul Jepang untuk mmeperopagandakan politik Hakko I Chiu kepada rakyat Indonesia. Mereka yang dirangkul adalah Empat Serangkai, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara dan K. H. Mas Mansur.
Karena diberi kesempatan berbicara di hadapan umum, mereka mempunyai peluang mengumpulkan massa yang lebih besar dari zaman penjajahan Belanda dahulu. Dalam rapat raksasa dan siaran radio, pembicaraan mereka terarah pada upaya menyiapkan rakyat menyambut kemerdekaan. Mereka tidak mempropagandakan poitik Jepang, tetapi melakukan kaderisasi nasional rakyat Indonesia. Namun, lambat laun pemerintah pendudukan Jepang menyadari bahwa Putera lebih banyak bermanfaat bagi bangsa Indonesia daripada untuk Jepang sendiri. Sehingga Jepang menganggap bahwa Putera kurang menunjukkan dukungan terhadap kebijakan politik Jepang. Oleh karena itu, pada tahun 1944, Putera dibubarkan dan diganti oleh Jawa Hokokai.

Dengan demikian, kegiatan yang dilakukan oleh organisasi Putera ini ternyata lebih banyak memberikan spirit dalam rangka persiapan kemerdekaan Indonesia, daripada memberikan propaganda Jepang tentang politik Hakko I Chiu.

0

Roboguru

Organisasi putera adalah...

Pembahasan Soal:

Putera merupakan singkatan dari “Pusat Tenaga Rakyat”, dan dipimpin oleh Sukarno, Muhammad Hatta, Ki Hajar Dewantara dan K.H. Mas Mansur, dikenal dengan sebutan Empat Serangkai. Putera dibentuk pada tanggal 16 April 1943, hingga kemudian digantikan organisasi serupa yang bernama Jawa Hokkokai pada tanggal 1 Maret 1944. Putera merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintahan penjajah Jepang untuk menggalang dukungan bagi Jepang. Saat itu Jepang sedang berperang dalam Perang Dunia II melawan Sekutu (Amerika Serikat, Inggris, dan Australia). Pada perang ini, Jepang mulai terdesak, dan memerlukan banyak tenaga serta sumber daya alam untuk melawan Sekutu.  Dalam propaganda, Jepang menggunakan semboyan “Hakko Icchiu” yang berarti “Delapan Penjuru Dunia di bawah Satu Kaisar”, yang memberi dalih bagi Jepang untuk menduduki negara-negara di Asia, termasuk Indonesia. Putera menggalang rekrutmen tenaga kerja dengan dalih untuk membantu perang mempertahankan Indonesia dari serangan Sekutu.

Dengan demikian, Putera adalah organisasi yang dibuat Jepang tanggal 16 April 1943 untuk menggalang dukungan bangsa Indonesia, misalnya merekrut tenaga kerja Romusha. Hal tersebut sebagai upaya propaganda yang menggambarkan bahwa Jepang  akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia, sehingga harus didukung dalam Perang Dunia II.

0

Roboguru

Pada masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, para tokoh pergerakan nasional bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal ini terbukti dengan dibentuknya organisasi Pusat Tenaga Rakyat (Putera) oleh Jepa...

Pembahasan Soal:

Awal datangnya Jepang ke Indonesia bagaikan pahlawan yang akan membantu Indonesia keluar dari penjajahan yang dilakukan Belanda. Jepang menggencarkan semboyan 3A nya di Indonesia agar menarik simpati rakyat Indonesia. Dimana semboyan “Tiga A” tersebut ialah (Jepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Cahaya Asia).  Jepang menjanjikan kemudahan bagi bangsa Indonesia seperti melakukan ibadah dan mengibarkan bendera merah putih. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh Jepang hanyalah janji manis saja. Sebagai penjajah, Jepang justru lebih kejam dalam menjajah bangsa Indonesia. Jepang melakukan beberapa kebijakan terhadap negara jajahan Indonesia.

Putera merupakan salah satu dari kebijakan jepang selama di Indonesia. Ada beberapa kebijakan lain yang dilakukan Jepang sepert membentuk organisasi semi-militer seperti Seinendan, Fujinkai, Keibodan, dan Keibodan. Kemudian membentuk organisasi sosial seperti Gerakan 3A, Jawa Hokokai, dan Masyumi.

Putera dibentuk pada tanggal 16 April 1943. Putera sendiri merupakan kepanjangan dari Pusat Tenaga Rakyat. Pusat Tenaga Rakyat sendiri merupakan organisasi pengganti dari Gerakan 3A. Putera ini dipimpin oleh tokoh-tokoh nasional yang disebut Empat Seringkai seperti Soekarno, Muh. Hatta, K.H. Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara. putera ini pun dibubarkan karena Para pemimpin Putera memanfaatkan organisasi ini sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan rakyat agar bisa menanamkan semangat nasionalisme untuk mewujudkan indonesia merdeka. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Apa tujuan Jepang membentuk PUTERA dan apa manfaatnya bagi bangsa Indonesia?

Pembahasan Soal:

Putera secara resmi berdiri pada 16 April 1943 sebagai organisasi sosial kemasyarakatan bentukan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia. Putera dibentuk dengan melibatkan tokoh-tokoh berpengaruh seperti Ir. Sukarno, Mohammad Hatta, K.H. Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara atau Empat Serangkai. Dalam menjalankan fungsinya, Putera bertugas untuk menghimpun kembali kekuatan rakyat yang sebelumnya telah dihancurkan oleh Belanda. Namun, penghimpunan kekuatan ini bukan tanpa maksud. Jepang tetap mengedepankan prinsip bahwa pembentukan Putera mesti memberikan dampak lebih bagi Dai Nippon di Perang Dunia II. Akan tetapi, Putera justru dimanfaatkan tokoh Empat Serangkai untuk menyebarkan paham nasionalisme kepada kaum pemuda Indonesia. Melihat perkembangan Putera yang memberikan banyak dampak terhadap semangat kebangsaan pemuda Indonesia, maka Jepang membubarkan organisasi pada 1944.

Dengan demikian, tujuan Jepang membentuk Putera adalah untuk menghimpun kembali kekuatan rakyat yang telah dihancurkan Belanda sebelumnya agar rakyat Indonesia dapat membantu Jepang di perang Asia Pasifik atau Perang Dunia II. Akan tetapi pada perkembangannya, Putera dijadikan sebagai wadah untuk menyebarkan paham nasionalisme kepada kaum pemuda Indonesia.

0

Roboguru

Para pemimpin organisasi PUTERA dikenal dengansebutan ….

Pembahasan Soal:

Jepang mendirikan organisasi sosial kemasyarakatan di Indonesia, seperti gerakan 3A, PUTERA, MIAI, dan Jawa Hokokai. Setelah dibubarkannya Gerakan 3A, Jepang berusaha menggerakkan seluruh rakyat melalui tokoh-tokoh nasionalis. Maka dibentuklah panitia persiapan yang terdiri dari Soekarno, M. Hatta, K.H. Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara. Gerakan ini bernama Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA) yang dibentuk pada tanggal 16 April 1943. Mereka kemudian disebut sebagai empat serangkai.space 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved