Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!


Pengaruh Air bagi Kehidupan Manusia


    Air adalah salah satu dari sekian banyak sumber daya alam yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan makhluk hidup. Air membantu aktivitas kehidupan bagi makhluk hidup terutama manusia. Manusia dapat bertahan hidup berminggu-minggu dengan hanya mengonsumsi minuman. Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan air tetapi dari unsur tumbuhan, hewan, maupun tanah sangat membutuhkan air dalam kehidupannya.
    Seperti halnya manusia, hewan pun memerlukan air untuk meneruskan hidupnya dan untuk melakukan aktivitasnya, tanah pun seperti itu, memerlukan air untuk membantu proses penyuburannya dan menjaga kelestariannya. Sekalipun air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tetapi kualitas air dipengaruhi oleh bagaimana manusia menjaga dan melestarikannya.space 

Apakah topik bacaan teks di atas?space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

topik atau pokok pembicaraan dalam teks eksposisi di atas adalah pengaruh air bagi kehidupan.space 

Pembahasan

Teks tersebut merupakan kutipan dari teks eksposisi. Teks eksposisi merupakan teks yang berisi informasi berupa gagasan pendapat dan fakta. Tujuan teks eksposisi adalah memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca mengenai suatu hal.

Pengertian topik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pokok pembicaraan dalam diskusi, ceramah, karangan, dan sebagainya.

Topik atau pokok pembicaraan dalam teks eksposisi di atas adalah pengaruh air bagi kehidupan, karena teks tersebut membahas atau membicarakan air sejak judul sampai akhir paragraf, berdasarkan judul dan kutipan berikut:

Judul: Pengaruh Air bagi Kehidupan Manusia

Kutipan:

Air membantu aktivitas kehidupan bagi makhluk hidup terutama manusia.

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan air tetapi dari unsur tumbuhan, hewan, maupun tanah sangat membutuhkan air dalam kehidupannya.

Seperti halnya manusia, hewan pun memerlukan air untuk meneruskan hidupnya dan untuk melakukan aktivitasnya, tanah pun seperti itu, memerlukan air untuk membantu proses penyuburannya dan menjaga kelestariannya.

Dengan demikian, topik atau pokok pembicaraan dalam teks eksposisi di atas adalah pengaruh air bagi kehidupan.space 

208

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....

395

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia