Iklan

Iklan

Pertanyaan

Baca teks laporan hasil observasi di bawah ini!
 


Lubang Resapan Biopori

    Lubang resapan biopori adalah lubang yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah. Biopori merupakan metode resapan air untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh DR. Kamir Raziudin Brata, peneliti dari Fakultas Pertanian lnstitut Pertanian Bogor (IPB).

    Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang dimasukkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi hewan yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. ltulah yang membuat teknologi sederhana ini dinamakan biopori.

    Dinding lubang biopori akan membentuk lubang-lubang kecil (pori-pori) yang mampu menyerap air. Dengan lubang berdiameter 10 cm dan kedalaman 100 cm akan didapatkan bidang penyerapan sebesar 3.220,13 cm2. Tanpa biopori, area tanah berdiameter 10 cm hanya memiliki luas bidang penyerapan 78 cm persegi.

    Kamir R. Brata telah meneliti biopori sejak ia mengikuti perkuliahan S-2 bidang studi Soil Physics di University of Western Australia mulai tahun 1992. Semula istilah yang dipakai untuk biopori adalah mulsa vertikal. Pada awalnya mulsa vertikal digunakan untuk penyehatan pohon dan tumbuhan lain. Kini metode itu bertambah manfaatnya juga untuk penyerapan air, kesehatan tanah, dan penanganan limbah organik.

    Penelitian tersebut mulai dikenal luas ketika terjadi peristiwa banjir di Jakarta pada tahun 2007. IPB sebagai lembaga pendidikan kemudian menawarkan teknologi itu. Atas saran pihak media massa, mulsa vertikal diubah namanya menjadi biopori supaya mudah diingat. Hal itu disetujui oleh Kamir R. Brata sebagai penemunya.

    Biopori dapat dibuat di sekitar rumah. Kawasan hijau di halaman rumah dapat dilengkapi dengan biopori, bahkan di tempat yang tanahnya tertutup semen. Penerapan 3R (reduce, reuse, dan recycle) di lingkungan rumah dapat dilakukan dengan biopori.

    Biopori memiliki segudang manfaat, yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah. Selain itu, biopori juga bermanfaat sebagai pelengkap taman di berbagai rumah.

    Biopori mampu meningkatkan daya penyerapan tanah terhadap air sehingga risiko terjadinya penggenangan air semakin kecil. Air yang tersimpan ini dapat menjaga kelembaban tanah di musim kemarau.

    Biopori juga dapat mengubah sampah organik menjadi kompos. Sampah organik yang digunakan bisa berasal dari kebun atau taman. Hal ini dapat mengurangi aktivitas pembakaran sampah. Setelah proses pengomposan selesai, komposnya dapat diambil untuk disebarkan ke tanaman. Kemudian biopori dapat diisi dengan sampah organik lainnya. Biopori juga dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah sehingga meningkatkan kesehatan tanah dan tumbuhan sekitar.

    Biopori telah dibuat di berbagai tempat yang rawan banjir, maupun di daerah yang tidak memiliki risiko banjir. Keberadaannya bermanfaat untuk menjaga kandungan air tanah dan kelestarian mata air. Biopori menjadi alternatif penyerapan air hujan di kawasan yang memiliki lahan terbuka sempit.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Biopori dengan pengubahanspace 

Apakah teks tersebut menggunakan istilah-istilah khusus yang sesuai dengan konteks?

Apakah teks tersebut menggunakan istilah-istilah khusus yang sesuai dengan konteks?space 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teks tersebuttelah menggunakan istilah-istilah khusus yang sesuai dengan konteks yaitu biopori,mulsa vertikal,limbah organik,kompos, danmikroorganisme .

teks tersebut telah menggunakan istilah-istilah khusus yang sesuai dengan konteks yaitu biopori, mulsa vertikal, limbah organik, kompos, dan mikroorganisme.space 

Iklan

Pembahasan

Istilah-istilah khusus dalam teks laporan hasil observasi merupakan istilah-istilah teknisyang berkaitan pada bidang objek yang dilaporkan. Teks laporan hasil observasi berjudul Lubang Resapan Biopori menggunakan beberapa istilah-istilah khusus yaitu biopori,mulsa vertikal,limbah organik,kompos, danmikroorganisme. Masing-masing istilah tersebut terdapat pada kutipan: Biopori merupakan metode resapan air untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Semula istilah yang dipakai untuk biopori adalah mulsa vertikal. Kini metode itu bertambah manfaatnya juga untuk penyerapan air, kesehatan tanah, dan penanganan limbah organik. Biopori juga dapat mengubah sampah organik menjadi kompos. Biopori juga dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah sehingga meningkatkan kesehatan tanah dan tumbuhan sekitar. Dengan demikian, teks tersebuttelah menggunakan istilah-istilah khusus yang sesuai dengan konteks yaitu biopori,mulsa vertikal,limbah organik,kompos, danmikroorganisme .

Istilah-istilah khusus dalam teks laporan hasil observasi merupakan istilah-istilah teknis yang berkaitan pada bidang objek yang dilaporkan. 

Teks laporan hasil observasi berjudul Lubang Resapan Biopori menggunakan beberapa istilah-istilah khusus yaitu biopori, mulsa vertikal, limbah organik, kompos, dan mikroorganisme.

Masing-masing istilah tersebut terdapat pada kutipan:

Biopori merupakan metode resapan air untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Semula istilah yang dipakai untuk biopori adalah mulsa vertikal.

Kini metode itu bertambah manfaatnya juga untuk penyerapan air, kesehatan tanah, dan penanganan limbah organik.

Biopori juga dapat mengubah sampah organik menjadi kompos.

Biopori juga dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah sehingga meningkatkan kesehatan tanah dan tumbuhan sekitar.

Dengan demikian, teks tersebut telah menggunakan istilah-istilah khusus yang sesuai dengan konteks yaitu biopori, mulsa vertikal, limbah organik, kompos, dan mikroorganisme.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Mengidentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi

Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Menganalisis Teks Laporan Hasil Observasi

354

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Makna kata etnobotani pada teks tersebut adalah ...

22

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia