Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah tanam paksa itu?

Apakah tanam paksa itu?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tanam paksa adalah kebijakan yang dikeluarkan Belanda di Nusantara terkait denganrakyat pribumi dipaksa untuk menanam tanaman-tanaman ekspor yang menguntungkan Belanda.

  tanam paksa adalah kebijakan yang dikeluarkan Belanda di Nusantara terkait dengan rakyat pribumi dipaksa untuk menanam tanaman-tanaman ekspor yang menguntungkan Belanda.

Iklan

Pembahasan

Kebijakan tanam paksa ataucultuurstelselmerupakan kebijakan yang dicetuskan oleh Gubernur Jenderal van den Bosch pada masa penjajahan Belanda di Nusantara. Kebijakan ini berlangsung pada tahun 1830 sampai dengan 1870. Inti dari kebijakan tanam paksa adalahrakyat pribumi dipaksa untuk menanam tanaman-tanaman ekspor yang menguntungkan bagi Belanda. Beberapa tanaman tersebut seperti kopi, indigo, tebu, teh, tembakau, dan lain-lain. Jadi, tanam paksa adalah kebijakan yang dikeluarkan Belanda di Nusantara terkait denganrakyat pribumi dipaksa untuk menanam tanaman-tanaman ekspor yang menguntungkan Belanda.

Kebijakan tanam paksa atau cultuurstelsel merupakan kebijakan yang dicetuskan oleh Gubernur Jenderal van den Bosch pada masa penjajahan Belanda di Nusantara. Kebijakan ini berlangsung pada tahun 1830 sampai dengan 1870. Inti dari kebijakan tanam paksa adalah rakyat pribumi dipaksa untuk menanam tanaman-tanaman ekspor yang menguntungkan bagi Belanda. Beberapa tanaman tersebut seperti kopi, indigo, tebu, teh, tembakau, dan lain-lain.

Jadi,  tanam paksa adalah kebijakan yang dikeluarkan Belanda di Nusantara terkait dengan rakyat pribumi dipaksa untuk menanam tanaman-tanaman ekspor yang menguntungkan Belanda.

663

ERLISTA NAVARETE PUTRI SUMITHA

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Dhita Azzahra

Ini yang aku cari!

'Aqila.N

Pembahasan lengkap banget, Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tujuan diangkatnya van den Bosch sebagai gubernur jenderal adalah ….

539

3.4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia