Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati kutipan teks berikut!


Jika Anda terjebak dalam pekerjaan yang tidak disenangi, hal pertama yang Anda pikirkan adalah biasanya mencari pekerjaan baru. Saking tidak tertahankan, biasanya orang akan segera mengundurkan diri meskipun belum mendapat pekerjaan baru. Kecuali, kalau Anda memang mempunyai penghasilan pasif. Akan tetapi, bukan berarti harus bertahan dalam pekerjaan yang menyebalkan. Hal ini sama saja dengan memperpanjang penderitaan. 

Apakah simpulan kutipan teks tersebut?

Apakah simpulan kutipan teks tersebut?space 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kesimpulan dari teks di atas adalah jangan ragu untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan yang membuat tidak nyaman.

kesimpulan dari teks di atas adalah jangan ragu untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan yang membuat tidak nyaman. space 

Iklan

Pembahasan

Kesimpulan paragraf adalah kesimpulan yang diambil dari sebuah paragraf atau merupakan inti dari paragraf itu. Untuk menarik kesimpulan paragraf, kita harus membaca dengan teliti paragrafnya dan memahami ide pokoknya terlebih dahulu. Hal ini karena kesimpulan merupakan jawaban dari gagasan utama paragraf. Langkah-langkah untuk menyusun kesimpulan paragraf adalah: Identifikasi hal-hal penting dalam sebuah paragraf. Buat opini yang meliputi keseluruhan hal penting tersebut. Identifikasi ciri khusus kalimat dalam paragraf yang merujuk pada kesimpulan, seperti kata oleh karena itu, jadi, dengan demikian, maka dari itu, dan sebagainya. Identifikasi sebab-akibat atau akibat-sebab dalam sebuah paragraf. Kesimpulan paragraf merupakan jawaban dari ide pokok. Kesimpulan pada teks dapat berupa tersurat dan tersirat. Tersurat berartisudah tertulis secara langsung dalam informasi atau teks. Tersirat berartitidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mencari tahunya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut. Kesimpulan teks di atas merupakan kesimpulan tersirat. Kesimpulan teks di atas adalah J angan ragu untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan yang membuat tidak nyaman. Dengan demikian, kesimpulan dari teks di atas adalah jangan ragu untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan yang membuat tidak nyaman.

Kesimpulan paragraf adalah kesimpulan yang diambil dari sebuah paragraf atau merupakan inti dari paragraf itu. Untuk menarik kesimpulan paragraf, kita harus membaca dengan teliti paragrafnya dan memahami ide pokoknya terlebih dahulu. Hal ini karena kesimpulan merupakan jawaban dari gagasan utama paragraf.

Langkah-langkah untuk menyusun kesimpulan paragraf adalah:

  1. Identifikasi hal-hal penting dalam sebuah paragraf.
  2. Buat opini yang meliputi keseluruhan hal penting tersebut.
  3. Identifikasi ciri khusus kalimat dalam paragraf yang merujuk pada kesimpulan, seperti kata oleh karena itu, jadi, dengan demikian, maka dari itu, dan sebagainya.
  4. Identifikasi sebab-akibat atau akibat-sebab dalam sebuah paragraf.
  5. Kesimpulan paragraf merupakan jawaban dari ide pokok.

Kesimpulan pada teks dapat berupa tersurat dan tersirat. Tersurat berarti sudah tertulis secara langsung dalam informasi atau teks. Tersirat berarti tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mencari tahunya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Kesimpulan teks di atas merupakan kesimpulan tersirat. Kesimpulan teks di atas adalah Jangan ragu untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan yang membuat tidak nyaman. 

Dengan demikian, kesimpulan dari teks di atas adalah jangan ragu untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan yang membuat tidak nyaman. space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Artikel

Kebahasaan Teks Artikel

Menganalisis Teks Artikel

Menyusun Teks Artikel

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Jhonxena Pransisco Tinambunan

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagian pernyataan ulang dalam teks artikel opini berisi kalimat kunci untuk ....

47

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia