Roboguru

Apakah perbedaan antara ikatan alifatik dan ikatan siklik pada senyawa hidrokarbon? Jelaskan disertai contoh strukturnya!

Pertanyaan

Apakah perbedaan antara ikatan alifatik dan ikatan siklik pada senyawa hidrokarbon? Jelaskan disertai contoh strukturnya!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Hidrokarbon alifatik merupakan senyawa hidrokarbon dengan rantai terbuka. Sedangkan, hidrokarbon siklik adalah hidrokarbon dengan rantai tertutup. Berikut adalah contoh hidrokarbon alifatik:

 atau 

Sedangkan, contoh hidrokarbon siklik:

 atau 

Oleh karena itu, perbedaan rantai karbon alifatik adalah rantai karbon terbuka sedangkan siklik adalah rantai karbon tertutup.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa struktur senyawa hidrokarbon di bawah ini!       Berdasarkan bentuk rantai karbonnya, apa saja perbedaan pada struktur senyawa tersebut?

Pembahasan Soal:

Berdasarkan bentuk rantainya, hidrokarbon dibedakan menjadi hidrokarbon rantai terbuka (alifatik), rantai tertutup (siklik), dan hidrokarbon aromatis. Berikut analisis masing-masing struktur senyawa.

Senyawa 1:

Senyawa 1 hanya tersusun dari ikatan kovalen tunggal (ikatan jenuh) sehingga termasuk dalam alkana. Bentuk rantainya terbuka atau alifatik.

Senyawa 2:

Senyawa 2 terdapat 1 ikatan kovalen rangkap dua (ikatan tidak jenuh) sehingga termasuk dalam alkena. Bentuk rantainya terbuka atau alifatik.

Senyawa 3:

Senyawa 3 hanya tersusun dari ikatan kovalen tunggal (ikatan jenuh) sehingga termasuk dalam alkana. Bentuk rantainya tertutup atau siklik.

Senyawa 4:

Senyawa 4 terdapat 3 ikatan kovalen rangkap dua (ikatan tidak jenuh) yang selang-seling sehingga termasuk dalam alkena terkonjugasi. Bentuk rantainya tertutup atau siklik.

Jadi, senyawa 1 merupakan alifatik jenuh; senyawa 2 merupakan alifatik tidak jenuh; senyawa 3 merupakan siklik jenuh; dan senyawa 4 merupakan siklik tidak jenuh terkonjugasi.

0

Roboguru

Atom karbon dapat membentuk rantai karbon terbuka maupun rantai karbon tertutup, gambarkan masing - masing 1 buah contoh senyawa karbon rantai terbuka dan rantai tertutup.

Pembahasan Soal:

Senyawa Karbon berdasarkan bentuk rantainya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

  • Rantai terbuka (alifatis), yaitu rantai yang antar ujung-ujung atom karbonnya tidak saling berhubungan. Rantai jenis ini ada yang bercabang dan ada yang tidak bercabang.blank subscript blank

  • Rantai tertutup (siklis), yaitu rantai yang terdapat pertemuan antara ujung–ujung rantai karbonnya. Terdapat dua macam rantai siklis, yaitu rantai siklis dan aromatis.blank subscript blank

Jadi, contoh dari hidrokarbon rantai terbuka dan tertutup berturut-turut adalah sebagai berikut.

dan

0

Roboguru

Berdasarkan bentuk rantai dan jenis ikatannya, tentukan penggolongan hidrokarbon berikut:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan jenis ikatannya, hidrokarbon dibedakan menjadi:

  1. Hidrokarbon jenuh, yaitu hidrokarbon yang antaratom karbonnya berikatan tunggal (contoh: alkana).
  2. Hidrokarbon tak jenuh, yaitu hidrokarbon yang antar atom karbonnya berikatan rangkap dua atau rangkap tiga (contoh: alkena dan alkuna).

Dengan demikian, karena terdapat jenis ikatana tak jenuh dan ikatan jenuh pada struktur tersebut, maka disebut hidrokarbon tak jenuh terkonjugasi.

Berdasarkan bentuk rantai karbonnya, hidrokarbon dibedakan menjadi:

  1. Alifatik, yaitu hidrokarbon dengan rantai terbuka.
  2. Siklik, yaitu hidrokarbon dengan rantai tertutup (struktur cincin).
  3. Aromatik, yaitu hidrokarbon dengan enam atau lebih atom karbon dengan struktur cincin dan mengandung ikatan jenuh yang berselang seling dengan ikatan tak jenuh (terkonjugasi).

Struktur tersebut termasuk hidrokarbon dengan rantai tertutup (struktur cincin) dengan 10 atom C yang mengandung ikatan rangkap (tak jenuh) dan ikatan jenuh (tunggal) berselang seling, yang disebut dengan hidrokarbon aromatik.

Jadi, hidrokarbon tersebut merupakan hidrokarbon aromatik.

0

Roboguru

Apa perbedaan antara hidrokarbon siklik dengan aromatik? Jelaskan disertai contoh!

Pembahasan Soal:

Senyawa hidrokarbon siklik adalah hidrokarbon yang memiliki rantai tertutup atau melingkar yang dapat juga mengikat rantai samping. Contoh hidrokarbon siklik adalah sikloalkana yang memiliki rantai tertutup dengan ikatan tunggal, siklopentena yang memiliki rantai tertutup dengan ikatan salah satu rantai karbon terdapat rangkap dua.

Hidrokarbon aromatik adalah suatu senyawa yang berantai tertutup atau memiliki cincin benzena. Pada cincin benzena ini terdapat ikatan phi yang terdelokalisasi atau ikatan rangkap terkonjugasi. Contohnya adalah benzena yang memiliki rantai tertutup dengan ikatan rangkap terkonjugasi.

Maka, perbedaan antara hidrokarbon siklik dengan aromatik adalah ikatan rantai atom karbon/ susunan atom karbon dalam molekulnya

1

Roboguru

Apa perbedaan antara hidrokarbon siklik dengan aromatik? jelaskan disertai contoh!

Pembahasan Soal:

Senyawa hidrokarbon siklik adalah senyawa karbon yang rantai C nya melingkar dan lingkaran itu mungkin juga mengikat rantai samping. Golongan ini terbagi lagi menjadi senyawa alisiklik dan aromatik. Contoh hidrokarbon siklik adalah siklopentana yang memiliki rantai tertutup dengan ikatan tunggal. Struktur dari siklopentana adalah


 


Senyawa hidrokarbon aromatik adalah senyawa karbon yang terdiri dari 6 atom C yang membentuk rantai benzena. Pada cincin benzena ini terdapat ikatan phi yang terdelokalisasi atau ikatan rangkap terkonjugasi. Contohnya adalah benzena yang memiliki rantai tertutup dengan ikatan rangkap terkonjugasi. Struktur dari benzena adalah


   


Jadi, perbendaan hidrokarbon siklik dan aromatik adalah hidrokarbon siklik memiliki rantai tertutup dan ikatan tunggal, sedangkan aromatik memiliki rantai tertutup dan ikatan rangkap terkonjugasi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved