Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tari Poco-Poco

    Apakah kamu pernah mendengar nama tari Poco-Poco? Tari Poco-Poco merupakan salah satu tarian yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini terkenal pada awal tahun 2000. Disebut tari Poco-Poco karena lagu yang mengiringi tarian ini adalah lagu daerah berjudul "Poco-Poco". Pada awalnya, tari Poco-Poco dikenal di kalangan militer. Akhirnya, tarian ini berkembang luas di seluruh daerah. Tarian ini banyak disukai karena gerakannya yang energik. Tidak heran jika tarian ini sekarang juga dilakukan sebagai gerakan senam.

Gambar 3.15 Tari Poco-Poco
 

Sumber: httpa://3.bp.blogspot.oom/-tmf1 pXDMcbk!Wt3_UN7gQall AAAAAAAANtQ/UyRuctvFgMwLRZIJS13vFmtGFk3fPWJwQCLcBGAsls1BOOI poco%2Bpoco./pg

    Gerakan tari Poco-Poco tergolong sederhana dan mudah. Prinsip gerakan tari Poco-Poco adalah memutar tubuh ke empat penjuru mata angin, lalu kembali ke tempat semula. Kamu dapat mempelajarinya di rumah bersama saudara dan/atau orang tua. Sambil belajar tari, kamu juga dapat melakukannya sebagai gerakan senam. Adapun langkah-langkah dalam gerakan tari Poco-Poco adalah sebagai berikut.

  1. Gerakkan kaki dua langkah kecil ke kanan.
  2. Gerakkan kaki dua langkah kecil ke kiri sehingga kembali ke tempat semula.
  3. Gerakkan kaki mundur satu langkah ke belakang, lalu maju satu langkah sambil berputar.
  4. Lakukan gerakan-gerakan 1 sampai 3 berulang-ulang mengikuti iringan lagu "Poco-Poco".

Balenggang pata pata
Ngana pegoyang pica pica
Ngana pebody poco poco
Cuma ngana yang kita cinta
Cuma ngana yang kita sayang
Cuma ngana suka bikin pusing

Balenggang pata pata
Ngana pegoyang pica pica
Ngana pebody poco poco  
Cuma ngana yang kita cinta
Cuma ngana yang kita sayang
Cuma ngana suka bikin pusing

Ngana bilang kita na sayang
Rasa hati ini malayang jauh dija dija
Biar ngana kita pebayang
Biar na bikin layang layang
Cuma ngana yang kita sayang

Sumber: Diolah penulis dari berbagai sumberspace 

Apakah pada teks di atas terdapat bagian struktur tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, serta penutup?

Apakah pada teks di atas terdapat bagian struktur tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, serta penutup?  space 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teks di atas tidak memiliki bagian alat dan bahan serta penutup. Hanya memiliki bagian langkah-langkah yang terdiri dari empat langkah dan tujuan yang merupakan judul teks.

teks di atas tidak memiliki bagian alat dan bahan serta penutup. Hanya memiliki bagian langkah-langkah yang terdiri dari empat langkah dan tujuan yang merupakan judul teks.space 

Iklan

Pembahasan

Teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Struktur teks prosedur 1. Bagian tujuan, berisi tujuan dibuatnya teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan diperoleh (biasanya berupa judul). Contohnya: cara mengurus surat izin mengemudi 2. Bagian material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, akan tetapi tak semua teks prosedur terdapat bagian ini, biasanya bagian material hanya ada ada di resep masakan atau cara membuat sesuatu. 3. Bagian langkah-langkah, berisilangkah-langkah yang harus dilakukan demi memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Tahapan ini harus dilakukan secara runut dan tidak boleh ada tahapan yang terlewat atau tertukar. Teks di atas tidak memiliki bagian alat dan bahan serta penutup. Hanya memiliki bagian langkah-langkah yang terdiri dari empat langkah dan tujuan yang merupakan judul teks. Dengan demikian, teks di atas tidak memiliki bagian alat dan bahan serta penutup. Hanya memiliki bagian langkah-langkah yang terdiri dari empat langkah dan tujuan yang merupakan judul teks.

Teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Struktur teks prosedur

1. Bagian tujuan, berisi tujuan dibuatnya teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan diperoleh (biasanya berupa judul). Contohnya: cara mengurus surat izin mengemudi

2. Bagian material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, akan tetapi tak semua teks prosedur terdapat bagian ini, biasanya bagian material hanya ada ada di resep masakan atau cara membuat sesuatu.

3. Bagian langkah-langkah, berisi langkah-langkah yang harus dilakukan demi memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Tahapan ini harus dilakukan secara runut dan tidak boleh ada tahapan yang terlewat atau tertukar.

Teks di atas tidak memiliki bagian alat dan bahan serta penutup. Hanya memiliki bagian langkah-langkah yang terdiri dari empat langkah dan tujuan yang merupakan judul teks.

Dengan demikian, teks di atas tidak memiliki bagian alat dan bahan serta penutup. Hanya memiliki bagian langkah-langkah yang terdiri dari empat langkah dan tujuan yang merupakan judul teks.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Prosedur

Kebahasaan Teks Prosedur

Menganalisis Teks Prosedur

Menyusun Teks Prosedur

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

264

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah perbedaan yang mendasar antara teks 1 dan teks 2 dilihat dari struktur dan kebahasaan yang digunakan!

2

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia