Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti tahun 1908? Jelaskan alasannya!

Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti tahun 1908? Jelaskan alasannya!undefined

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

saat ini masih diperlukan orang-orangyang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

saat ini masih diperlukan orang-orang yang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan. 

Iklan

Pembahasan

Tahun 1908 merupakan awal kebangkitan nasional di Hindia Belanda. Hal tersebut ditandai dengan dibentuknya organisasi pergerakan nasional pertama, yakni Budi Utomo. Budi Utomo resmi dibentuk pada 20 Mei 1908 oleh sejumlah mahasiswa kedokteran STOVIA. Mahasiswa tersebut diantaranya adalah Soetomo, Gunawan Mangunkusumo, dan Wahidin Soedirohusodo. Dalam perkembangannya, Budi Utomo bergerak di bidang pendidikan, kebudayaan, dan sosial. Apabila melihat perkembangan sejarah dan gerakan dari organisasi Budi Utomo, saat ini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan. Dengan demikian, saat ini masih diperlukan orang-orangyang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Tahun 1908 merupakan awal kebangkitan nasional di Hindia Belanda. Hal tersebut ditandai dengan dibentuknya organisasi pergerakan nasional pertama, yakni Budi Utomo. Budi Utomo resmi dibentuk pada 20 Mei 1908 oleh sejumlah mahasiswa kedokteran STOVIA. Mahasiswa tersebut diantaranya adalah Soetomo, Gunawan Mangunkusumo, dan Wahidin Soedirohusodo. Dalam perkembangannya, Budi Utomo bergerak di bidang pendidikan, kebudayaan, dan sosial. Apabila melihat perkembangan sejarah dan gerakan dari organisasi Budi Utomo, saat ini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan. 

Dengan demikian, saat ini masih diperlukan orang-orang yang memiliki semangat 1908 untuk membangun kemajuan bangsa dan negara, terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Eka septiari

Pembahasan lengkap banget Makasih ❤️ Mudah dimengerti Bantu banget

Ahmadd Riyadii

Mudah dimengerti

Nadhif Ulayya

Makasih ❤️

Annisa Zahra Khumaira

Pembahasan lengkap banget

Meyshafira

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ide dasar pendirian Budi Utomo adalah memajukan bangsa dan menumbuhkan semangat melalui jalur pendidikan sehingga bangsa Indonesia mampu mengurus Negara yang merdeka dengan kekuatan sendiri. Gagasan B...

133

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia