Roboguru

Apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama, atau moderator hanya menyampaikan kesimpulan?

Pertanyaan

Apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama, atau moderator hanya menyampaikan kesimpulan?undefined 

Pembahasan Soal:

Pihak dalam teks debat terdiri dari pihak afirmasi (pro) yaitu pihak yang setuju pada topik yang diperdebatkan, dan pihak oposisi (kontra) yaitu pihak yang menentang topik yang diperdebatkan.

Pada teks "Perpanjangan Kontrak Freeport", pihak afirmasi tidak menjelaskan alasannya mendukung perpanjangan kontrak PT Freeport, sedangkan pihak oposisi menjelaskan alasannya menolak perpanjangan kontrak PT Freeport tersebut, seperti dalam kutipan berikut:

  1. PT Freeport hanya memberi 1% saja dari keuntungan pengeksploitasi emas sehingga merugikan Indonesia, karena emas yang ditambang oleh PT Freeport adalah emas milik Indonesia.
     
  2. PT Freeport membuat alam di Papua rusak karena alamnya terus-menerus dieksploitasi.

Dengan demikian, pertanyaan apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama tidak dapat terjawab karena dalam teks tersebut, hanya pihak oposisi saja yang mengemukakan pendapatnya, sedangkan pihak afirmasi tidak mengemukakan pendapat apapun. Selain itu, pertanyaan apakah moderator hanya menyampaikan kesimpulan pun tidak dapat terjawab karena teks tersebut disampaikan oleh pihak oposisi bukan moderator.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved