Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perpanjangan Kontrak Freeport


    Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam sehingga banyak dieksploitasi sendiri dan asing dengan melalui sebuah kontrak atau persetujuan, contohnya di Papua yang terkenal dengan hasil emas. Emas di Papua adalah emas yang sangat berkualitas dengan penambang besar yang bernama PT Freeport. Pemilik PT Freeport berasal dari Amerika Serikat, PT Freeport sudah menambang emas di Papua yang tentunya menggunakan kontrak. PT Freeport beroperasi sejak tahun 1967 dan juga berhasil menjadi perusahaan pertambangan kelas dunia dengan mengandalkan hasil produksi dari wilayah Indonesia. Pada tahun 2015 kontrak PT Freeport sudah berakhir dan akan melakukan perpanjangan kontrak hingga 20 tahun ke depan. Tentunya ini menuai banyak sekali penolakan.
    Perpanjangan kontrak tersebut banyak yang menolak karena pertama, PT Freeport hanya memberi 1% saja dari keuntungan pengeksploitasi emas. Hal itu tentu sangat merugikan Indonesia karena emas yang ditambang oleh PT Freeport adalah emas milik Indonesia. Selain itu, SDA yang seharusnya dapat digunakan untuk memperbaiki perekonomian Indonesia malah dimanfaatkan oleh negara lain yang keadaan ekonominya jauh lebih baik dari Indonesia. Bukan hanya itu saja, adanya PT Freeport membuat Indonesia terlihat seperti negara yang tidak bisa memanfaatkan kekayaan alam sendiri. Hal itu tentu mencoreng nama baik Indonesia yang masyarakatnya berkualitas dan pandai. Adanya PT Freeport di Indonesia juga membuat kesejahteraan masyarakat Papua menurun.
    Kedua, adanya PT Freeport membuat alam di Papua rusak karena alamnya terus-menerus dieksploitasi. Selain itu, limbah dari penambangan tersebut juga merugikan masyarakat sekitar karena dibuang di sungai yang menyebabkan pencemaran. PT Freeport juga melakukan pelanggaran hak adat masyarakat sekitar. Bukan hanya itu saja harga kontrak PT Freeport kali ini hingga 20 tahun ke depan lebih rendah dari harga kontrak sebelumnya. Hal itu tentunya sangat merugikan Indonesia, karena itu akan membuat pihak asing lainnya akan meniru hal tersebut sehingga eksploitasi akan lebih besar.
    Oleh karena itu, seharusnya pemerintah harus memikirkan tentang perpanjangan kontrak tersebut agar Indonesia tidak merugi. Emas yang ada di Papua adalah emas yang berkualitas baik dan harus dimanfaatkan sendiri, karena emas tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki keadaan ekonomi Indonesia. Indonesia adalah negara yang mandiri, oleh karena itu Indonesia harus memanfaatkan SDA yang ada. Jangan hanya mengandalkan negara lain, karena negara lain hanya memeras kekayaan Indonesia. 

Sumber http://www.haikars.net/2017/01/15undefined 

Apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama, atau moderator hanya menyampaikan kesimpulan?

Apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama, atau moderator hanya menyampaikan kesimpulan? 

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pertanyaan apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama tidak dapat terjawab karenadalam teks tersebut, hanya pihakoposisi saja yang mengemukakan pendapatnya, sedangkan pihak afirmasi tidak mengemukakan pendapat apapun. Selain itu, pertanyaan apakah moderator hanya menyampaikan kesimpulan pun tidak dapat terjawab karena teks tersebutdisampaikan oleh pihak oposisi bukan moderator.

pertanyaan apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama tidak dapat terjawab karena dalam teks tersebut, hanya pihak oposisi saja yang mengemukakan pendapatnya, sedangkan pihak afirmasi tidak mengemukakan pendapat apapun. Selain itu, pertanyaan apakah moderator hanya menyampaikan kesimpulan pun tidak dapat terjawab karena teks tersebut disampaikan oleh pihak oposisi bukan moderator.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Pihakdalam teks debat terdiri dari pihak afirmasi (pro) yaitu pihak yang setuju pada topik yang diperdebatkan, dan pihak oposisi (kontra) yaitu pihak yang menentang topik yang diperdebatkan. Pada teks "Perpanjangan Kontrak Freeport", pihak afirmasi tidak menjelaskan alasannya mendukung perpanjangan kontrak PT Freeport, sedangkan pihak oposisi menjelaskan alasannya menolak perpanjangan kontrak PT Freeport tersebut, seperti dalam kutipan berikut: PT Freeport hanya memberi 1% saja dari keuntungan pengeksploitasi emas sehingga merugikan Indonesia, karena emas yang ditambang oleh PT Freeport adalah emas milik Indonesia. PT Freeport membuat alam di Papua rusak karena alamnya terus-menerus dieksploitasi. Dengan demikian, pertanyaan apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama tidak dapat terjawab karenadalam teks tersebut, hanya pihakoposisi saja yang mengemukakan pendapatnya, sedangkan pihak afirmasi tidak mengemukakan pendapat apapun. Selain itu, pertanyaan apakah moderator hanya menyampaikan kesimpulan pun tidak dapat terjawab karena teks tersebutdisampaikan oleh pihak oposisi bukan moderator.

Pihak dalam teks debat terdiri dari pihak afirmasi (pro) yaitu pihak yang setuju pada topik yang diperdebatkan, dan pihak oposisi (kontra) yaitu pihak yang menentang topik yang diperdebatkan.

Pada teks "Perpanjangan Kontrak Freeport", pihak afirmasi tidak menjelaskan alasannya mendukung perpanjangan kontrak PT Freeport, sedangkan pihak oposisi menjelaskan alasannya menolak perpanjangan kontrak PT Freeport tersebut, seperti dalam kutipan berikut:

  1. PT Freeport hanya memberi 1% saja dari keuntungan pengeksploitasi emas sehingga merugikan Indonesia, karena emas yang ditambang oleh PT Freeport adalah emas milik Indonesia.
     
  2. PT Freeport membuat alam di Papua rusak karena alamnya terus-menerus dieksploitasi.

Dengan demikian, pertanyaan apakah masing-masing pihak mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama tidak dapat terjawab karena dalam teks tersebut, hanya pihak oposisi saja yang mengemukakan pendapatnya, sedangkan pihak afirmasi tidak mengemukakan pendapat apapun. Selain itu, pertanyaan apakah moderator hanya menyampaikan kesimpulan pun tidak dapat terjawab karena teks tersebut disampaikan oleh pihak oposisi bukan moderator.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Debat

Unsur-Unsur Debat

Kebahasaan Teks Debat

Menganalisis Teks Debat

424

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut yang merupakan cara menarik kesimpulan dalam teks debat adalah ....

1rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia