Roboguru

Apakah hasil bayi tabung memiliki kualitas yang sama dengan bayi normal?

Pertanyaan

Apakah hasil bayi tabung memiliki kualitas yang sama dengan bayi normal?undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Bayi tabung merupakan penggunaan teknologi in vitro fertilization yaitu proses fertilisasi (pembuahan sperma pada ovum) yang dilakukan di luar tubuh. Perbedaan antara bayi normal dan bayi tabung hanya tempat fertilisasinya. Sehingga, hasil dari bayi tabung memiliki kualitas yang sama dengan bayi normal.undefined 

Jadi, bayi tabung memiliki kualitas yang sama dengan bayi normal.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer4

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sepasang suami istri sudah menikah selama 10 tahun. Namun mereka belum juga memilii keturunan. Setelah berdiskusi , mereka sepakat untuk memanfaatkan bioteknologi modern mendapatkan anak. Bioteknologi...

Pembahasan Soal:

Bioteknologi modern adalah bioteknologi yang memanfaatkan prinsip rekayasa genetika, biokimia, dan mikrobiologi untuk menghasilkan sifat baru pada makhluk hidup. Pada kasus soal, sepasang suami istri sudah menikah selama 10 tahun tetapi belum juga memiliki keturunan. Bioteknologi modern yang tepat untuk dilakukan agar segera mendapatkan anak yaitu in vitro fertilization (IVF). In vitro fertilization (IVF) disebut juga sebagai bayi tabung. Bayi tabung adalah proses pembuahan sel telur oleh sel sperma yang terjadi di luar tubuh wanita. Tahapan bayi tabung yaitu :

  1. Ovum diambil setelah ovulasi atau langsung dari folikel. 
  2. Sampel sperma diambil dan dipekatkan dengan cara membuang cairan seminal.
  3. Ovum dan sperma dimasukkan ke dalam cawan petri dan dibiarkan melakukan fertilisasi.
  4. Zigot diambil dari cawan petri untuk diimplantasi ke dalam rahim ibu.
  5. Zigot diimplantasikan ke endometrium dan dibiarkan berkembang secara normal menjadi embrio sampai akhirnya siap dilahirkan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Uraikan bagaimana proses pembentukan dan perkembangan bayi tabung!

Pembahasan Soal:

Bayi tabung merupakan bioteknologi di bidang reproduksi. Teknologi bayi tabung adalah hasil pertemuan antara sel telur dan sperma yang terjadi secara in vitro di laboratorium.

Proses bayi tabung sebagai berikut: 

  • Diawali dengan pengambilan sel telur dari seorang perempuan yang baru saja ovulasi.
  • Kemudian sel telur dibuahi dengan sperma yang sudah disiapkan dalam tabung in vitro yang kondisinya diatur mirip oviduk.
  • Setelah pembuahan, hasil pembuahan dipelihara hingga mencapai tahap blastosit,
  • Kemudian ditanamkan ke rahim perempuan. Selanjutnya diharapkan embrio tersebut berkembang layaknya janin.undefined space space 

0

Roboguru

Bagaimana solusi agar wanita yang mengalami gangguan penyumbatan saluran reproduksi dapat hamil?

Pembahasan Soal:

Wanita yang mengalami gangguan penyumbatan saluran reproduksi dapat melakukan solusi program bayi tabung (fertilisasi in vitro) agar terjadi kehamilan. Bayi tabung adalah proses fertilisasi sel-sel gamet (sperma dan ovum) di luar tubuh. Ini dilakukan ketika terjadi penyumbatan di bagian tuba falopi sehingga sperma dan ovum tidak bertemu untuk fertilisasi. Sperma dan ovum diambil dan dipertemukan pada kondisi tertentu di laboratorium untuk terjadinya fertilisasi. Setelah itu, hasil pembuahan (zigot) diimplantasikan ke rahim ibu.

Dengan demikian, solusi agar wanita yang mengalami gangguan penyumbatan saluran reproduksi dapat hamil adalah melakukan program bayi tabung. space 

0

Roboguru

Berikut tahapan mekanisme pembuatan bayi tabung. (1) Sel telur dan sel sperma difertilisasikan secara in vitro. (2) Morula tumbuh menjadi blastula di dalam rahim ibu. (3) Blastula tumbuh menjadi gast...

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Perhatikan tahapan teknik bioteknologi berikut! Stimulasi ovarium uterus Isolasi sel telur dan sperma Fertilisasi di luar tubuh Pembelahan sel Transfer embrio Tahap fertilisasi in vitro yang ...

Pembahasan Soal:

Proses fertilisasi in vitro adalah sebagai berikut:

  • Ovarium ibu akan distimulasi menggunakan hormon FSH dan LH untuk menghasilkan banyak sel telur, lalu dengan bantuan hCG sel telur akan dimatangkan. Uterus ibu juga akan distimulasi dengan hormon progesteron untuk mempertebal endometriumnya. 
  • Setelah telur atau oosit sekunder matang, akan diisolasi atau diambil dari ovarium lalu dimasukkan ke dalam tabung yang mengandung larutan tertentu untuk memastikan sel telur masih dalam keadaan baik. 
  • Selanjutnya sperma diisolasi dari ayah. 
  • Setelah itu dilakukan proses fertilisasi di luar tubuh, terdapat 2 cara dalam melakukan tahap ini, yaitu: dengan mencampurkan secara langsung sperma dan sel telur di dalam tabung, atau menyuntikkan 1 sperma yang sudah terseleksi langsung ke dalam sitoplasma sel telur, proses ini disebut penyuntikkan sperma intrasitoplasmik.
  • Jika fertilisasi berhasil dilakukan, akan ditandai dengan adanya pembelahan sel dari zigot, menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, sampai jadi morula dan blastula.
  • Jika blastula sudah terbentuk, maka akan dilakukan transfer embrio ke uterus sang ibu, tujuannya agar blastula dapat melakukan implantasi pada dinding rahim/endometrium sehingga blastula dapat berkembang menjadi embrio lalu fetus dan akhirnya dapat dilahirkan.

Dengan demikian, tahap fertilisasi in vitro yang melibatkan penggunaan hormon adalah tahap 1.

Pilihan jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved