Roboguru

Apakah hakikat lembaga sosial dalam kehidupan bermasyarakat?

Pertanyaan

Apakah hakikat lembaga sosial dalam kehidupan bermasyarakat? 

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial disebut juga pranata sosial atau institusi sosial. Lembaga sosial adalah seperangkat aturan yang berkisar suatu kegiatan atau kebutuhan sosial tertentu. Berbagai kegiatan atau kebutuhan sosial menyebabkan munculnya berbagai pranata di berbagai bidang kehidupan. 

Hakikat lembaga sosial merupakan sistem yang tersusun berdasarkan tingkah laku yang berbeda-beda dari organisasi atau grup yang terdiri atas sejumlah orang. Beberapa penjabaran dari hakekat lembaga sosial dalam kehidupan bermasyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Lembaga sosial mengandung nilai-nilai peranan dan bentuk tingkah laku yang ditetapkan baik tertulis maupun tidak tertulis. Sifatnya mengikat semua anggota masyarakat.
  2. Pola-pola tingkah laku berkisar pada penemuan dan pemenuhan kebutuhan pokok. Lembaga sosial bertujuan untuk pemuasan kebutuhan sosial.
  3. Pola pembenaran tingkah laku, termasuk peranan dan tata cara yang ditentukan secara membudaya.
  4. Pola-pola tingkah laku yang ditetapkan secara ketat supaya diperhitungkan sebagai sesuatu yang agak permanen. Perubahan di dalamnya pasti ada, tetapi hanya perubahan yang berkaitan dengan struktur lembaga sosial. Contohnya, sistem pendidikan dapat diubah, tetapi pranata pendidikan tersebut lebih permanen.
  5. Masyarakat selalu diliputi oleh berbagai masalah. Semuanya ini untuk memenuhi kebutuhan sosial pokok.
  6. Manusia agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, menciptakan lembaga pertanian dan industri.
  7. Lembaga sosial berkembang ke dalam masyarakat dengan cara institusionalisasi dan akhirnya menjadi kebiasaan.
  8. Kebutuhan akan kepastian hukum dan tertib administrasi mendorong manusia menciptakan pranata hukum dan pemerintahan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan institusionalisasi?

Pembahasan Soal:

Di dalam kehidupan bermasyarakat terdapat norma yang berfungsi mengatur perilaku masyarakat. Norma sosial ini akan membentuk sistem norma yang dikenal sebagai pranata sosial. Proses sejumlah norma menjadi pranata sosial disebut pelembagaan atau institusionalisasi. space space

Institusionalisasi (pelembagaan) ini merupakan perkembangan sistem yang berasal dari nilai, norma, dan peranan yang diterima oleh masyarakat. Dapat disimpulkan insitusionalisasi ini terjadi apabila di dalam masyarakat menganggap nilai dan norma ini sangat penting bagi kelangsungan hidupnya. space space

0

Roboguru

Bagaimanakah awal terbentuknya lembaga sosial?

Pembahasan Soal:

Pada soal ini membahas mengenai lembaga sosial. Terbentuknya lembaga sosial ini bermula dari kebutuhan masyarakat akan keteraturan dan ketertiban sosial dalam menjalankan kehidupan bersama. Sejalan dengan pendapat ahli yaitu Robert Melver dan C.H. Page (Soekanto, 1990: 218), bahwa lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung pada suatu kelompok dalam masyarakat.space space

 

0

Roboguru

Pranata sosial dapat kita artikan sebagai .....

Pembahasan Soal:

Pranata atau lembaga sosial merupakan produk kesepakatan masyarakat yang dibuat untuk menjalankan sistem nilai dan norma tertentu. Definisi pranata sosial dapat dideskripsikan sebagai upaya institusional untuk melaksanakan atau melanggengkan sistem sosial.space space   

0

Roboguru

Jelaskan pengertian lembaga sosial !

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial ialah sistem dari kumpulan norma, nilai, maupun hubungan sosial yang mengatur. Dalam arti lain, lembaga sosial adalah kelompok-kelompok sosial yang berfokus pada ranah tertentu dalam rangka pemenuhan kehidupan masyarakat. Dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

0

Roboguru

Lembaga sosial lahir, tumbuh, berkembang dan mati. Deskripsikan pendapatmu mengenai pernyataan tersebut ....

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan pengertian lembaga sosial. 

Lembaga sosial adalah lembaga yang anggota terdiri dari masyarakatnya yang berkumpul menjadi satu kesatuan sehingga memiliki tujuan bersama. Karena lembaga sosial terbentuk sebagai salah satu pengendalian masyarakat untuk mengatur segala tingkah laku sesuai dengan fungsi nilai dan norma dalam kehidupan sosial. 

Sehingga jika di analisis lembaga sosial lahir, tumbuh, berkembang dan mati yaitu karena lembaga sosial terbentuk  dari kebutuhan masyarakat sehingga  lembaga sosial tumbuh karena manusia dalam hidupnya memerlukan keteraturan, dan pertumbulan lembaga sosial melalui adat istiadat masyarakat kemudian membentuk sebuah lembaga-lembaga. Untuk mendapatkan keteraturan hidup bersama dirumuskan norma-norma dalam masyarakat sebagai paduan bertingkah laku. Mula-mula sejumlah norma tersebut terbentuk secara tidak disengaja. Namun, lama-kelamaan norma tersebut dibuat secara sadar. dengan demikian dapat di simpulkan bahwa lembaga sosial terbentuk untuk dapat menciptakan keteraturan dan ketertiban  dalam kehidupan masyarakat untuk mencapai kehidupan masyarakat yang harmonis dan sesuai dengan fungsi nilai dan norma dalam masyarakat .  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved