Roboguru

Apakah dalam proposal di atas disampaikan anggaran biaya kegiatan?

Pertanyaan

Bacalah dengan saksama teks proposal berikut ini.
 

TUMANG CUP II 2018 
"Fiducioso : leadership, sportmanship, and friendship" 


A. Latar Belakang 
    Pendidikan secara holistik tidak hanya mengembangkan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik. Dalam pendekatan tersebut, siswa sebagai peserta didik dipandang dan diperlakukan sebagai pribadi yang multidimensional dan memiliki multiple intelligent. Di antara berbagai dimensi, fisik dan karakter merupakan dimensi penting yang perlu dibentuk dan dibangun dengan benar karena akan menjadi fondasi kehidupan siswa. 
    Fenomena kenakalan di kalangan remaja seperti tawuran dan bullying yang semakin marak belakangan ini disinyalir merupakan salah satu indikator adanya krisis karakter di kalangan remaja. Padahal, Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3 mengamanatkan pentingnya pendidikan berbasis karakter. Pada pasal tersebut, ditulis pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 
    Banyak cara dapat dilakukan untuk membangun dan mengembangkan karakter siswa. Salah satu cara efektif untuk menanamkan pendidikan karakter siswa adalah kegiatan pertandingan olahraga. Melalui kegiatan tersebut, karakter-karakter penting seperti kejujuran, sportifitas, tanggung jawab, peduli, hormat/ menghargai, disiplin, kerja sama, pada diri peserta didik diperkenalkan dan diperkuat. Bertolak dari paradigma, fenomena, dan realita di atas, SMA Tunas Manunggal berencana akan menggelar acara Tumang Cup II. Di samping Tumang Cup II merupakan agenda program dua tahunan yang digelar secara rutin setiap dua tahun sekali, kami meyakini diselenggarakannya kegiatan Tumang Cup II tersebut dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun karakter mulia siswa. Selaras juga dengan visi dan misi sekolah, melalui acara tersebut, sekolah ingin menunjukkan komitmen dalam mengembangkan diri siswa secara holistik, multidimensional, dan multiple intelligent. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan sikap jujur, tanggung jawab, sportif, disiplin, hormat, percaya diri siswa bertumbuh dengan baik dengan dibingkai semangat kasih dan persaudaraan antar pelajar SMA di Jakarta dan Tangerang. 

B.Tujuan 
    Tumang Cup II diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut. 

  1. Memberikan wadah kepada siswa yang berbakat dalam bidang olahraga untuk menunjukkan kompetensinya melalui ajang kompetisi secara sehat. 
  2. Membangun dan menumbuhkan karakter sportif, percaya diri, menghargai, kerja sama pada diri siswa melalui pengalaman sebagai panitia maupun pemain. 
  3. Membangun semangat persaudaraan dan kasih di antara pelajar SMA di Jakarta dan Tangerang

    Tumang Cup II 2018 mengangkat tema "Fiducioso: leadership, sportmanship, and friendship." Fiducioso berasal dari bahasa ltalia yang berarti kepercayaan diri. Melalui event ini, diharapkan para pelajar memiliki kebanggaan dan kepercayaan diri untuk menunjukkan talenta mereka dalam jiwa kepemimpinan, sportifitas dalam semangat persaudaraan. 

D. Jenis Kegiatan 
    Kegiatan Tumang Cup II terdiri atas 2 kategori, yaitu kegiatan pertandingan dan perlombaan. Kategori pertandingan meliputi cabang olahraga sepak bola, bola voli, basket, bulu tangkis, dan tenis meja. Selain itu, pada kategori perlombaan terdiri atas cabang fotografi dan melukis. 

D. Pelaksanaan Kegiatan 
    Tumang Cup II 2018 akan dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut.
    
    

E. Hadiah 
    Untuk semua cabang perlombaan dan pertandingan, pemenang Tumang Cup II 2018 akan mendapatkan hadiah dengan rincian sebagai berikut.

        

F. Peserta 
    Tumang Cup II 2018 akan mengundang seluruh SMA yang ada di Jakarta dan Tangerang baik dari sekolah swasta atau negeri. Daftar nama sekolah yang diundang terlampir di belakang. 

G. Penutup 
    Demikian rencana kegiatan Tumangcup II 2018 kami ajukan. lnformasi lebih mendetail tentang pendaftaran dan teknik perlombaan dapat diperoleh di blog http://tumangcup18.wjxsite.com/fiducioso, dan konfirmasi pendaftaran dapat dilakukan kepada Panitia Tumang Cup II 2018 melalui e-mail: tumangcup18@gmail.com atau contact person: Angela Kontariadi (08974020798). 
    Besar harapan kami sekolah Bapak/lbu dapat mengikuti Tumang Cup II 2018 yang kami selenggarakan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/lbu, kami ucapkan terima kasih. 


Hormat kami, 
Ketua Panitia Siswa TC II                             Ketua Panitia Guru TC II

 

Angella Kontariadi                                        Maria Setiadi Sanjayaspace 

Apakah dalam proposal di atas disampaikan anggaran biaya kegiatan? space 

Pembahasan:

Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. 

Proposal Kegiatan, adalah proposal yang dibuat dan diajukan untuk terselenggaranya sebuah kegiatan tertentu, baik oleh individu maupun kelompok.

Berdasarkan kutipan:
Untuk semua cabang perlombaan dan pertandingan, pemenang Tumang Cup II 2018 akan mendapatkan hadiah dengan rincian sebagai berikut.

Teks tersebut menunjukkan adanya pembahasan keuangan dalam hal hadiah. Hadiah yang dimaksud meliputi juara 1, juara 2, dan juara 3. Bagi peserta yang mendapat juara 1 akan mendapatkan hadiah sejumlah Rp3000.000, juara 2 akan mendapat hadiah Rp2000.000, dan juara 3 mendapat hadiah Rp1000.000. 

Jika dilihat dari struktur proposal juga tidak ditemukan sub bab anggaran kegiatan. Struktur yang ada dalam proposal tersebut di antaranya:

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Jenis Kegiatan
  4. Pelaksanaan Kegiatan
  5. Hadiah
  6. Peserta 
  7. Penutup

Dengan demikian, dalam proposal di atas tidak disampaikan anggaran biaya kegiatan.space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Berikut kalimat yang merupakan bagian manfaat dalam proposal adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved