Roboguru

Apakah benua australia turun salju?

Pertanyaan

Apakah benua australia turun salju?  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Secara astronomis, Benua Australia terletak diantara 10 degree LS space minus sign space 43 degree LS space dan space 113 degree BT space minus sign space 153 degree BT. Kondisi ini menyebabkan wilayah Benua Australia memiliki 2 jenis iklim yang berbeda. Iklim tersebut diantaranya:

  • Iklim tropis di bagian Australia utara menyebabkan terjadinya musim hujan dan kemarau
  • Iklim subtropis di bagian selatan Benua Australia menyebabkan terbentuknya 4 musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim semi dan musim dingin.

Sehingga, salju turun di sebagian wilayah Benua Australia yang beriklim subtropis, seperti New South Wales dan Victoria.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan peta berikut ! Daerah yang sepanjang tahunnya terjadi hujan ditunjukkan oleh nomor....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan peta, daerah yang sepanjang tahunnya terjadi hujan ditunjukkan oleh nomor 4 yaitu Australia Timur. Australia timur beriklim tropis, dengan musim panas yang lembap dan terik serta musim dingin yang sejuk dan kering. Selain karena beriklim tropis, kawasan Australia timur, juga mendapat pengaruh dari adanya angin passat yang membawa banyak uap air dari Samudera Hindia, sehingga menyebabkan curah hujannya tinggi. 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh letak astronomis terhadap kondisi iklim  benua : Benua Afrika Benua Amerika  Benua Eropa Benua Australia

Pembahasan Soal:

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis suatu wilayah akan memberikan efek kepada kondisi iklim wilayah tersebut. Untuk mengetahui kondisi iklim masing-masing benua dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Benua Afrika
    Benua Afrika atau dikenal dengan benua hitam, secara astronomis terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Dengan demikian Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa. Wilayah Afrika berdasarkan letak astronomisnya memiliki iklim subtropis dan tropis. Daerah iklim sedang/subtropis, meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan,wilayah selatan, dan garis balik selatan. Daerah yang mengalami musim tropis adalah wilayah Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda. 
  2. Benua Amerika 
    Benua Amerika adalah salah satu benua terpanjang di dunia. Secara astronomis wilayah Amerika terletak pada lintang 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS. Dengan letak astronomis ini wilayah Amerika memiliki kondisi iklim tropis dan subtropis. Untuk wilayah yang mengalami iklim tropis adalah wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Iklim subtropis berada di wilayah Amerika Utara.
  3. Benua Eropa
    Benua Eropa adalah salah satu benua terkecil di dunia. Secara astronomis wilayah Eropa terletak pada Benua Eropa terletak antara 35°LU - 71°06’LU dan 9°27’BB -66°20’BT. Dengan kondisi letak astronomis ini wilayah Eropa memiliki kondisi iklim Subtropis. 
  4. Benua Australia
    Benua Australia secara astronomis terletak pada 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS. Dengan kondis ini wilayah Autralia memiliki iklim tropis, subtropis, dan iklim sedang.

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh letak astronomis dan geografis pada kondisi iklim Benua Australia!

Pembahasan Soal:

Benua Australia secara astronomis terletak pada 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS. Dengan kondis ini wilayah Autralia memiliki iklim tropis, subtropis, dan iklim sedang. Secara geografis wilayah Australia terletak dikelilingi oleh Samudera pasifik dan Samudera Hindia. Berdasarkan letak geografisnya wilayah Australia memiliki iklim gurun dan iklim maritim.

0

Roboguru

Keberadaan gurun di Australia terjadi karena ....

Pembahasan Soal:

Sebagian wilayah benua Australia ditutupi oleh gurun pasir hal tersebut karena Australia terletak di kawasan subtropis (sekitar 30° utara/selatan dari khatulistiwa), fenomena cuaca di sekitar garis lintang tersebut menciptakan iklim kering yang menyebabkan adanya gurun. Udara yang lembab dan panas meningkat di ekuator dan mendingin saat bergerak bagian ke utara atau selatan Bumi. Hasilnya, kelembaban mengembun dan jatuh sebagai hujan yang melimpah di kawasan tropis seperti Indonesia. Adapun udara yang kering menyelimuti kawasan-kawasan subtropis dan mengalami pemanasan yang mendorong terjadinya penguapan. Jika suatu wilayah menerima lebih banyak penguapan daripada hujan, maka hal itu merupakan kondisi yang sempurna untuk pembentukan gurun, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa keberadaan gurun di Australia terjadi karena terletak pada wilayah turunnya massa udara.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

5

Roboguru

Jelaskan pengaruh letak geografis terhadap kondisi iklim Benua : Afrika Amerika Eropa Australia

Pembahasan Soal:

Letak Geografi adalah letak suatu wilayah berdasarkan kondisi aslinya dipermukaan bumi. Kondisi geografis suatu wilayah memberikan efek kepada kondisi iklim. Kondisi iklim beberapa benua yang dipengaruhi oleh kondisi geografis sebagai berikut :

  1. Benua Afrika
    Secara geografis wilayah Afrika terletak dikelilingi oleh dua samudera yaitu Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Secara kondisi wilayah Benua Afrika memiliki gurun yang luaa, kondisi ini juga memberikan pengaruh pada iklim wilayah. Berdasakan letak geografisnya wilayah Afrika memiliki iklim gurun dan iklim medeterania. Iklim gurun adalah iklim yang terjadi karena dipengaruhi oleh gurun yang luas ciri dari iklim ini adalah udara dan suhu tinggi, tingkat hujan rendah, dan dapat terjadi kemarau sepanjang tahun. Wilayah Afrika yang memiliki iklim gurun adalah wilayah Afrika Utara dan dan barat daya. Dan iklim mediterania berada di wilayah Afrika Utara. Iklim mediterania adala iklim yang dimiliki oleh wilayah yang berada di daerah cekungan. 
  2. Benua Amerika 
    Secara geografis wilayah Amerika terletak pada di belahan bumi barat dan terletak antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik, serta terletak antara Samudera Arktik dan Samudera Pasifik. Pengaruh dari letak geografis ini menjadikan wilayah Amerika memiliki iklim kutub dan iklim gurun.
  3. Benua Eropa
    Secara geografis, terletak di sebelah Barat Benua Asia. Berdasarkan letak geografisnya kondisi iklim eropa adalah iklim kutub, iklim maritim.
  4. Benua Australia
    Secara astronomis wilayah Australia terletak dikelilingi oleh Samudera pasifik dan Samudera Hindia. Berdasarkan letak geografisnya wilayah Australia memiliki iklim gurun dan iklim maritim. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved