Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah ada kaitan antara munculnya proses multikulturalisme dengan proses globalisasi?

Apakah ada kaitan antara munculnya proses multikulturalisme dengan proses globalisasi?space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Soal menanyakan mengenaikaitan antara munculnya proses multikulturalisme dengan proses globalisasi. Globalisasi adalahsuatu integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia. dalam proses globalisasi ini akan mempengaruhi pada perubahan kehidupan masyarakat yang semakin bebas dengan pertukaran nilai dan norma juga budaya dunia dalam kehidupan masyarakat. Dalam proses globalisasi ini di pengaruhi o leh kemajuan-kemajuan dalam bidang-bidang kehidupan sehingga hal ini memiliki pengaruh pada perbedaan unsur-unsur pada kehidupan sosial masyarakat atau biasanya di sebut sebagai multikulturalisme. Yang secara umum dapat diartikan sebagaiistilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan tentang ragam kehidupan di dunia, atau kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan tentang adanya keragaman, kebhinekaan, pluralitas, sebagai realitas utama dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem sosial- budaya dan lain sebagainya. Sehingga dapat dianalisis pada keterkaitan dalam proses multikulturalisme dan globalisasi ini. Karena dengan adanya proses globalisasi maka nilai-nilai maupun budaya asing mau tidak mau pasti akan mempengaruhi daerah yang dimasukinya .Dan dalam prosesnya multikulturalisme dan globalisasi sebagaikemajuan zaman yang mempengaruhi keragaman budaya kebudayaan ( multikulturalisme ) yang artinya globalisasi dapat mengakibatkan keragaman budaya yang murni punah di gantidengan budaya baru yang sedang berjalan di arus globalisasi. Sehingga dari kedua hal tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Contohnya proses masuknya budaya-budaya barat ke Indonesia mempengaruhi pada keragaman budaya yang akan menimbulkan banyak dampak baik positif maupun negatif, yang berpengaruh pada perilaku individu gaya pakaian dan lain-lain. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa multikulturalisme dan globalisasi memiliki keterkaitan satu dengan yang lain karena globalisasi akan menghasilkan multikulturalisme atau keragaman-keragaman pada kehidupan masyarakat yang diikuti pada hilangnnya budaya murni yang disesuaikan pada budaya global.

Soal menanyakan mengenai kaitan antara munculnya proses multikulturalisme dengan proses globalisasi.

Globalisasi adalah  suatu integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia. dalam proses globalisasi ini akan mempengaruhi pada perubahan kehidupan masyarakat yang semakin bebas dengan pertukaran nilai dan norma juga budaya dunia dalam kehidupan masyarakat. Dalam proses globalisasi ini di pengaruhi oleh kemajuan-kemajuan dalam bidang-bidang kehidupan sehingga hal ini memiliki pengaruh pada perbedaan unsur-unsur pada kehidupan sosial masyarakat atau biasanya di sebut sebagai multikulturalisme. Yang secara umum dapat diartikan sebagai  istilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan tentang ragam kehidupan di dunia, atau kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan tentang adanya keragaman, kebhinekaan, pluralitas, sebagai realitas utama dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem sosial- budaya dan lain sebagainya. 

Sehingga dapat dianalisis pada keterkaitan dalam proses multikulturalisme dan globalisasi ini.  Karena dengan adanya proses globalisasi maka nilai-nilai maupun budaya asing mau tidak mau pasti akan mempengaruhi daerah yang dimasukinya.Dan dalam prosesnya multikulturalisme dan globalisasi sebagai kemajuan zaman yang mempengaruhi keragaman budaya kebudayaan ( multikulturalisme ) yang artinya globalisasi dapat mengakibatkan keragaman budaya yang murni punah di ganti dengan budaya baru yang sedang berjalan di arus globalisasi. Sehingga dari kedua hal tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. 

Contohnya proses masuknya budaya-budaya barat ke Indonesia mempengaruhi pada keragaman budaya yang akan menimbulkan banyak dampak baik positif maupun negatif, yang berpengaruh pada perilaku individu gaya pakaian dan lain-lain. 

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa multikulturalisme dan globalisasi memiliki keterkaitan satu dengan yang lain karena globalisasi akan menghasilkan multikulturalisme atau keragaman-keragaman pada kehidupan masyarakat yang diikuti pada hilangnnya budaya murni yang disesuaikan pada budaya global.space space space space space 

Latihan Bab

Pengertian Globalisasi

Karakteristik Globalisasi

Proses Globalisasi

Teori-Teori Globalisasi

664

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan tiga dampak positif globalisasi dalam bidang sosial budaya!

8rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia