Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apabila terjadi gangguan pada organ ginjal, sistem yang akan terganggu adalah....

Apabila terjadi gangguan pada organ ginjal, sistem yang akan terganggu adalah.... 

  1. Sistem pencernaan dan pendengaranundefined 

  2. Sistem pernapasan dan pengeluaranundefined 

  3. Sistem eksresi dan transportasiundefined 

  4. Sistem pengeluaran dan pencernaanundefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ginjal merupakan alat eksresi utama pada tubuh. Fungsi ginjal yaitu sebagai penyaring darah yang berasal dari seluruh tubuh. Arteria renalis akan membawa darah yang mengandung oksigen dan zat-zat sisa metabolik yang nantinya akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Sebelum menjadi urine darah akan disaring terlebih dahulu sehingga molekul protein tidak ikut terbuang. Zat yang masih digunakan oleh tubuh akan diserap kembali oleh ginjal melalui proses reabsorpsi di tubulus proksimal. darah yang telah disaring dan dibersihkan dari rancun atau zat-zat tidak digunakan akan keluar melalui ureter. Racun dan zat-zat yang tidak digunakan akan dikeluarkan bersam urine. Apabila organ ginjal mengalami gangguan maka sistem eksresi dan sistem transportasi atau peredaran darah akan terganggu. Hal ini dikarenakan ginjal tidak berfungsi sehingga zat hasil metabolik tidak terbuang dengan sempurna dan masih terdapat di dalam darah yang nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Ginjal merupakan alat eksresi utama pada tubuh. Fungsi ginjal yaitu sebagai penyaring darah yang berasal dari seluruh tubuh. Arteria renalis akan membawa darah yang mengandung oksigen dan zat-zat sisa metabolik yang nantinya akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Sebelum menjadi urine darah akan disaring terlebih dahulu sehingga molekul protein tidak ikut terbuang. Zat yang masih digunakan oleh tubuh akan diserap kembali oleh ginjal melalui proses reabsorpsi di tubulus proksimal. darah yang telah disaring dan dibersihkan dari rancun atau zat-zat tidak digunakan akan keluar melalui ureter. Racun dan zat-zat yang tidak digunakan akan dikeluarkan bersam urine. Apabila organ ginjal mengalami gangguan maka sistem eksresi  dan sistem transportasi atau peredaran darah akan terganggu. Hal ini dikarenakan ginjal tidak berfungsi sehingga zat hasil metabolik tidak terbuang dengan sempurna dan masih terdapat di dalam darah yang nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar di bawah ini! Jika organ pada gambar di atas mengalami kerusakan, maka sistem organ yang akan terganggu adalah....

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia