Roboguru

Apabila terdapat individu dengan genotipe AaBBCc maka sesuai dengan hukum Mendel I dan II akan terbentuk gamet seperti berikut ini, kecuali . . . .

Pertanyaan

Apabila terdapat individu dengan genotipe AaBBCc maka sesuai dengan hukum Mendel I dan II akan terbentuk gamet seperti berikut ini, kecuali . . . .

  1. aBC

  2. ABC

  3. AbC

  4. ABc

  5. aBc

Pembahasan Soal:

Individu dengan genotipe AaBBCc, akan menghasilkan gamet seperti berikut : ABC, ABc, aBC, dan aBc.space space

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah yang dimaksud dengan hukum Mendel dan bagaimana isinya?

Pembahasan Soal:

Hukum mendel merupakan dasar-dasar ilmu genetika yang ditemukan oleh Gregor Mendel dari hasil penelitiannya. Hukum mendel terdiri dari hukum mendel I dan hukum mendel II. Hukum Mendel I dikenal juga dengan hukum segregasi atau pemisahan gen-gen yang sealel (segregation of allelic genes). Menurut hukum Mendel l, setiap organisme miemiliki dua alel untuk setiap sifat. Selama pembentukan gamet, dua alel tersebut berpisah sehingga masing-masing gamet hanya mengandung satu alel untuk satu sifat. Jika dua gamet bertemu pada saat fertilisasi, keturunan yang terbentuk mengandung dua alel yang mengendalikan satu sifat. Hukum Mendel II disebut juga hukum asortasi atau pengelompokan gen-gen secara bebas (independent assortment of genes). Hukum Mendel II menyatakan bahwa apabila dua individu memiliki dua pasang sifat atau lebih maka diturunkannya sepasang sifat secara bebas tidak bergantung pada pasangan sifat yang lain.space 

Roboguru

Bagaimanakah isi Hukum Mendel I?

Pembahasan Soal:

Hukum Mendel I dikenal juga dengan nama hukum segregasi atau pemisahan gen-gen yang sealel. Menurut Hukum Mendel I, tiap organisme memiliki dua alel untuk setiap sifat. Selama pembentukan gamet, dua alel tersebut berpisah sehingga masing-masing gamet hanya mengandung satu alel untuk satu sifat. Jika dua gamet bertemu pada saat fertilisasi, keturunan yang terbentuk mengandung dua alel yang mengendalikan satu sifat.

Hukum Mendel I sesuai dengan teori pewarisan sifat karena alel-alel individu diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Percampuran alel-alel tersebut menjelaskan mengapa terbentuk variasi dan mengapa keturunan-keturunan berbeda dari orang tuanya. Hukum Mendel I dapat dibuktikan dengan persilangan monohibrid (persilangan dengan satu sifat beda).space

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!  Dilakukan persilangan monohibrid.  Hasil persilangannya memiliki perbandingan fenotipe 3 : 1 Kesimpulan percobaan menyatakan setiap gen dapat berpasanga...

Pembahasan Soal:

Hukum I Mendel (Hukum segregasi bebas) menyatakan bahwa pada pembentukan gamet (sel kelamin anak), kedua gen induk (orang tua) yang merupakan pasangan alel akan memisah sehingga tiap-tiap gamet menerima satu gen dari induknya. Hukum ini berlaku untuk persilangan dengan satu sifat yang berbeda (monohibrid). Pada percobaan Mendel dilakukan persilangan tanaman kacang ercis berbiji bulat dengan tanaman kacang ercis berbiji keriput. Perbandingan fenotip F2 yaitu 3 berbiji bulat dan 1 berbiji keriput.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A. space 

Roboguru

Hukum Mendel pertama menyatakan bahwa unit-unit penurunan sifat yang mengontrol fenotip berbeda dapat diturunkan secara terpisah. Manakah dari pernyataan berikut yang paling sesuai dengan bunyi hukum ...

Pembahasan Soal:

Hukum I Mendel disebut juga dengan hukum segregasi bebas karena pada hukum ini, gen di dalam alel mengalami pemisahan (segregasi) secara bebas saat pembentukan gamet. Alel itu sendiri adalah pasangan gen yang terletak di lokus yang sama pada kromosom homolog. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan, pada saat pembelahan meiosis pertama terjadi pemisahan kromosom homolog yang terbagi menjadi dua sel anakan. Pada prosesnya, pemisahan pasangan kromosom ini tidak akan memengaruhi pemisahan pasangan kromosom lainnya. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Peristiwa pemisahan alel terjadi pada saat ... akibatnya tiap gamet hanya memiliki satu alel.

Pembahasan Soal:

Peristiwa pemisahan alel terjadi pada saat pembentukan gamet sehingga tiap gamet hanya mengandung satu alel. Hal tersebut berdasarkan Hukum Mendel I (hukum segregasi atau pemisahan gen sealel).

Menurut Hukum Mendel I, tiap organisme memiliki dua alel untuk setiap sifat. Selama pembentukan gamet, dua alel tersebut berpisah sehingga masing-masing gamet hanya mengandung satu alel untuk satu sifat. Jika dua gamet bertemu pada saat fertilisasi, keturunan yang terbentuk mengandung dua alel yang mengendalikan satu sifat. Hukum Mendel I tersebut sesuai dengan teori pewarisan sifat karena alel-alel individu diturunkan dari generasi ke generasi. Percampuran alel-alel tersebut menjelaskan mengapa terbentuk variasi dan mengapa keturunan-keturunan berbeda dari orang tuanya. Hukum Mendel I dapat dibuktikan dengan persilangan monohibrid (persilangan dengan satu sifat beda).

Dengan demikian, peristiwa pemisahan alel terjadi pada saat pembentukan gamet.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved