Roboguru

Apabila si A menaikkan harga maka dia tidak ingin diikuti, supaya nilai kenaikannya tetap besar. Sebaliknya, bila menurunkan harga, ingin diikuti. Ini disebut ….

Pertanyaan

Apabila si A menaikkan harga maka dia tidak ingin diikuti, supaya nilai kenaikannya tetap besar. Sebaliknya, bila menurunkan harga, ingin diikuti. Ini disebut …. space space

  1. supply/demand  space space

  2. teori psikologis

  3. mekanisme pasar space space

  4. kewajiban agama space space

Pembahasan Soal:

Hal tersebut merupakan konsep dari teori psikologis, karena kita harga naik, orang tersebut menginginkan harga tersebut tetaap, jika turun orang tersebut mengininkan orang lain menaruh harga dengan harga kecil.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Anugrah

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apabila harga barang mengalami kenaikan, pengaruhnya terhadap jumlah permintaan dan penawaran adalah ....

Pembahasan Soal:

Bunyi hukum permintaan adalah sebagai berikut. "Makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta, atau makin rendah harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang diminta, dengan asumsi bahwa faktor-faktor lain tidak berubah".

Hukum penawaran berbunyi sebagai berikut. "Makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan, atau makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan, dengan asumsi faktor-faktor lain tidak berubah".

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka apabila harga barang mengalami kenaikan akan menyebabkan permintaan turun dan penawaran naik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Jelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi yang memengaruhinya!

Pembahasan Soal:

Permintaan adalah jumlah barang yang diminta oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Hukum permintaan menyatakan bahwa saat harga naik maka jumlah permintaan akan turun atau sebaliknya saat harga turun maka jumlah penawaran naik.

Penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Hukum penawaran menyatakan bahwa saat harga naik jumlah penawaran akan naik atau sebaliknya saat harga turun maka jumlah penawaran akan turun juga.

Baik, hukum permintaan maupun penawaran berlaku kondisi cateris paribus. Cateris paribus artinya faktor lain dianggap tetap. Artinya dalam hal ini hanya faktor harga barang yang bersangkutan yang berubah sedangkan faktor lainnya dianggap tetap. space

0

Roboguru

Pemintaan dan penawaran dapat dipengaruhi oleh harga. Apabila harga naik maka ....

Pembahasan Soal:

Hukum permintaan memiliki nilai negatif atau berbanding terbalik, dimana jika harga naik maka permintaan turun, dan sebaliknya. Sedangkan dalam hukum penawaran, penawaran memiliki nilai positif atau berbanding lurus, dimana jika harga naik maka jumlah barang yang diminta ikut naik. Pemintaan dan penawaran dapat dipengaruhi oleh harga. Apabila harga naik maka Penawaran naik, permintaan turun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban E.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan hukum permintaan dan penawaran !

Pembahasan Soal:

Hukum Permintaan adalah semakin harga tinggi maka permintaan barang sedikit, semakin  harga rendah maka permintaan barang banyak. Sedangkan Hukum Penawaran adalah semakin tinggi harga maka penawaran semakin banyak, semakin rendah harga maka penawaran semakin sedikit. space space

1

Roboguru

Deskripsikan tentang: a. Hukum Permintaan b. Hukum Penawaran

Pembahasan Soal:

a. Hukum Permintaan menyatakan bahwa jumlah permintaan dan harga permintaan memiliki hubungan negatif atau berbanding terbalik, yaitu semakin tinggi harga permintaan maka jumlah permintaan semakin menurun begitupun sebaliknya, ceteris paribus.space space 
b. Hukum Penawaran menyatakan bahwa harga penawaran dan jumlah penawaran memiliki hubungan positif atau berbanding lurus, yaitu semakin tinggi harga penawaran maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan semakin naik begitupun sebaliknya, ceteris paribus.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved