Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apabila kita mengamati preparat sel hidup di bawah mikroskop kita akan menyimpulkan bahwa sel tersebut adalah sel hewan bila ditemukan bagian sel, yaitu ….

Apabila kita mengamati preparat sel hidup di bawah mikroskop kita akan menyimpulkan bahwa sel tersebut adalah sel hewan bila ditemukan bagian sel, yaitu …. 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol dan lisosom.

sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol dan lisosom.  undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sel merupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup baik secara struktural dan fungsional. Sel memiliki organel-organel penyusun yang berbeda antara sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol dan lisosom. Sentriol berupa bulatan atau batang kecil yang terdapat pada sitoplasma. Sentriol berjumlah dua buah dan berfungsi dalam pembelahan sel. Saat pembelahan sel, sentriol berfungsi mengatur arah pembelahan sel atau membentuk dua arah kutub yang berlawanan. Sentriol terdapat dalam sentrosom. Lisosom berupa saku bulat yang terbungkus oleh selapis membran. Lisosom mengandung enzim hidrolisis untuk menguraikan berbagai substansi di dalam sel (intrasel). Lisosom dibentuk oleh kompleks golgi. Lisosom berfungsi sebagai autofag, fagositosis, sebagai vesikula sekresi dan berperan sebagai pengabsorpsi. Jadi, sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol dan lisosom.

Sel merupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup baik secara struktural dan fungsional. Sel memiliki organel-organel penyusun yang berbeda antara sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol dan lisosom. Sentriol berupa bulatan atau batang kecil yang terdapat pada sitoplasma. Sentriol berjumlah dua buah dan berfungsi dalam pembelahan sel. Saat pembelahan sel, sentriol berfungsi mengatur arah pembelahan sel atau membentuk dua arah kutub yang berlawanan. Sentriol terdapat dalam sentrosom. Lisosom berupa saku bulat yang terbungkus oleh selapis membran. Lisosom mengandung enzim hidrolisis untuk menguraikan berbagai substansi di dalam sel (intrasel). Lisosom dibentuk oleh kompleks golgi.  Lisosom berfungsi sebagai autofag, fagositosis, sebagai vesikula sekresi dan berperan sebagai pengabsorpsi.

Jadi, sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol dan lisosom.  undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Safna Hazzaty Iskandar

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan organel sel berikut ini! Lisosom Plastida Retikulum endoplasma Dinding sel Organel yang tidak dimiliki oleh sel hewan adalah ....

15

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia